Daftar Situs Freelancer untuk Pemula Dari Indonesia dan Luar Negeri

Daftar situs freelancer untuk pemula memang sangat membantu, khususnya bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan paruh waktu. Seperti yang kita tahu, pada umumnya para pencari situs freelancer memiliki tujuan untuk mendapatkan gaji dengan cara meluangkan waktu untuk bekerja paruh waktu. Dengan demikian, mereka pun tak perlu terikat kontrak seperti halnya ketika bekerja di perusahaan-perusahaan resmi.

Daya tarik lain yang dimiliki oleh pekerjaan paruh waktu adalah tak ada jam kerja tetap. Selama pekerjaan freelance tersebut terselesaikan sebelum deadline, tentunya tidak akan ada masalah. Tak heran jika banyak sekali freelancer yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga, pelajar, hingga mahasiswa.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap tentang situs-situs apa saja yang menawarkan pekerjaan paruh waktu. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika ingin mendapatkan tambahan uang dari freelance yang Anda geluti sesuai minat. Adapun situs-situs freelancer adalah:

Freelancer.co.id

Freelancer.co.id

Freelancer.co.id

Freelancer.co.id menjadi salah satu daftar situs freelancer untuk pemula. Situs yang satu ini didirikan di Australia. Terdapat beberapa keunikan yang dimiliki oleh freelancer.co.id jika dibandingkan dengan situs pencari kerja yang lainnya. Pertama, terdapat fitur chatting langsung dengan pemberi kerja. Hal ini tentu saja memudahkan komunikasi serta dapat dijadikan sebagai pengganti wawancara.

Kedua, pekerjaan yang ada di freelancer.co.id tak hanya berasal dari Indonesia saja namun ada juga beberapa pekerjaan yang datang dari luar negeri. Ini bukan hal yang aneh mengingat situs ini aslinya berasal dari Australia. Ketiga, untuk member, terdapat pilihan untuk menjadi free member atau premium member. Perbedaannya, premium member dapat memperoleh informasi yang lebih banyak dan cepat terkait job yang sedang mereka cari.

Proz.com

Proz.com

Proz.com merupakan salah satu situs freelance yang khusus untuk para penerjemah. Jadi bagi Anda yang memiliki hobi dan bakat dalam menerjemahkan naskah atau tulisan apapun, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk bergabung dengan Proz. Situs freelance ini berasal dari Amerika namun terbuka untuk siapa saja yang ingin mendaftarkan diri.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Proz. Pertama, tampilan website yang sangat user friendly sehingga pemula sekalipun dapat dengan cepat menguasai fitur-fitur website. Kedua, terdapat halaman tanya jawab. Ketiga, Proz menjadi situs komunitas terbesar untuk para penerjemah di seluruh dunia. Keempat, apabila Anda telah menjadi premium member dan kurang puas dengan kinerja Proz, maka uang yang telah Anda bayarkan dapat ditarik kembali.

Sribulancer.com

Sribulancer

Bagi Anda orang Indonesia yang ingin mencari pekerjaan paruh waktu, Sribulancer.com menjadi salah satu daftar situs freelancer untuk pemula yang tak boleh dilewatkan. Situs yang satu ini dianggap sebagai pesaing berat dari Freelancer.co.id. Pasalnya Sribulancer juga menawarkan banyak sekali pekerjaan dengan bermacam-macam kategori yang sesuai dengan minat pencari kerja paruh waktu.

Sebagai situs yang fokus terhadap pekerjaan dari dalam negeri, Indonesia, maka sebagian besar tawaran pekerjaan yang ada di Sribulancer pun berasal dari individu, instansi, hingga perusahaan di Indonesia. Dengan begitu, maka komunikasi antara pelamar dan penyedia kerja dapat dilakukan dengan mudah terutama bagi Anda yang kurang menguasai bahasa Inggris.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Sribulancer adalah untuk setiap pekerjaan, terdapat patokan harga minimum. Tujuannya agar pelamar kerja dan penyedia pekerjaan tak dapat mempermainkan harga secara sembarangan. Selain itu, semua member yang mendaftark di Sribulancer tak ditarik biaya sama sekali. Ada juga fitur rating serta komentar dari penyedia pekerjaan, yang nantinya dapat menaikkan peringkat harga dari pekerja freelancer. Dengan kata lain, semakin tinggi rating Anda, maka kesempatan Anda untuk direkrut oleh penyedia pekerjaan akan semakin besar.

Craiglist.com

Situs freelancer untuk pemula yang selanjutnya adalah Craiglist. Berbeda dengan situs freelancer pada umumnya, Craiglist mengusung konsep forum. Dengan kata lain, semua orang yang tergabung di dalamnya dapat mencari pekerjaan sesuai minat serta memberikan komentar satu sama lain.

Craiglist

Ada beberapa keunggulan dari situs freelancer asal Amerika ini. Pertama, pengoperasian website yang sangat mudah dimengerti sehingga cocok bagi pemula yang baru pertama kali menggunakan situs ini. Kedua, meskipun sebagian besar pekerjaan berasal dari luar negeri, namun ada banyak juga orang Indonesia yang bergabung dengan Craiglist. Ketiga, member tak perlu mengeluarkan uang untuk mendaftar di situs ini. Keempat, para pencari kerja dapat menghubungi pemberi pekerjaan secara langsung tanpa adanya biaya pungutan sama sekali.

Gobann.com

Daftar situs freelancer untuk pemula yang selanjutnya adalah Gobann. Situs yang satu ini memang cukup terkenal di kalangan freelancer. Alasannya, terdapat patokan harga paten untuk setiap micro-job. Hal unik yang dimiliki oleh Gobann adalah meskipun situs ini asli Indonesia, namun sebagian besar anggotanya adalah pencari kerja dari luar negeri.

Gobann

Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Gobann adalah pertama semua jasa pekerjaan ringan dihargai sebesar 50 ribu rupiah. Kedua, Gobann telah mendapatkan banyak ulasan positif dari freelancer di berbagai media massa. Ketiga, setiap pemesan pekerjaan harus membayar uang muka terlebih dahulu sebelum pekerjaan tersebut digarap oleh freelancer.

Keempat, apabila di tengah pekerjaan pesanan kerja tersebut dibatalkan, maka freelancer yang telah mengambil pekerjaan tersebut dapat memilih antara menolak pembatalan atau menerimanya. Dengan begitu, maka freelancer yang telah terlanjur mengambil pekerjaan tersebut tidak merasa dirugikan. Dan yang terakhir adalah semua pendaftaran pada situs freelancer ini gratis alias tidak dipungut biaya.

99designs.com

Bagi Anda yang sering mencari pekerjaan terutama di bidang desain pasti sudah sangat familiar dengan situs yang satu ini. Seperti namanya, 99designs memang khusus menawarkan pekerjaan di bidang desain seperti logo, poster, grafik, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, situs yang berasal dari Amerika ini sangat cocok bagi freelancer yang memiliki kemampuan di bidang desain.

99designs.com

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh 99designs adalah pertama jenis pekerjaan yang terfokus. Kedua, terdapat patokan harga tersendiri untuk setiap pekerjaan di bidang desain baik itu logo, poster, dan sebagainya. Keempat, terdapat fitur guaranteed projects dimana pemberi kerja dapat menyetorkan uang ke pihak 99designs. Dengan begitu, ketika freelancer telah menyelesaikan pekerjaan tersebut maka uang dapat dibayarkan melalui 99designs. Sebaliknya, ketika freelancer membatalkan pekerjaan tersebut dengan alasan yang tidak jelas, uang dari pemberi kerja dapat kembali secara utuh.

Fiverr.com

Di antara berbagai situs freelancer, mungkin Fiverr menjadi situs freelancer yang paling unik. Mengapa? Karena situs asal Amerika ini juga menawarkan pekerjaan-pekerjaan yang aneh. Contohnya adalah mencari teman dansa, jasa peniup balon, teman untuk melihat bioskop, dan lain sebagainya. Meski demikian, situs freelancer ini tetap ramai pengunjung. Selain itu, semua member yang mendaftar di Fiverr.com tak ditarik bayaran. Sedangkan untuk harga pekerjaan, semua pekerjaan dihargai dengan patokan minimal 5 dollar, tak peduli apapun pekerjaannya.

Itulah daftar situs freelancer untuk pemula yang mungkin cocok bagi Anda. Tertarik mencobanya?

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

jenis pekerjaan du freelancer -

Daftar Situs Freelancer untuk Pemula Dari Indonesia dan Luar Negeri | Malik | 4.5
error: Content is protected !!