Gaji Karyawan Perusahaan IT Bertaraf Internasional Serta Posisinya

Gaji karyawan perusahaan IT bertaraf internasional – Di era yang dipenuhi oleh perkembangan teknologi informasi seperti sekarang, para pekerja profesional di bidang IT memang sangat dibutuhkan. Bahkan tak sedikit pula perusahaan IT yang melakukan rekruitmen terkait tenaga atau pekerja yang memiliki bakat dan kemampuan di atas rata-rata di bidang IT. Tujuannya tentu saja agar perusahaan IT tersebut dapat berkembang serta mampu bersaing dengan kompetitor serupa.

Hingga saat ini, belum pernah terdengar pernyataan bahwa para pekerja di sebuah perusahaan IT tidak mendapatkan gaji yang layak. Contohnya dari 3 perusahaan IT raksasa seperti Microsoft, Facebook, dan Google, semua karyawan yang bekerja di sana sudah dipastikan akan menikmati penghasilan tinggi. Jadi bukan hal yang aneh apabila banyak profesional IT yang bercita-cita untuk menjadi salah satu karyawan pada perusahaan IT bertaraf internasional tersebut.

Pertanyaannya, kira-kira berapa gaji karyawan perusahaan IT bertaraf internasional tersebut? Dilansir dari laman Bussiness Insider, rata-rata para pekerja di perusahaan IT dapat menikmati gaji hingga USD 120 atau sekitar 1,6 Miliar Rupiah pertahun. Ini adalah nilai fantastis yang tentunya sangat sulit dicapai oleh perusahaan-perusahaan lainnya.

Bagi Anda yang penasaran dengan besaran gaji karyawan di perusahaan IT internasional, berikut adalah beberapa perusahaan IT dunia yang memberikan gaji tinggi karyawan mereka:

Google

Kantor Google

Kantor Google

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan raksasa ini? Ya, Google merupakan perusahaan teknologi yang memiliki produk search engine atau mesin pencari terbesar di dunia. Jadi tak dapat dipungkiri bahwa penghasilan yang diperoleh ketika menjadi karyawan di Google sangat menggiurkan. Adapun gaji karyawan Google dilihat dari jabatannya adalah sebagai berikut:

  • Staf Hardware Enginner

Bertanggung jawab atas semua hardware yang diproduksi oleh Google. Gaji posisi ini adalah sekitar USD 183.948 atau setara Rp 2,5 Miliar pertahun.

  • Corporate Counsel

Ini adalah posisi sebagai pengacara yang tugasnya mewakili Google ketika menghadapi semua masalah terkait hukum. Gajinya sekitar USD 189.262 atau setara dengan Rp 2,6 Miliar pertahun.

  • Communication Manager

Posisi ini bertugas menghubungkan Google dengan publik seperti mengeluarkan pernyataan untuk media massa hingga kepentingan lain yang berkaitan dengan pengembangan bisnis Google. Gajinya sekitar USD 190.846 atau Rp 2,6 Miliar perhatun.

  • Senior Sales Manager

Bertanggung jawab dalam menentukan cara-cara untuk menjual iklan. Gajinya sekitar USD 193.680 atau setara Rp 2,7 Miliar pertahun.

  • Senior Product Manager

Posisi ini ditempati oleh kepala-kepala kelompok engineer di sebuah proyek. Gajinya sekitar USD 197.252 atau setara Rp 2,7 Miliar pertahun.

  • Lead Software Engineer

Ditempati oleh para profesional di bidang coding yang tak hanya ahil dalam membuat aplikasi namun juga sebagai kepala para programmer lainnya. Gaji lead software engineer sebesar USD 207.211 atau setara Rp 2,9 Miliar pertahun.

  • Group Product Manager

Merupakan penghubung antara divisi satu dan divisi lain dalam perusahaan Google. Gajinya sebesar USD 243.299 atau setara Rp 3,4 Miliar pertahun.

  • Marketing Director

Bertanggung jawab atas iklan apa saja yang ditawarkan pihak Google. Ada berbagai macam cara dalam melakukan hal tersebut mulai dari menulis website atau blog hingga memasang iklan di televisi. Gajinya sebesar USD 268.936 atau setara dengan Rp 3,7 Miliar pertahun.

  • Engineering Director

Merupakan posisi untuk kepala atau pimpinan di bidang engineering Google. Umumnya posisi ini ditempati oleh profesional yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang engineering. Gajinya sebesar USD 272.370 atau sekitar Rp 3,8 Miliar pertahun.

  • Finance Director

Ini adalah posisi tertinggi di Google. Dilansir dari laman Glassdoor, mereka yang memiliki jabatan sebagai finance director bertanggung jawab terhadap semua hal yang berhubungan dengan kondisi finansial Google. Besaran gajinya adalah USD 339.825 atau sekitar Rp 4,7 Miliar pertahun.

Rincian gaji karyawan di atas menjadikan Google diincar oleh banyak orang yang ahli di bidang teknologi informasi.

Apple

Kantor Apple

Kantor Apple

Seperti yang kita tahu, Apple merupakan raksasa di bidang komputer serta perangkat lunak dengan beberapa produk yang telah terkenal di dunia seperti iPad, iPhone, iPod, dan Mac. Rata-rata gaji karyawan perusahaan IT bertaraf internasional seperti Apple adalah sebesar USD 125.449 atau setara dengan 1,72 Miliar pertahun. Di samping itu, untuk karyawan ritel resmi dari Apple, mereka mendapatkan gaji sebesar USD 36.760 atau setara dengan Rp 504 juta pertahun.

Lantas apa saja posisi yang disediakan oleh Apple serta besaran gaji yang ditawarkan? Berikut adalah rincian gaji karyawan Apple menurut posisinya:

  • Mac Genius (USD 44.070 atau Rp 530 juta pertahun)
  • Lead Mac Genius (USD 55.626 atau Rp 682 juta pertahun)
  • Assistant Manager Apple Store (USD 56.046 atau Rp 686 pertahun)
  • Account Executive (USD 82.479 atau Rp 1 Miliar pertahun)
  • Store Manager (USD 85.357 atau Rp 1,04 Miliar pertahun)
  • Bussiness Analyst (USD 92.169 atau Rp 1,12 Miliar pertahun)
  • Financial Analyst (USD 94.799 atau Rp 1,16 Miliar pertahun)
  • Software Quality Engineer (USD 99.650 atau Rp 1,22 Miliar pertahun)
  • Systems Engineer (USD 104.231 atau Rp 1,27 Miliar pertahun)
  • Project Manager (USD 107.631 atau Rp 1,31 Miliar pertahun)
  • Firmware Engineer (USD 113.155 atau Rp 1,38 Miliar pertahun)
  • Test Engineer (USD 113.916 atau Rp 1,39 Miliar pertahun)
  • Senior Systems Engineer (USD 117.237 atau Rp 1,43 Miliar pertahun)
  • Hardware Engineer (USD 118.739 atau Rp 1,45 Miliar pertahun)
  • Software Engineer (USD 119.336 atau Rp 1,46 Miliar pertahun)
  • Database Administrator (USD 122.669 atau Rp 1,50 Miliar pertahun)
  • Product Design Engineer (USD 125.983 atau Rp 1,54 Miliar pertahun)
  • Mechanical Engineer (USD 127.464 atau Rp 1,56 Miliar pertahun)
  • Product Manager (USD 131.108 atau Rp 1,60 Miliar pertahun)
  • Senior Software Engineer (USD 140.832 atau Rp 1,72 Miliar pertahun)
  • Senior Hardware Engineer (USD 150.105 atau Rp 1,83 Miliar pertahun)
  • Industrial Designer (USD 174.140 atau Rp 2,13 Miliar pertahun)

Facebook

Kantor Facebook

Kantor Facebook

Seperti yang kita tahu, Facebook merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jaringan media sosial terbesar di dunia. Dengan user interface yang bagus, perusahaan ini berhasil menyaingi jaringan media sosial lain seperti Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, sekitar 2/3 pengguna jaringan media sosial di dunia dipegang oleh Facebook. Dengan begitu, sudah dapat dipastikan perusahaan ini dapat memberikan gaji yang sangat besar bagi para karyawannya. Sebagai perusahaan jaringan media sosial terbesar di dunia, gaji rata-rata yang diberikan oleh Facebook adalah sebesar USD 146.120 atau sekitar Rp 2 Miliar pertahun.

Juniper Networks

Juniper Networks

Juniper Networks

Sekedar informasi, Juniper Networks merupakan perusahaan IT yang bergerak dalam menciptakan sebuah sistem keamanan pada jaringan komputer. Perusahaan ini masuk dalam daftar 10 perusahaan IT dengan gaji tertinggi di Amerika. Adapun pendapatan yang diterima oleh karyawan mereka rata-rata adalah sebesar USD 153.642 atau sekitar Rp 2,10 Miliar. Tak heran jika perusahaan yang berpusat di California ini menjadi salah satu incaran para profesional di bidang IT.

Yahoo

Perusahaan raksasa di bidang IT lain yang tak boleh dilewatkan adalah Yahoo. Ya, perusahan ini bergerak dalam berbagai bidang seperti mesin pencarian, email, dan masih banyak lagi lainnya. Mengenai rata-rata gaji, karyawan Yahoo menerima pendapatan sebesar USD 137.001 atau sekitar Rp 1,8 Miliar pertahun.

Microsoft

kantor Microsoft

kantor Microsoft

Perusahaan IT bertaraf internasional yang selanjutnya adalah Microsoft. Perusahaan raksasa ini memproduksi banyak sekali software untuk komputer dan smartphone seperti OS Windows, Office, hingga konsol game Xbox. Lantas berapa kisaran rata-rata gaji karyawan perusahaan Microsoft? Dilansir dari laman Glassdoor, Microsoft memberikan rata-rata gaji sebesar USD 137.000 atau sekitar Rp 1,8 Miliar pada para karyawan.

Itulah beberapa perusahaan IT raksasa yang menjamin pendapatan memuaskan bagi para karyawannya. Jadi bukan hal yang aneh apabila tiap kali perusahaan tersebut membuka lowongan pekerjaan, sistem penjaringannya cukup ketat agar menghasilkan karyawan profesional. Semoga ulasan mengenai gaji karyawan perusahaan IT bertaraf internasional di atas bermanfaat bagi Anda.

Gaji Karyawan Perusahaan IT Bertaraf Internasional Serta Posisinya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!