Cara Memulai Bisnis ATK dari Nol dan Analisa Keuntungannya

Cara memulai bisnis ATK – Bagi sebagian orang bisnis ATK ini memang tidak menarik karena penghasilan yang didapatkan tidak sebanyak dengan bisnis lainnya. Padahal bisnis ini menjadi bisnis kecil yang prospeknya cukup cerah ke depannya. Yang membuat prospeknya menjanjikan adalah modal dari bisnis ini kecil bisa dimulai dengan jutaan rupiah saja, selain itu barang-barangnya tidak mudah basi sehingga Anda bisa menjualnya kapan saja tanpa harus takut mengalami kerugian. Agar Anda bisa menjalani bisnis ATK dengan lancar dan mendatangkan keuntungan yang besar penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara memulai bisnis ATK yang baik seperti berikut ini:

Tentukan Target Pasar

Bisnis ATK

Bisnis ATK

Cara pertama adalah tentukan siapa yang akan menjadi target pasar Anda. ATK ini bisa menyasar pelajar maupun mahasiswa. Menentukan target pasar penting karena akan menyangkut masalah harga dan selera pada akhirnya.

Mencari Distributor atau Agen

Cara memulai bisnis ATK yang sukses adalah mencari distributor atau agen ATK. Tidak bisa dimungkiri bahwa bisnis ATK keuntungannya relatif kecil, namun hal ini bukan dijadikan sebagai alasan untuk mundur dari menjalankan bisnis. Persaingan bisnis yang masih sedikit akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi bisnis ATK Anda.

Agar mendapatkan keuntungan yang lebih penting bagi Anda untuk mencari distributor agar bisa mendapatkan harga yang bersaing. Anda juga bisa membeli dalam jumlah yang banyak atau borongan sehingga harganya relatif lebih murah. Selain itu bisnis yang baik adalah yang menjalin kerja sama yang baik dengan agen atau distributor dengan berlangganan belanja kebutuhan ATK kepadanya. Dengan kedekatan emosional ini bisnis yang Anda bangun akan terbantu dengan agen tersebut dan bisa mendapatkan harga yang jauh lebih kompetitif.

Lokasi yang Tepat

Cara memulai bisnis ATK

Cara memulai bisnis ATK

Cara memulai bisnis ATK yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memilih lokasi yang tepat.  Setelah menemukan target pasar Anda carilah lokasi yang strategi agar bisnis Anda bisa berjalan dengan mudah. Akses yang sulit hanya akan membuat konsumen sulit untuk menjangkau bisnis Anda sehingga lebih memilih untuk berpindah ke lokasi bisnis lainnya. Tidak hanya itu saja, dengan menyewa tempat di lokasi strategis bisnis Anda akan lebih mudah terlihat oleh calon konsumen Anda. Selain memilih tempat yang strategis Anda juga harus tahu lokasi yang potensial untuk berbisnis ATK ini. Mendirikan bisnis ATK di dekat sekolah dan juga kampus menjadi hal yang tepat karena lokasi tersebut sangat potensial untuk membuat penjualan semakin meningkat karena banyak yang membutuhkan ATK ini.

Desain yang Menarik

Cara memulai bisnis ATK yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah desain lokasi bisnis lebih menarik. Meski Anda berkutat dalam bisnis ATK bukan berarti tempat bisnis Anda terlihat jadul dan kusam. Berikan sentuhan-sentuhan menarik pada setiap sudut dan lakukan renovasi agar konsumen dan pengunjung betah berlama-lama di lokasi bisnis Anda.

Desain yang terlihat kusam dan jadul akan terlihat membosankan dimana hal tersebut akan membuat konsumen pergi tanpa melakukan aksi apapun saat berada di bisnis Anda. Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah penataan produk ATK harus rapi dan sesuai dengan kelompoknya. Misalnya saja adalah jangan menata pensil dengan pulpen, pulpen dengan penggaris, dan lain sebagainya.

Lengkapi dengan Jasa Lainnya

Agar bisnis tidak terasa monoton penting bagi Anda untuk melengkapinya dengan berbagai jasa lainnya seperti jasa fotocopy, jasa printing, jasa cetak digital, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan menawarkan jasa tersebut sumber penghasilan Anda tidak hanya di satu sumber saja namun dari beberapa sumber sekaligus.

Pemasaran

Cara yang terakhir adalah Anda harus melakukan pemasaran yang baik dan benar. Anda bisa membuat promosi menarik dengan memberikan gratisan seperti membeli 2 produk gratis 1, potongan harga, dan lain sebagainya. Selain itu jika target pasarnya adalah pelajar Anda bisa menawarkan ATK yang tidak hanya berkualitas namun juga yang memiliki bentuk unik dan menarik.

Analisa Modal dan Pendapatan

Seperti yang dibahas sebelumnya yang mengatakan bahwa memulai bisnis ATK ini tidak diperlukan modal yang besar, hanya dengan modal 5 jutaan rupiah saja Anda sudah bisa menggeluti bisnis ini. Dengan modal tersebut Anda bisa membeli etalase, rak buku, kursi, alat pemotong kertas, membayar sewa tempat per bulan, dan lain sebagainya. Modal ini akan bertambah besar jika Anda menawarkan layanan berupa jasa cetak, laminating, fotocopy, dan lain sebagainya dimana modal yang dikeluarkan bisa puluhan juta rupiah untuk pembelian  mesin.

Setelah membahas analisa modal, Anda juga penting untuk mengetahui analisa keuntungan usaha bisnis ATK ini. Misalnya dalam sehari Anda mendapatkan keuntungan penjualan ATK Rp70.000 maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan keuntungan Rp2.100.000. Keuntungan ini belum ditambah dengan jasa lainnya yang mana akan menambah penghasilan bisnis Anda.

Memang keuntungan dari bisnis ATK ini kecil, namun jika Anda tekun dalam menggeluti bisnis ini bukan tidak mungkin bisnis Anda akan semakin cepat berkembang dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Oleh sebab  itu penting bagi Anda untuk melakukan  beberapa cara memulai bisnis ATK yang sudah disebutkan di atas agar Anda bisa menggeluti bisnis ini dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

Cara Memulai Bisnis ATK dari Nol dan Analisa Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!