Cara Memulai Bisnis Jastip dan Analisa Keuntungannya

Cara memulai bisnis jastip – Salah satu ide bisnis yang menarik untuk digeluti adalah jastip. Jastip merupakan bisnis modern atau bisnis di era generasi millennial yang mana bisa mendatangkan keuntungan yang cukup banyak. Jastip sendiri merupakan singkatan dari Jasa Titip yang biasanya sering dijadikan jastip adalah produk terkenal atau bermerek. Tidak hanya buatan dalam negeri namun juga bisa luar negeri.  Alasan yang menyebabkan orang ingin menggunakan jastip adalah lokasinya jauh tidak terjangkau olehnya, dan yang terakhir adalah kesibukan.

Contoh dan Mekanisme Jastip

Belanja di korea

Belanja di korea

Contoh bisnis jastip adalah Anda akan bepergian ke Kota Jogja, Anda bisa membuka bisnis Jastip untuk beberapa produk barang atau makanan khas Jogja seperti batik khas Jogja dan lain sebagainya dengan pemesanan jangka waktu tertentu. Selain itu orang yang bepergian ke luar negeri dengan jangka waktu yang cukup lama juga sering menggeluti bisnis jastip ini seperti bepergian ke Korea, dia menawarkan produk-produk Korea yang terkenal dimana harga yang ditawarkan sudah termasuk biaya jastip atau nantinya akan ditambahkan dengan fee jastip, sehingga bisa mengerjakan dua hal bersama-sama. Biaya yang di banderol tersebut belum termasuk biaya kirim. Selain contoh kasus tersebut Anda bisa membuka jasa titip barang biasa yang mana produk dan barangnya bisa ditemukan di daerah Anda.

Memulai Bisnis Jastip

Ada beberapa cara memulai bisnis jastip yang harus diperhatikan agar bisnis yang Anda geluti ini sesuai dengan ekspektasi Anda:

  1. Tentukan target pasar

Cara memulai bisnis jastip yang pertama adalah tentukan target pasar.  Akan lebih baik jika Anda fokus pada konsumen di market tersebut jangan menambah fokus pada target market yang lainnya. Alasannya adalah dengan fokus pada target tersebut Anda bisa memaksimalkan penjualan dan pemasaran bisnis Anda.

  1. Media pemasaran

Cara memulai bisnis jastip selanjutnya adalah tentukan media pemasaran. Biasanya media pemasaran yang ampuh adalah melalui sosial media seperti Instagram atau Facebook. Anda tidak perlu menggunakan semua media sosial gunakan yang paling menguntungkan dan paling banyak mendatangkan penjualan. Kebanyakan personal shopper menggunakan Instagram sebagai alat utama karena menggunakan konten foto dan juga video singkat dimana hal itu bisa menarik minat pengguna Instagram.

  1. Cara kerja jastip

Anda juga harus memahami bisnis jastip ini. Mengawali bisnis jastip ini memang akan gampang-gampang susah dimana Anda harus persuasif dan memiliki kemampuan yang baik di media sosial. Selain itu Anda harus menentukan sistem pembayaran apakah si penitip akan membayar di awal atau Anda harus menalangi pembelian. Selain itu ada dua hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mematok tarif jastip ini yang pertama adalah memberi tahu secara langsung biaya jastip yang Anda patok misalnya satu item berapa puluh ribu atau bisa juga dengan langsung menambahkannya ke harga barang.

  1. Kerja sama

Cara memulai bisnis jastip yang penting adalah kerja sama, dikarenakan dengan menjalin kerja sama yang bagus Anda akan mudah untuk mendapatkan barang yang bisa di jastipkan. Syukur-syukur jika Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan store yang lainnya. Pilihlah store yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik agar mereka bisa memprioritaskan produk untuk bisnis jastip Anda dan tidak berebutan dengan pembeli yang lainnya, selain itu store yang kredibel akan memiliki produk dengan kualitas yang bagus.

  1. Mengatur jadwal belanja dan pengiriman

Anda bisa menjadikan jastip ini sebagai bisnis sampingan atau bisnis utama. Bagi yang menjadikannya sebagai bisnis sampingan Anda harus bisa mengatur jadwal belanja dan pengiriman agar tidak keteteran terutama saat pesanan membludak.

Rincian Modal Usaha

Bisnis jastip adalah bisnis yang simpel dan tanpa ribet. Yang unik lagi adalah bisnis ini tidak membutuhkan modal seperti bisnis yang lainnya. Modal Anda untuk bisa menggeluti bisnis ini adalah koneksi atau jalinan pertemanan yang luas. Anda juga membutuhkan smartphone dengan RAM dan internal yang cukup lega untuk menampung banyak foto barang, selain itu Anda membutuhkan kuota yang banyak karena harus mengupload foto produk dan barang ke Instagram.

Estimasi Pendapatan

Jangan pernah meremehkan bisnis Jastip, karena keuntungan yang didapatkan sangat besar.  Untuk mengetahui estimasi pendapatan dari bisnis ini Anda bisa melakukan analisa keuntungan usaha Jastip. Yang harus Anda ketahui adalah bisnis jastip ini sangat menguntungkan terutama jika banyak yang menggunakan jasa Anda tersebut.

Estimasinya dalam seminggu Anda mendapatkan pesanan 40 barang dimana dalam satu barang Anda mengambil fee 25 ribu rupiah maka dalam seminggu Anda bisa mendapatkan keuntungan  1 juta rupiah. Jika Anda bisa mempertahankan performa maka dalam sebulan Anda akan bisa mendapatkan 4 juta rupiah, tentu bisnis ini akan sangat menggiurkan dan juga potensial untuk digeluti.

Demikianlah cara memulai bisnis jastip yang penting untuk Anda ketahui, agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan sukses Anda harus memberikan pelayanan terbaik yaitu dengan berkomunikasi secara bersahabat kepada konsumen, memastikan barang yang ditawarkan berkualitas dan layak untuk dibeli, dan yang terakhir adalah mengirimkan barang dengan packing yang baik.

Cara Memulai Bisnis Jastip dan Analisa Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!