Dapat Dijadikan Sebagai Lahan Bisnis, Inilah Perbedaan Blogger dan Vlogger !

Perbedaan Blogger dan Vlogger- Jika ada pertanyaan “Apa cita-cita kalian saat sudah besar?”, pasti sebagian anak pada zaman dahulu akan menjawab dengan profesi seperti guru, dokter, polisi, dan lain sebagainya. Jawaban semacam itu barangkali masih banyak ditemui saat ini. Akan tetapi, ada profesi baru yang juga banyak diminati oleh anak-anak yaitu, youtuber. Jawaban ini bahkan pernah viral pada masanya ketika seorang anak ditanya oleh Presiden Jokowi mengenai cita-citanya.

Sejak ditemukan dasarnya pada tahun 1980, teknologi memang selalu mengalami kemajuan. Tak ayal, kemajuan ini memberikan banyak kemudahan bagi manusia, khususnya dalam hal komunikasi. Tidak hanya dalam bentuk tulisan, komunikasi saat ini dapat dilakukan dengan banyak media mulai dari, suara, video, dan lain sebagainya. Seperti halnya yang dilakukan oleh blogger dan vlogger.

Apa Itu Blog dan Vlog?

Blog merupakan singkatan dari website log. Namun pada tahun 1999, oleh Peter Merholz, penyebutan website log disederhanakan menjadi blog. Blog sendiri adalah sebuah platform atau website yang dapat digunakan untuk mempublikasikan jurnal maupun artikel secara berkala agar orang lain dapat membaca dan memberikan komentar terhadap jurnal atau artikel tersebut. Berbeda dengan website yang dibangun dengan fungsi khusus seperti, shopee.co.id sebagai marketplace dan google.co.id sebagai mesin pencari, blog cenderung hanya digunakan untuk membagikan tulisan berupa jurnal atau artikel.

Sementara itu, vlog adalah gabungan dari dua kata yaitu, video dan blog. Berbeda dengan blog yang hanya memanfaatkan tulisan, vlog cenderung menggabungkan tiga unsur yaitu, video, suara, dan juga tulisan atau teks. Vlog sendiri dikenalkan oleh Steve Garfield pada tahun 2004 melalui sebuah rilisan blog videonya. Tidak lama setelah itu, vlog mulai banyak dikenal. Kemudian pada tahun 2005, dibuatlah sebuah platform bernama youtube.com yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk membagikan video atau vlog.

Jika blog dan vlog adalah mediumnya, maka blogger dan vlogger adalah pelakunya. Oleh karena itu, blogger dapat didefinisikan sebagai seseorang yang menulis dan mempublikasikan sebuah artikel atau jurnal dalam sebuah blog. Sedangkan vlogger adalah seseorang yang membuat dan mempublikasikan video blog. Sementara itu, kegiatan yang dilakukan oleh blogger ini disebut dengan blogging. Dan pada vlogger, kegiatan mereka disebut dengan vlogging.

Perbedaan Blogger dan Vlogger

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa beberapa perbedaan antara Blogger dan juga Vlogger. Berikut adalah beberapa perbedaan yang dapat mempermudah pemahaman Anda mengenai blogger dan juga vlogger.

1.  Konten

Perbedaan mendasar antara kedua hal tersebut adalah konten. Konten adalah isi dari blog yang ingin disajikan. Blog biasanya menyajikan sebuah data berupa tulisan atau teks. Sedangkan pada vlog, data yang disajikan adalah video.

2.  Proses

Baik blog maupun vlog, keduanya memiliki beberapa kesamaan tahapan yaitu, pembuatan materi, pengembangan materi, dan juga editing. Dalam blog, tahapan pembuatan materi ini dimulai dengan menyiapkan ide artikel. Ide tersebut kemudian dikembangkan dalam sebuah paragraf yang runtut menjadi sebuah artikel yang utuh. Setelah proses tersebut, artikel perlu melalui proses penyuntingan untuk memastikan bahwa artikel tersebut sudah benar-benar siap untuk dipublikasi.

Sedangkan pada pembuatan vlog, tahapan pengembangan materi tersebut biasanya diwujudkan dengan pembuatan script atau naskah vlog. Setelah membuat sebuah naskah, vlogger mulai masuk pada tahapan pembuatan materi dengan cara merekam gambar atau video yang diperlukan. Dan pada tahap akhir, video yang telah direkam diedit atau disunting agar menadapatkan hasil yang diinginkan. Jika Anda masih pemula dan belum memiliki peralatan yang memadai, Anda dapat menyunting video dengan menggunakan aplikasi sederhana seperti, Viva Video, Filmora, dan lain sebagainya.

3.  Peralatan

Konten yang berbeda tentunya membutuhkan jenis peralatan yang berbeda. Dalam menulis blog, Anda tidak membutuhkan banyak peralatan. Hanya gawai atau laptop dan juga jaringan internet. Akan tetapi, bagian yang tidak kalah penting dalam membuat sebuah blog adalah kemampuan menulis. Kemampuan untuk menciptakan sebuah tulisan yang baik dan memikat pembaca adalah kuncinya. Selain itu, untuk mendapatkan kunjungan atau traffic yang besar, Anda perlu memiliki bekal pengetahuan menganai SEO (Search Engine Optimization). Kemampuan ini akan sangat membantu Anda untuk menempatkan artikel Anda pada daftar utama pencarian, sehingga kunjungan dapat meningkatkan jumlah kunjungan.

Sementara untuk membuat sebuah vlog, Anda membutuhkan sebuah kamera dan juga aplikasi untuk editing. Oleh karena itu, Anda perlu menguasai tahapan editing video untuk mendapatkan kualitas video yang baik dan menarik.

Mana yang Paling Menguntungkan Blogger VS Vlogger?

Baik blog maupun vlog, keduanya memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan. Berikut adalah sumber penghasilan dari masing-masing platform.

1.     Blog

Platform yang turut membesarkan nama Raditya Dika melalui blog www.radityadika.com ini memiliki beberapa sumber penghasilan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Di antaranya dari penawaran layanan atau jasa, iklan dari Google Adsense, review produk, content placement, afiliasi, event, recurring income, dan tawaran menulis lainnya. Google AdSense sendiri adalah sebuah jaringan perikalanan yang dimiliki oleh Google. Jaringan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pendapatan dari setiap klik yang diterima dari iklan yang ditampilkan pada laman Anda.

2.     Vlog

Saat ini, youtube telah menjelma sebagai salah satu platform besar yang dapat digunakan untuk mempublikasikan vlog. Oleh karena itu, alih-alih disebut vlogger, kata youtuber jauh lebih dikenal di kalangan masyarakat. Terkenal dengan pendapatannya yang besar, youtube memiliki sumber pendapatan yang di antaranya berasal dari, AdSense, Patreon, Afiliasi link, Merchandise, dan juga Sponsor. AdSense adalah iklan yang tayang sebelum video diputar. Dalam hitungannya, Youtube diketahui akan memberikan youtuber sebanyak 1 hingga 5 dollar untuk setiap video yang ditonton 1000 kali.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan blogger dan vlogger. Di masa pandemi saat ini, sepertinya aktivitas blogging maupun vlogging bisa menjadi alternatif untuk Anda. Pasalnya, kedua hal tersebut saat ini juga telah banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan punci-pundi uang. Baik Blog maupun Vlog, keduanya memiliki peluang yang sama besar untuk menhasilkan uang. Kuncinya, tentu saja keuletan dan konsistensi.

 

Dapat Dijadikan Sebagai Lahan Bisnis, Inilah Perbedaan Blogger dan Vlogger ! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!