Meski Menjijikkan, 7 Ide Bisnis Budidaya Langka dan Unik ini Wajib Dicoba!

Bisnis budidaya langka dan unik – Salah satu bidang bisnis yang menjanjikan untuk digeluti adalah usaha ternak atau budidaya. Ada banyak sekali pilihan ide atau bisnis budidaya ini salah satunya adalah budidaya yang langka dan unik. Jika Anda merasa tingkat persaingan budidaya biasa ini ketat maka Anda bisa menjadikan budidaya unik dan langka ini sebagai ide atau peluang bisnis yang menjanjikan untuk Anda.

Karena langka dan unik maka membangun usaha atau budidaya ini tidak mudah namun keuntungannya adalah minim pesaing sehingga peluang mendapatkan banyak keuntungan semakin lebar.  Berikut ini adalah contoh bisnis budidaya langka dan unik yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis yang potensial:

Budidaya Tikus

Bisnis budidaya langka dan unik yang bisa dilakukan pertama adalah budidaya tikus. Budidaya tikus ini memiliki prospek yang cerah di masa depan. Tidak semua tikus bisa dikembangkan dan dibudidayakan. Umumnya jenis tikus yang bisa dijadikan sebagai budidaya adalah tikus putih.

Kedepannya permintaan akan tikus putih ini meningkat karena bisa digunakan berbagai macam fungsi. Tikus bisa dijadikan sebagai makanan reptil, praktik dalam ilmu sains dan sebagainya. Oleh sebab itu Anda bisa menjadikan budidaya ini sebagai peluang yang menjanjikan.

Budidaya Cacing

Bagi sebagian orang merasa bahwa cacing ini adalah hewan yang menjijikkan, namun siapa sangka jika cacing bisa dijadikan sebagai bisnis yang potensial karena banyak dibutuhkan. Dilihat dari modal, bisnis ini murah dan terjangkau untuk dikembangkan oleh siapapun.

Baca juga : 6 Peluang Bisnis Peternakan yang Menjanjikan, Wajib Anda Coba!

Cacing ini sering dijadikan sebagai umpan memancing atau percobaan sains. Anda bisa menekuni bisnis ini di lahan yang sempit sekalipun. Supaya sukses penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara mengolah tanah maupun media ternak cacing supaya Anda tidak mengalami kerugian.

Lintah

Lintah merupakan hewan yang tidak lazim, bahkan banyak yang merasa geli saat melihat lintah. Lintah ini juga memiliki kemampuan menghisap darah sehingga membuat banyak orang menghindarinya. Padahal budidaya lintah ini bisa menjadi prospek bisnis yang potensial. Banyak yang menjadikan lintah ini sebagai terapi bahkan banyak yang menjadikannya sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.

Ekstrak lintah atau kapsul lintah ini bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, stroke bahkan diabetes. Lintah yang telah dikeringkan dan dihaluskan bisa dijadikan sebagai kapsul herbal dan banyak dijual di pasar herbal. Banyak ahli kesehatan herbal pun tidak meragukan khasiat lintah ini untuk mengobati penyakit sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis potensial.

Lobster

Bisnis budidaya langka dan unik yang bisa Anda jadikan sebagai peluang potensial selanjutnya adalah lobster air tawar. Lobster ini mudah untuk dibudidayakan. Hal ini menjadi peluang bisnis unik yang menghasilkan dan patut untuk Anda coba terutama yang menyukai bisnis bidang perikanan.

Baca juga : 3 Kisah Pengusaha Indonesia yang Pernah Gagal

Alasan mengapa lobster ini banyak diminati karena rasanya yang lezat dan juga bergizi selain itu harga jualnya cukup tinggi. Pemasok lobster untuk kuliner sendiri masih sedikit sehingga jumlah kompetitor Anda sedikit. Hal ini akan membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Selain itu Anda juga bisa memasarkan lobster ini lebih mudah.

Budidaya Tokek Hias

Tentu Anda sudah tidak asing dengan jenis tokek hias ini. Tokek hias semakin populer dan banyak dipelihara. Spesies tokek Leopard Gecko ini menjadi hewan yang sangat unik dan juga menggemaskan.  Ciri khas dari tokek ini adalah memiliki warna yang bervariasi dan juga memiliki bintik di kulit tubuh yang indah. Karena tokek ini memiliki warna yang unik maka bisa Anda jadikan sebagai ladang usaha atau bisnis yang menarik. Diperkirakan kedepannya semakin banyak orang yang tertarik untuk memelihara tokek ini dan jumlah peminatnya meningkat pesat.

Keong Mas

Bisnis budidaya langka dan unik serta banyak dibutuhkan selanjutnya adalah keong mas. Meski pada awalnya keong ini dianggap sebagai hama, namun saat ini jumlah peminatnya cukup banyak. Banyak pengepul yang mencari keong mas untuk pakan ternak selain itu juga bisa dijual untuk diolah menjadi makanan.

Cita rasa makanan dari keong mas ini pun lezat dan mengandung gizi yang sangat besar. Anda bisa menjadikan keong mas ini sebagai bisnis yang potensial. Keong mas ini bisa dijadikan olahan makanan seperti sate, rica-rica keong, tumis keong dan sebagainya. Sampai saat ini peminat masakan dan olahan keong semakin meningkat sehingga prospek bisnis budidaya keong ini semakin cerah.

Belatung

Saat Anda mendengar kata belatung pikiran langsung terbayang ke binatang yang menjijikkan. Namun belatung ini bisa menjadi bisnis yang potensial dan menguntungkan untuk digeluti alasannya karena bisa digunakan untuk obat berbagai macam penyakit. Bahkan banyak yang meyakini jika belatung digunakan untuk terapi kesehatan, sehingga jika Anda beternak belatung akan mendapatkan banyak pesanan karena permintaan yang tinggi.

Hewan yang dianggap menjijikkan dan tidak lazim bisa menjadi peluang bisnis yang menarik dan potensial untuk digeluti. Beberapa ide bisnis budidaya langka dan unik diatas bisa Anda jadikan sebagai inspirasi karena prospeknya yang masih sangat bagus sampai saat ini.

Meski Menjijikkan, 7 Ide Bisnis Budidaya Langka dan Unik ini Wajib Dicoba! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!