Contoh Analisa SWOT untuk Perusahaan Otomotif

Contoh analisa SWOT – SWOT adalah akronim dari Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (kesempatan/peluang), Threats (ancaman).  Analisa SWOT sendiri bisa diterapkan pada suatu bisnis/usaha, pendidikan, atau pada diri sendiri.

Untuk pengertian sederhana, analisis SWOT berarti teknik strategi  untuk mempersiapkan kekuatan/strengths dalam mengatasi kelemahan/weakness dan menemukan peluang/opportunities, sekaligus cara menghadapi ancaman/threats.

Khususnya dalam dunia bisnis, jika teknik penggabungan dari keempat elemen tersebut dapat dijalankan dengan tepat, maka visi dan misi program bisnis yang direncanakan akan berjalan dengan sempurna. Dengan sendirinya hasil yang diraih pun lebih optimal.

Untuk mendapatkan pemahaman dan gambaran lebih komplit tentang praktek atau penerapannya, kita ambil contoh analisa SWOT pada perusahaan.

Contoh Analisa SWOT PT. Yamaha Indonesia

PT. Yamaha Indonesia

PT. Yamaha Indonesia adalah perusahaan skala internasional yang berkembang sangat pesat pada beberapa dekade terakhir. Dalam hal intensitas peluncuran produk maupun pemasaran, PT. Yamaha Indonesia sangat mendominasi pasar otomotif, meskipun dalam perjalanannya sering mengalami pasang surut.

Inilah analisa SWOT PT. Yamaha Indonesia dalam perjalanannya, sehingga mampu tetap berdiri tegak di tengah sengitnya persaingan produk otomotif di pasar global.

1. Strengths

Ini merupakan kekuatan (strengths) yang kemudian menjadi modal dasar PT. YI untuk mengembangkan perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis dalam skala nasional.

  • Kualitas dan Kuantitas Produk

Selama puluhan tahun PT. Yamaha Indonesia selalu mengeluarkan kualitas produk berstandar internasional sehingga tetap mendapat kepercayaan dari masyarakat luas. Melalui sejumlah pabrik yang aktif beroperasi, kuantitas produksi yang dihasilkan juga sangat maksimal.

  • Branch Mark dan Prestasi

Produk Yamaha telah melegenda khususnya di Indonesia. Ini juga ditunjukkan oleh segudang prestasi yang diraih sekaligus membuktikan perusahaan ini memiliki reputasi terbaik dan selalu di depan.

  • Spare Part, Dealer, dan Tekhnologi

Yamaha Indonesia menyediakan spare part atau suku cadang lengkap, murah, dan tersebar di seluruh Indonesia. Seiring dengan itu jumlah dealer juga semakin bertambah sehingga lebih mudah terjangkau oleh konsumen. Melalui tenaga ahli profesional dan dengan teknologi otomotif terkini, menjamin setiap produk Yamaha tetap terjaga kualitasnya.

2. Weakness

Tidak hanya kekuatan namun PT. Yamaha Indonesia juga memiliki beberapa sisi kelemahan. Selanjutnya ini adalah analisa SWOT PT. Yamaha Indonesia untuk mendapatkan data kekurangan dan kelemahan, kemudian menjadikannya motivasi dalam upaya perbaikan.

  • Model dan desain

Dibanding produk dari perusahaan lain, Yamaha masih minim kreasi. Model dan desainnya sedikit tertinggal dari kompetitor. Kondisi ini tak jarang mereduksi ketertarikan masyarakat kemudian berpaling ke brand lain.

  • Mayoritas Produk Premium

Banyak varian produk yang dirilis PT. Yamaha Indonesia diberi label produk premium dengan harga cukup mahal, terutama kategori motor sport. Kondisi ini berbanding terbalik dengan harga jual kembali yang menurun drastis.

  • Produk Tiruan

Nama besar Yamaha juga membawa kerugian bagi perusahaan karena saat ini cukup banyak produk asing yang meniru model, desain, dan spesifikasi produk Yamaha. Misalnya motor china dengan harga yang sangat murah.

  • Spare Part KW

Tak hanya model, desain dan spesifikasi, namun suku cadang Yamaha juga banyak ditiru. Produk spare part bajakan dengan kualitas kalah jauh dari produk asli Yamaha kini banyak beredar dipasaran sehingga masyarakat harus waspada.

3. Opportunities

Tentang apa saja kesempatan yang dibidik PT. Yamaha Indonesia, berikutnya kita lihat data analisa SWOT kesempatan atau peluang yang didapat untuk dapat terus bersaing di pasar otomotif tanah air.

  • Populasi Penduduk

Indonesia memiliki populasi penduduk sangat besar. Ini merupakan pasar potensial bagi Yamaha untuk mencapai target penjualan. Semakin cepat perkembangan penduduk, peluang untuk mengembangkan dan menjual produk juga semakin besar.

  • Export

Dengan kualitas produk yang sudah dipercaya masyarakat, ekspansi eksport adalah salah satu peluang untuk meningkatkan produk penjualan sekaligus memperluas jaringan terhadap produk yang ingin dipasarkan. Peluang semakin terbuka jika target ekspansi eksport adalah negara-negara berkembang.

4. Threats

Analisa SWOT yang terakhir berkaitan dengan ancaman/threats yang kemungkinan besar akan dihadapi PT. Yamaha Indonesia untuk perjalanan ke depan.

  • Kehadiran Produsen Lain

Dalam perjalanannya, cukup banyak produsen lain yang mengalami perkembangan cukup signifikan, misalnya Honda. Produsen kompetitor ini selalu berbenah dan cukup intens meluncurkan produk baru yang inovatif dengan teknologi terkini.

  • Krisis Global

Krisis global merupakan ancaman serius yang harus siap dihadapi kapan saja. Jika ekonomi suatu negara mengalami krisis daya beli masyarakat juga pasti anjlok.

  • Suku Cadang Import

Berbeda dari produsen lain yang memproduksi suku cadang sendiri, sejauh ini Yamaha masih tergantung pada induk perusahaan Yamaha di Jepang. Dengan sendirinya harga suku cadang original cukup mahal.

  • Uang Muka Kredit Masih Tinggi

Berkaca dari produk perusahaan lain, Yamaha masih menerapkan uang muka kredit yang relatif tinggi. Kondisi ini kadang menyulitkan konsumen sehingga keinginan memiliki produk Yamaha harus tertunda.

Kesimpulan

Kesimpulan dari analisa SWOT PT. Yamaha Indonesia diatas bahwa peluang pasar perusahaan ini sebenarnya cukup besar, apalagi didukung kepercayaan masyarakat yang sangat tinggi. Berbekal hal tersebut maka segala ancaman yang mungkin terjadi masih bisa dikendalikan selama perusahaan terus berbenah.

 

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

contoh dari target pasar otomotif -

Contoh Analisa SWOT untuk Perusahaan Otomotif | Malik | 4.5
error: Content is protected !!