Peluang dan Cara Memulai Bisnis Angkringan

Cara memulai bisnis angkringan – Berbagai macam usaha saat ini banyak bermunculan mulai dari usaha dengan modal kecil sampai dengan yang modalnya besar. Segmen atau kelas yang disasar oleh bisnis pun beragam ada yang menyasar kelas atas, menengah atas, dan menengah bawah. Jenis bisnis beragam mulai dari jasa sampai dengan menjual barang.  Salah satu ragam bisnis yang tidak akan pernah mati adalah bisnis kuliner. Sebagai contoh bisnis kuliner yang banyak diminati adalah angkringan. Angkringan menjadi tempat yang asyik untuk mengobrol bersama dengan teman sambil menikmati sajian yang ada.

Jika Anda memiliki modal yang terbatas, maka bisnis angkringan ini adalah usaha dengan modal kecil yang menjanjikan dan menguntungkan, terlebih lagi saat ini konsep bisnis angkringan bisa dibuat secara modern. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis ini ada beberapa cara memulai bisnis angkringan yang penting untuk diketahui berikut ini:

Konsep dan Rencana Bisnis

Bisnis angkringan

Bisnis angkringan

Tentukan konsep dan rencana bisnis terlebih dahulu. Seperti yang diketahui bahwa saat ini angkringan bisa di modifikasi sedemikian rupa agar bisa bersaing dengan bisnis kuliner yang lainnya. Tidak hanya konsep bisnisnya saja yang harus diperhatikan namun Anda juga harus membuat rencana bisnis. Hal yang bisa Anda masukkan ke rencana bisnis adalah apa kelebihan dan kekurangan bisnis Anda tersebut, analisis modalnya seperti apa, strategi bisnisnya seperti apa, target konsumennya siapa, dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi

Pemilihan lokasi ini akan disesuaikan dengan konsep bisnis angkringan Anda. Jika memang konsepnya angkringan modern Anda bisa memilih lokasinya di perkotaan, sedangkan jika Anda memilih untuk angkringan dengan konsep biasa Anda bisa menjadikan tempat yang strategis sebagai lokasi bisnis Anda. Hal itu dikarenakan target konsumennya berbeda. Jika untuk angkringan dengan konsep biasa maka semua masyarakat bisa menjadi konsumen Anda, sedangkan jika angkringan konsepnya modern pelanggan dan konsumen Anda adalah para generasi millennial dan masyarakat menengah atas.

Menyiapkan Menu

Cara memulai bisnis angkringan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menyiapkan menu. Menu adalah nyawa bagi bisnis angkringan, bisa saja konsep angkringan Anda sama dengan yang lainnya namun ada baiknya jika menu angkringan yang disiapkan berbeda. Semakin lengkap menu yang Anda tawarkan maka akan semakin bagus. Menu yang tidak boleh dilewatkan adalah berbagai macam jenis nasi kucing, disebut nasi kucing karena porsinya yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu mengenyangkan.

Menu angkringan

Agar konsumen bisa membedakan nasi kucing yang Anda tawarkan berikanlah tag nama pada bungkus nasi kucing tersebut, sebagai contoh menunya adalah nasi kucing sambal teri, nasi kucing ayam rica, nasi kucing tumis tempe, nasi kucing sambal belut, dan masih banyak lagi lainnya.

Jangan lupa untuk menambahkan minuman pendamping yang sudah sangat erat dengan bisnis angkringan ini seperti wedang jahe, jeruk panas dan dingin, jahe susu, teh panas dan dingin, dan lain-lain. Supaya semakin menggugah selera jangan lupa ditambahkan dengan berbagai macam varian sate yang menggugah selera dan aneka gorengan yang beragam.

Desain Tempat

Cara memulai bisnis angkringan selanjutnya adalah desain tempat bisnis Anda nyaman dan menarik agar konsumen betah untuk berlama-lama berada di angkringan Anda. Untuk angkringan modern Anda membutuhkan bangunan seperti warteg untuk makan dan minum, untuk membuat ikon dari angkringan ini tetap ada di bisnis Anda berikan gerobak angkringan ditutup dengan terpal, selain itu siapkan tiga cerek, dan juga lampu minyak di gerobak angkringan Anda, sehingga meski konsepnya modern kesan angkringan tetap akan lekat di bisnis Anda.

Untuk angkringan dengan konsep biasa atau sama pada angkringan umumnya, Anda bisa membuat desain tempat dibuat temaram dengan lesehan dan kursi panjang untuk duduk para konsumen.

Promosi dan Spanduk

Jangan lupa untuk memulai promosi melalui sosial media dan juga buatlah spanduk yang menarik konsumen agar banyak yang mampir ke tempat angkringan Anda. Selain itu berikanlah pelayanan yang memuaskan agar konsumen betah berlama-lama di angkringan Anda.

Estimasi Modal dan Pendapatan

Selain mengetahui cara memulai bisnis angkringan, hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah menyiapkan modal awal dan biaya operasional terlebih dahulu. Modal awal Anda membutuhkan biaya 2 juta rupiah, untuk pembelian gerobak, terpal, dan hal-hal lainnya.

Tidak hanya itu saja Anda juga mengeluarkan biaya operasional dimana jumlah biaya yang Anda keluarkan akan tergantung dengan produksinya, semakin besar produksi di angkringan Anda maka biaya operasional yang Anda keluarkan semakin besar. Untuk sehari Anda bisa mengeluarkan budget kurang lebih 250 ribu rupiah untuk membeli beras, gula, gas, susu, jahe, bumbu, es batu, gula merah, bahan masakan seperti jeroan ayam, telur, puyuh, tahu, tempe, telur, aneka mie instan, sayuran, dan lain sebagainya.

Analisa keuntungan usaha jika dalam sehari Anda menjual 70 nasi kucing, 30 aneka sate, dan 100 minuman maka pendapatan adalah (70 x Rp1.500) + (30 x Rp1.500) + (100 x Rp2.500) maka pendapatan Anda Rp105.000 + Rp45.000 + Rp250.000 = RP400.000 maka dalam sehari keuntungan Anda kurang lebih Rp100.000.

Demikianlah cara memulai bisnis angkringan dan estimasi pendapatannya yang menggiurkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Angkringan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!