7 Contoh Bisnis yang Mulai Meredup di Tahun 2021

Contoh bisnis yang mulai meredup di tahun 2021 – Resesi ekonomi yang terjadi di Indonesia dan juga banyak negara lainnya membuat perkembangan beberapa sektor bisnis juga ikut melemah. Meski di satu sisi banyak bermunculan bidang bisnis baru yang melejit di tahun 2020 ini, namun diperkirakan akan ada banyak juga bisnis yang mulai meredup di tahun 2021 nanti.

Meredupnya bidang bisnis ini selain adanya perubahan gaya hidup juga akibat pengaruh adanya digitalisasi. Dimana banyak orang lebih senang melakukan berbagai transaksi jual-beli melalui platform digital, ketimbang bertransaksi secara langsung. Mungkin ini juga salah satu pengaruh dari belum meredanya pandemi di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang mulai meredup di tahun 2021. Jika Anda berencana untuk mulai merintis bisnis tahun depan, mungkin ada baiknya hindari mengambil  ide bisnis ini.

Toko pakaian offline

pakaian reject

Saat ini orang lebih senang berbelanja online ketimbang harus susah payah datang ke toko, apalagi disaat kondisi belum kondusif. Kebanyakan dari mereka lebih senang mencari dan membeli barang kebutuhan dari marketplace, bahkan untuk pakaian sekalipun.

Selain lebih aman, berbelanja pakaian di marketplace juga lebih mudah. Dalam sekali waktu pembeli bisa memilih berbagai jenis mode pakaian dari berbagai toko yang ada. Sistem pembayaran yang mudah pun jadi alasannya, karena bisa dilakukan dengan transfer, bayar di tempat hingga sistem bayar belakangan.

Kini bayangkan saja, sekelas Matahari Department Store saja sudah mulai  meredup dan menutup banyak gerainya. Alih-alih membuat bisnis toko pakaian offline  yang memakan lebih banyak biaya modal, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis toko pakaian online.

Percetakan buku

Pengaruh digitalisasi juga merambah ke bisnis percetakan buku. Sekarang orang lebih senang membaca e-book ketimbang buku cetak. Karena selain lebih efisien dan efektif, membaca e-book juga bisa dilakukan di manapun dan kapanpun tanpa harus repot membawa banyak buku.

Meskipun pasar buku cetak akan tetap ada, namun diperkirakan bisnis percetakan buku ini akan masuk dalam contoh bisnis yang mulai meredup di tahun 2021. Yakin Anda akan merintis bisnis di bidang ini?

Jasa transportasi konvensional

Jika Anda berencana untuk membangun bisnis penyedia jasa transportasi konvensional seperti angkutan umum dan sejenisnya, maka mungkin sebaiknya pertimbangankan kembali ide bisnis tersebut. Pasalnya, di tahun-tahun kedepan diperkirakan bisnis jasa transportasi konvensional ini akan makin tergerus oleh penyedia jasa transportasi online. Jangankan tahun 2021, beberapa tahun belakangan saja bisnis tersebut sudah cukup meredup.

Kursus komputer

Makin terbukanya arus informasi diera digital ini membuat banyak orang semakin mudah mengakses berbagai ilmu melalui dunia maya, tak terkecuali ilmu tentang dunia komputer. Jika dulu orang-orang memilih belajar komputer melalui lembaga kursus, saat ini mereka lebih memilih belajar secara otodidak melalui kanal youtube, blog dan media belajar lainnya. Itulah kenapa, membuka kursus komputer masuk dalam kategori contoh bisnis yang mulai meredup di tahun 2021.

Jika Anda tetap ingin membuka kursus komputer, maka tawarkanlah paket pembelajaran yang unik dan tak biasa seperti editing video.

Warnet

Salah satu contoh bisnis yang mulai meredup di tahun 2021 adalah warung internet atau warnet. Saat ini masyarakat punya akses yang lebih mudah untuk mengakses internet, bahkan hanya dengan menggunakan telepon genggam. Hal ini membuat banyak pengusaha warnet yang gulung tikar karena menurunnya peminat, sehingga tak dapat lagi menutupi biaya operasional.

Meski begitu, di beberapa daerah yang masih sulit terjangkau sinyal internet, bisnis warnet ini masih mungkin untuk dijalankan. Tapi untuk di daerah kota besar yang sudah terakses internet dengan  baik, sebaiknya Anda hindari bisnis ini.

Jasa penukaran uang asing

Masih tingginya kasus corona di Indonesia menjadikan banyak negara lain masih menutup kedatangan turis dari negeri ini. Tak heran, bisnis perjalanan luar negeri juga diprediksikan akan sedikit meredup di  tahun 2021 nanti. Hal ini juga berpengaruh pada bisnis penukaran uang asing, yang biasanya banyak dilakukan oleh wisatawan yang akan melancong ke luar negeri.

Bisnis ini mungkin bisa Anda coba kembali saat kondisi Indonesia sudah membaik, dan rute perjalanan wisata ke luar negeri sudah banyak dibuka.

Baca juga : 9 Trik Jitu Cara Memasarkan Usaha Makanan yang Baru Buka

Jasa pembelian tiket

Lagi-lagi karena pengaruh era digitalisasi, bisnis jasa pembelian tiket sepertinya akan semakin meredup di tahun 2021 nanti. Entah untuk pembelian tiket kereta, pesawat maupun bus. Bagaimana tidak, sekarang hanya dengan menggunakan telepon genggam, orang-orang sudah bisa membeli tiket di manapun dan kapanpun.

Proses pengecekan tiket juga sudah tidak dilakukan secara manual melalui tiket cetak, melainkan sudah menggunakan tiket online. Itulah alasan mengapa bisnis ini masuk dalam contoh bisnis yang mulai meredup di tahun 2021.

Kenali dan analisa terlebih dahulu ide bisnis yang akan Anda kembangkan di tahun 2021 nanti. Pastikan bahwa bisnis yang akan Anda kembangkan masih punya prospek dan pasar yang bagus, sehingga meminimalisir kerugian. Beberapa contoh bisnis yang mulai meredup di tahun 2021 ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagi Anda.

7 Contoh Bisnis yang Mulai Meredup di Tahun 2021 | Malik | 4.5
error: Content is protected !!