Cara Memulai Usaha Bordir Komputer Sukses

Cara memulai usaha bordir komputer – Di saat pertumbuhan bisnis di berbagai bidang terus meningkat, usaha bordir komputer ternyata juga mempunyai tempatnya sendiri. Jika melihat ke belakang, jasa bordir sebenarnya sudah ada sejak dahulu kala. Pada awalnya, bordir hanya dibuat menggunakan tangan dan bertujuan sebagai penghias hasil kerajinan semata. Namun sejak tahun 80-an, teknik bordir mengalami lompatan besar setelah digunakannya komputer untuk membuat bordir yang lebih rapi dan presisi. Nah, saat ini, bordir sudah bisa dilakukan menggunakan alat dan komputer yang canggih sehingga selain tingkat presisi yang tinggi, produksi massal dalam waktu singkat pun menjadi mungkin. Nah, jika anda berniat membuka usaha bordir komputer, berikut adalah cara memulai usaha bordir komputer yang bisa anda pelajar.

Menghitung Anggaran dan Ukuran Ruang

usaha bordir berbasis komputer

usaha bordir berbasis komputer

Langkah pertama untuk memulai bisnis ini adalah dengan menghitung anggaran dan budget yang anda miliki. Langkah ini sengaja di tempatkan pada urutan pertama karena penentuan anggaran menjadi sangat penting saat berhubungan dengan biaya pembelian mesin bordir. Secara umum, ada beberapa jenis mesin bordir yang saat ini beredar di pasaran. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan dengan head/kepala dari mesin tersebut.

Kebanyakan para pengusaha bordir di Indonesia menggunakan mesin jenis 12 dan 6 kepala yang di impor dari Korea. Nah, yang perlu anda ketahui adalah bahwa harga mesin bordir 12 kepala lebih murah daripada harga mesin 6 kepala. Hal tersebut dikarenakan negara lebih banyak mengimpor mesin jenis 12 kepala hingga 90% daripada mesin 6 kepala. Sedangkan untuk ukuran ruang, anda bisa melihat perbandingan antara kedua mesin tersebut sebagai berikut:

  1. Dimensi mesin bordir 6 kepala dengan area 40cm x 80cm adalah: Panjang 3.6 meter x lebar 2.1 meter.
  2. Dimensi mesin bordir 12 kepala dengan area 40cm x 80cm adalah: Panjang 6 meter x lebar 2.1 meter.

Anda bisa menyesuaikan luas ruangan yang anda miliki dengan dimensi mesin bordir di atas. Namun bagi anda yang pemula, sangat disarankan untuk mencari mesin bordir 12 kepala yang sekon untuk menekan anggaran awal.

Segmen Pasar

Segmen Pasar Usaha bordir komputer

Segmen Pasar Usaha bordir komputer

Langkah selanjutnya adalah menentukan segmen pasar. Menentukan segmen pasar juga berpengaruh kepada pemilihan mesin yang akan anda beli nantinya karena setiap jenis bordir membutuhkan jenis mesin tertentu yang sesuai. Jangan sampai anda salah membeli mesin karena tidak sesuai dengan segmen pasar anda. Memang, jika pun salah membeli mesin, anda masih bisa menggunakan mesin tersebut meskipun hasilnya tidak memuaskan. Nah, sebagai gambaran, berikut adalah segmen pasar dan tipe mesin yang dibutuhkan.

  1. Jika anda membidik pasar bordir untuk logo, mukena, kebaya, baju Koko, dan lain-lain, maka membeli mesin tipe flat adalah langkah terbaik.
  2. Jika anda menargetkan bordir topi jadi, pakaian jadi, tas, dan sepatu, maka sebaiknya anda membeli mesin bordir tipe flat and cap. Secara keseluruhan, mesin flat and cap masih bisa mengatasi pekerjaan yang dilakukan oleh mesin flat. Maka disarankan bagi anda yang baru memulai bisnis ini untuk membeli mesin bertipe flat and cap terlebih dahulu.

Perangkat Dukungan

Setelah keputusan untuk membeli mesin bordir sudah final, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan perangkat dukungan operasional mesin bordir itu sendiri. secara umum, berikut adalah daftar perangkat dukungan yang anda butuhkan pada saat awal membuka usaha bordir komputer:

  1. 2 unit komputer dengan spesifikasi: minimal Pentium 4, RAM 512 MB, HD 80 GB, FDD, OS Windows XP.
  2. Accounting System yang disesuaikan dengan usaha bordir anda.
  3. Printer Epson Dot Matrix
  4. Scanner Canon Lide 25
  5. Perkakas toko yang lain.
  6. Aksesori seperti topi, kaos, dan boneka sebagai showcase hasil bordir anda.

Untuk angka perhitungan bisa saja berbeda-beda karena harga sudah menyesuiakan dengan tingkat rupiah saat ini.

Order dan Pemasaran

Untuk bisa mulai menjalankan usaha bordir komputer anda, maka anda harus bisa mendatangkan order secara konstan terhadap usaha anda tersebut. Dengan harga mesin yang mahal, jangan sampai usaha bordir anda sepi karena sangat rentan terhadap risiko kerugian.

Maka dari itu, anda bisa mulai melancarkan promosi seputar usaha bordir komputer anda tersebut. Anda bisa mulai dengan menjalin kerja sama dengan instansi-instansi lain seperti sekolah, kantor, dan lainnya. Usahakan untuk menjalin hubungan dengan calon pelanggan yang sekiranya potensial bagi usaha bordir komputer anda. Jangan sampai anda lengah dan hanya menunggu order datang sendiri kepada anda. Jangan lupa pula untuk memaksimalkan peranan sosial media supaya calon pelanggan tahu anda saat ini membuka bisnis bordir komputer.

Demikianlah informasi mengenai cara memulai usaha bordir komputer yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

 

 

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

contoh proposal usaha bordir komputer -

Cara Memulai Usaha Bordir Komputer Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!