3 Kisah Pengusaha Indonesia yang Pernah Gagal

Kisah pengusaha Indonesia yang pernah gagal memang selalu inspiratif. Apalagi bagi anda yang memang sedang berencana keluar dari zona nyaman sebagai karyawan dan menekuni bisnis rintisan sendiri. Para pengusaha dalam daftar artikel berikut tentu juga memulai semuanya dari titik nol, sama seperti anda saat ini. Kegagalan-kegagalan yang mereka terima justru memberikan semangat baru untuk bangkit dan membangun bisnis yang lebih besar dan besar lagi.

Hingga saat ini, mereka dikenal sebagai jajaran pengusaha paling sukses di Indonesia. Langsung saja, berikut adalah daftar kisah pengusaha Indonesia yang pernah gagal yang bisa anda jadikan motivasi menekuni bisnis anda sendiri.

Bob Sadino

Siapa yang tak kenal dengan pengusaha yang satu ini. Sosoknya yang karismatik selalu mengampanyekan kepada masyarakat agar tidak takut untuk terjun di dunia bisnis dan usaha. Lahir di Lampung pada tahun 1939 lalu, mendiang Bob Sadino termasuk salah satu ikon besar pengusaha yang mengalami jatuh bangun dalam membangun bisnis besarnya sendiri. Perjalanan bisnisnya dimulai dari keputusannya untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan selam lebih dari 9 tahun.

Bob Sadino

Bob Sadino

Setelah keluar dari pekerjaannya, Bob memulai bisnis pertamanya dengan menyewakan satu-satunya mobil Mercedes yang ia punyai. Jangan kira Bob menjadi bosnya, dia sendiri yang menjadi supir dari bisnis penyewaan tersebut. Setelah beberapa lama berjalan, bisnis penyewaan mobil harus tutup karena kecelakaan yang menimpanya saat itu.

Dalam masa vakum dari dunia bisnis, Bob beralih profesi menjadi buruh bangunan yang mendapatkan upah harian. Perbedaan Bob dengan buruh lain adalah, dia tidak hanya sekedar bekerja saja. lebih dari itu, selama menjadi buruh, Bob melihat peluang besar pada bisnis ternak ayam dan telur negeri. Bermodalkan pinjaman dari tetangga, Bob mulai menjalankan bisnis tersebut. Teknik berjualan secara door-to-door pun pernah ia jalani di sekitar bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Setelah bisnis telur berbuah manis, Bob akhirnya melebarkan sayap pada bisnis penjualan daging sekaligus sayuran hidroponik. Hingga kini, Bob sudah mampu mendirikan Kem-Chicks, supermarket besar yang menjual berbagai produk pertanian dan peternakan.

Susi Pudjiastusi

Susi Pudjiastusi

Susi Pudjiastusi

Selalu identik dengan tampilan yang nyentrik, menteri kelautan dan perikanan RI ini ternyata adalah seorang pengusaha yang sangat ulet. Wanita kelahiran tahun 1965 ini dikenal sebagai pemilik bisnis besar dalam bidang perikanan sekaligus pemilik salah satu maskapai penerbangan domestik.

Susi memulai bisnis pertamanya setelah ia memutuskan untuk keluar dari SMA. Ia bergelut pada bisnis penjualan Bed Cover sekaligus pedagang pakaian. Bisnis ini berjalan cukup lama hingga akhirnya Susi melihat potensi besar dari daerah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai salah satu sentra penghasil ikan terbesar di Indonesia. Susi memulai bisnisnya pada penjualan ikan dengan bermodalkan uang sebesar Rp. 750.000 hasilnya menjual perhiasan. Ia mulai membeli ikan dari pelelangan untuk kemudi ia distribusikan kepada restoran-restoran setempat.

Tentu saja banyak rintangan yang di alami Susi pada tahap ini. Namun hal tersebut tidak membuatnya patah semangat. Pada akhirnya, Susi berhasil menjadi salah satu penguasa bursa lelang ikan di Pangandaran. Komoditasnya juga semakin beragam, hingga ia merambah ke ekspor ikan dan lobster.

Cerita di balik bisnis maskapai penerbangan yang dimiliki Susi juga cukup menarik. Bisnis maskapai penerbangan ini ia dirikan karena merasa bahwa pengiriman ikan melalui jalur darat dan air membutuhkan waktu yang sangat lama. Dengan memakai modal awal pinjaman dari bank, Susi membeli sebuah pesawat untuk mengangkut hasil lautnya. Pesawat inilah yang menjadi cikal bakal maskapai penerbangan domestik yang dimiliki Susi saat ini.

Gibran Rakabuming

Anak-anak presiden akhir-akhir ini sangat sering dibicarakan, terutama masalah bisnis yang m,reka geluti. Benar sekali, anak-anak dari presiden RI saat ini Joko Widodo terkenal sebagai para pengusaha yang ulet, salah satunya adalah Gibran Rakabuming. Gibran saat ini dikenal sebagai owner atau pemilik dari sebuah bisnis katering dan Wedding Organizer besar bernama Chili Pari.

Gibran Rakabuming

Yang menarik dari fakta Gibran sebagai pengusaha adalah, ia sama sekali tidak mau mencampuri bisnis ayahnya. Seperti yang anda ketahui, Bisnis presiden RI waktu dulu adalah bidang mebel yang cukup besar di Kota Solo. Alih-alih meneruskan bisnis ayahnya, Gibran malah mengajukan pinjaman ke bank untuk merintis usahanya sendiri. kesulitan jelas banyak dia temukan.

Tidak mudah menemukan bank yang bisa memberikan modal kepada Gibran kala itu. Namun akhirnya Gibran bisa memulai bisnisnya dan mendirikan Chili Pari setelah salah satu bank bersedia memberikan pinjaman. Pada awalnya, Chili Pari hanya mampu mengatasi event dalam partai kecil saja. Namun kini, Chili Pari sudah di kenal sebagai salah satu Katering sekaligus WO terbesar di Indonesia.

Itulah berapa kisah pengusaha Indonesia yang pernah gagal yang bisa menginspirasi anda. Semoga bermanfaat.

3 Kisah Pengusaha Indonesia yang Pernah Gagal | Malik | 4.5
error: Content is protected !!