5 Kiat dan Cara Memulai Bisnis Apotek, Analisa Keuntungannya

Cara memulai bisnis apotek – Setiap orang pasti ingin selalu sehat, agar sehat banyak yang dilakukan salah satunya adalah meminum vitamin dan juga suplemen terutama saat cuaca sedang tidak bersahabat seperti saat ini.  Tidak hanya itu saja, bagi yang sedang sakit usaha agar tubuh menjadi sehat kembali adalah dengan meminum obat yang sesuai dengan penyakit yang dideritanya. Untuk mendapatkan obat tersebut orang bisa menebus atau membelinya melalui apotek. Tidak mengherankan jika saat ini apotek dijadikan sebagai bisnis yang komersial. Banyak apotek yang bermunculan mulai dari perusahaan ternama sampai dengan bisnis perseorangan. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis apotek, simak cara memulai bisnis apotek yang penting untuk Anda ketahui berikut ini:

Lokasi

Bisnis apotek

Bisnis apotek

Cara memulai bisnis apotek yang pertama dan bisa Anda lakukan adalah menentukan lokasi yang tepat. Ada dua lokasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Yang pertama adalah Anda bisa menyasar masyarakat perkotaan dan yang kedua Anda bisa menyasar masyarakat yang ada di pedesaan.  Untuk kedua lokasi ini sebaiknya pilihlah yang lokasinya dekat dengan jalan raya agar mudah dijangkau.

Perizinan

Cara memulai bisnis apotek yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah urus perizinannya. Setiap bisnis ini harus memiliki izin agar tidak dianggap sebagai bisnis ilegal, terlebih lagi Anda akan berhubungan dengan obat-obatan, tidak memiliki izin hanya akan membuat bisnis Anda dianggap sebagai penjual obat-obatan ilegal.

Siapkan Modalnya

Cara memulai bisnis apotek yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menyiapkan modal. Modal untuk memulai bisnis apotek ini tidak sedikit. Anda harus mengeluarkan modal mulai dari puluhan juta rupiah untuk sewa tempat, pembelian peralatan yang dibutuhkan seperti timbangan, termometer, mesin kasir, dan lain sebagainya. Untuk biaya operasional Anda harus mengeluarkan modal mulai dari jutaan rupiah untuk membayar karyawan, membayar listrik, membayar sewa tempat, dan juga untuk pembelian obat maupun suplemen.

Jalin Kerja Sama dengan Tenaga Medis

Agar bisa berkembang dengan baik ada baiknya jika Anda bekerja sama dengan tenaga medis. Anda bisa membuka praktik dan konsultasi dokter pada hari-hari tertentu sehingga sebelum membeli obat konsumen melakukan konsultasi terlebih dahulu. Setelah itu dokter akan memberikan resep yang akan bisa ditebus di apotek Anda. Selain itu Anda bisa melayani pemeriksaan medis tertentu seperti pengecekan tekanan darah, pengecekan kolesterol LDL, HDL, dan Trigliserida, pemeriksaan gula darah, dan lain sebagainya. Semakin banyak layanan yang Anda berikan maka semakin bagus hal tersebut untuk bisnis Anda.

Promosi

Agar bisnis Anda berjalan dengan baik jangan lupa untuk melakukan promosi dan melakukan branding. Tanpa branding ini bisnis Anda tidak akan dikenal sehingga promosi yang tepat sangat diperlukan. Promosi yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan event pemeriksaan gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku. Membuat event dengan tema kesehatan juga bisa membuat bisnis apotek Anda semakin terkenal. Event yang sering dilakukan dalam tema kesehatan adalah jalan santai, sepeda gembira, senam bersama, dan lain sebagainya.

Analisa Keuntungan

Analisa keuntungan usaha apotek  juga sangat menarik disimak.  Keuntungan dari bisnis apotek di kisaran 10% dari omzet yang didapatkan, sebagai contohnya adalah omzet apotek Anda adalah 50 juta per bulan maka keuntungan Anda adalah 5 juta per bulan. Semakin banyak omzet yang Anda dapatkan maka semakin besar keuntungan yang bisa Anda raup.

Agar omzet meningkat Anda bisa menyediakan jenis obat yang banyak dicari oleh masyarakat contohnya obat generik penurun tekanan darah tinggi seperti Captopril, obat penurun kolesterol, penurun asam urat, dan lain sebagainya yang mana sifatnya adalah dijual bebas tanpa resep dokter. Anda harus memiliki staff ahli farmasi yang bisa membedakan mana obat harus disertai dengan resep dokter dan mana yang dijual bebas.

Peluang Bisnis Apotek

Sampai saat ini peluang bisnis apotek masih sangat menggiurkan dan menjanjikan. Ada dua macam alasan yang menyebabkan mengapa bisnis ini akan selalu menguntungkan dan terbuka dengan lebar. Alasan yang pertama adalah bisnis apotek ini selalu dibutuhkan.

Anda tidak akan pernah rugi saat membuka bisnis ini karena selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak selamnya manusia hidup dalam kondisi sehat, suatu waktu dia pasti akan dilanda sakit. Selain dirawat di rumah sakit, ada masyarakat yang lebih memilih untuk di rawat jalan di rumah dengan mengonsumsi obat yang dibeli di apotek.

Yang terakhir adalah usaha apotek di desa maupun kota masih sangat potensial digeluti karena lebih mudah dijalankan. Anda di sini hanya bersifat sebagai penjual tidak yang melakukan proses produksi, pemasaran, dan lain sebagainya. Semakin bagus Anda menjalankan bisnis tersebut maka semakin banyak keuntungan yang didapatkan.

Demikianlah beberapa cara memulai bisnis apotek, analisa keuntungan, dan juga peluang bisnisnya di tahun 2019, semoga informasi ini bermanfaat.

5 Kiat dan Cara Memulai Bisnis Apotek, Analisa Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!