Cara Memulai Bisnis Katering dari Nol Wajib Dicoba

Tips dan cara memulai bisnis katering bisa dibilang tidak terlalu sulit. Tapi bagaimanapun, setiap bisnis juga memiliki tantangannya tersendiri, apalagi bisnis kuliner seperti katering. Saat ini, bisnis katering sendiri sudah bagai jamur di musim hujan. Alasan utama kebanyakan para pengusaha memilih bisnis ini adalah karena katering menjadi salah satu bisnis yang membutuhkan modal kecil. Selain itu, potensi pasar dari bisnis ini bisa dikatakan sangat menjanjikan, asalkan anda bisa mengenai target pasar yang tepat. Nah, jika anda berminat untuk ikut terjun pada bisnis ini, maka beberapa tips cara memulai bisnis katering di bawah ini bisa membantu anda.

Totalitas

bisnis katering

Seperti membangun bisnis yang lain, anda juga dituntut untuk totalitas dalam menjalankan bisnis katering ini. Mungkin anda tidak akan direpotkan saat awal-awal katering anda berdiri karena memang orderan yang masuk belum terlalu banyak. Pada tahap ini, anda bisa menjadikan bisnis katering sebagai bisnis sampingan anda saja. Namun jika bisnis anda sudah berkembang, maka anda harus siap-siap meninggalkan kerjaan utama anda dan fokus sepenuhnya pada bisnis katering anda. Selain itu, anda juga harus mengondisikan keluarga anda karena akan banyak kegiatan di rumah anda nantinya.

Cari Pengalaman

Cari Pengalaman

Cari Pengalaman

Membangun bisnis katering adalah masalah pengalaman. Jika pada bisnis lain anda cukup mendapatkan informasi seputar bisnis dari berbagai sumber, maka pada bisnis ini anda harus terjun langsung ke lapangan. Bisnis katering adalah bisnis yang melelahkan. Maka dari itu anda harus merasakan atmosfirnya sendiri untuk menguji kesungguhan anda. Di samping itu, anda juga bisa mendapatkan banyak ilmu juga relasi yang jelas akan berguna bagi bisnis anda ke depannya nanti.

Menentukan Nama

Setiap nama adalah doa. Begitu pun dengan nama bisnis anda. Berikan nama yang sekiranya bisa memberikan keberuntungan bagi bisnis anda. Usahakan untuk mencari nama yang unik dan belum pernah digunakan oleh bisnis sejenis sebelumnya supaya pelanggan anda lebih mudah menghafalkan nama tersebut. Atau berikan nama sederhana yang membuat bisnis anda terlihat profesional dan menimbulkan kesan besar. Nama bisnis bisa anda dapatkan dari lokasi bisnis, menu utama katering anda, hingga menggunakan permainan kata.

Bisnis Plan

Bisnis Plan

Bisnis Plan

Cara memulai bisnis katering yang selanjutnya adalah dengan membuat bisnis plan. Pentingnya bisnis plan bagi sebuah bisnis ibarat petunjuk arah di jalan. Semua rencana bisnis anda ke depan harus sesuai dengan bisnis plan yang anda buat untuk mencapai target yang anda inginkan jika memang tidak ada halangan. Bagian paling penting dalam bisnis plan anda adalah bagian keuangan. Anda harus bisa menghitung secara rinci seputar modal awal, modal produksi, hingga keuntungan yang bisa anda dapatkan. Aspek-aspek detail pun tidak boleh anda tinggalkan seperti penyewaan peralatan katering, dan lainnya. Tentukan juga harga pasar untuk setiap menu katering yang anda tawarkan.

Merekrut Karyawan

chef catering

Cara selanjutnya adalah merekrut karyawan. Cara ini bisa mulai anda aplikasikan jika bisnis katering anda mengalami pertumbuhan yang pesat. Anda bisa mulai merekrut karyawan jika anda sudah tidak bisa menangani urusan lain seperti seperti mempersiapkan bahan masak, memasak, hingga mengemas katering anda. Dalam merekrut karyawan pun anda harus benar-benar selektif. Jangan sampai anda merekrut karyawan yang tidak bisa diandalkan saat mengemban tugas. Jika memang urusan memasak tidak bisa dipercayakan, maka jangan sampai anda mencoba memercayakannya kepada karyawan anda karena sangat berisiko.

Promosi

Langkah selanjutnya adalah tinggal mempromosikan bisnis anda. Pada poin ini, anda bisa menggunakan sarana media sosial sebagai alat promosi anda yang murah namun tetap efektif. Anda bisa memulai dengan membuat grup yang berisi pengikut dari teman-teman anda. Usahakan untuk memosisikan para konsumen anda sebagai ahli, bukan sebagai target bisnis anda. Mintalah saran agar anda mendapatkan inspirasi lain untuk mengembangkan bisnis anda. Selain itu, manfaatkan jaringan dan bangunlah relasi yang seluas-luasnya agar bisnis anda semakin luas mendapatkan pangsa pasar. Terutama terhadap pemilik-pemilik event organizer dan sejenisnya.

Tujuan dan Fokus

Tujuan dan fokus

Dalam menjalankan bisnis, anda harus bisa menjaga tujuan dan fokus anda. mungkin di tengah perjalanan, anda akan menemui banyak rintangan dan omongan dari orang di sekitar anda. Jangan sampai anda lengah hanya karena berbagai omongan yang datang tersebut. Gunakan sebagai motivasi anda untuk selalu berinovasi dengan menu yang anda tawarkan.

Perluas Jaringan

Setelah bisnis anda berjalan, maka cara yang terakhir adalah tinggal memperluas jaringan anda. Anda bisa mulai mendaftarkan katering anda sebagai salah satu anggota pada Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia untuk menemukan banyak pengusaha dan berbagi pengalaman.

Nah, itulah beberapa cara memulai bisnis katering yang bisa anda coba aplikasikan. Semoga bermanfaat.

 

Cara Memulai Bisnis Katering dari Nol Wajib Dicoba | Malik | 4.5
error: Content is protected !!