Cara Membuka Usaha Butik di Rumah dari Awal Hingga Sukses

Cara membuka usaha butik di rumah – Ada banyak sekali jenis bisnis yang dapat dikerjakan di rumah, salah satunya adalah usaha butik. Hal ini karena usaha butik sendiri menjadi salah satu lahan pekerjaan yang menjanjikan mengingat trend fashion senantiasa berkembang dari waktu ke waktu.

Dalam menjalankan usaha butik, Anda dituntut untuk memberikan berbagai sentuhan menarik demi membedakan butik tersebut dengan toko pakaian ataupun butik yang lainnya. Jika Anda hanya menjalankan usaha butik yang biasa-biasa saja, maka apa yang membedakan dengan toko pakaian pada umumnya?

Konsep Usaha Butik Rumahan yang Menarik

Usaha Butik Rumahan

Usaha Butik Rumahan

Sebelum lebih jauh mengulas tentang bagaimana cara membuka usaha butik di rumah, akan lebih baik jika Anda memiliki sebuah konsep yang tepat untuk butik tersebut. Di samping itu, sasaran yang Anda bidik harus benar-benar tepat agar usaha butk tersebut dapat berjalan lancar.

Pada tahapan awal, carilah pakaian yang sedang trend. Setelah itu beli dan jual kembali. Dengan sistem ini, maka pelan tapi pasti Anda akan menemukan trend pakaian seperti apa yang diinginkan oleh pasar. Namun apabila Anda percaya diri dan mampu membuat desain pakaian yang menarik, cobalah wujudkan ide tersebut dalam bentuk pakaian kemudian pasarkan dengan brand butik Anda.

Apabila usaha butik Anda sudah mulai berjalan baik, maka tahapan selanjutnya yakni fasilitasi konsumen dengan cara memberikan keleluasaan bagi mereka untuk melihat-lihat produk pakaian di butik Anda. Dalam hal ini, tentu saja Anda membutuhkan ruangan khusus sebagai butik. Jika rumah Anda luas, manfaatkan sebagian ruangan tersebut untuk usaha butik di rumah. Dengan begitu, konsumen juga tidak akan risih memilih aksesoris ataupun pakaian yang Anda tawarkan.

Prospek Bisnis Usaha Butik di Rumah

Bisnis butik di rumah

Bisnis butik di rumah

Seperti yang dijelaskan di atas, prospek usaha butik memang terbilang sangat baik. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan trend fashion yang beragam sehingga Anda sebagai pengelola butik pun dapat mengikuti keinginan konsumen dalam bidang fashion.

Di samping itu, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat seperti sekarang, Anda dapat dengan mudah mempromosikan produk butik melalui internet. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi repot-repot menyebarkan brosur promosi. Jadi prospek bisnis usaha butik tersebut sangat menjanjikan baik untuk keuangan pribadi Anda ataupun membantu perekonomian keluarga.

Simulasi Biaya yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha Butik

Dalam cara membuka usaha butik di rumah, Anda juga harus mempertimbangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan dari awal hingga akhir. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan kisaran modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis butik. Adapun rincian simulasi biayanya adalah sebagai berikut:

MODAL AWAL  
  1. Perlengkapan Interior Toko
Rp 10.000.000
  1. Belanja barang untuk butik seperti jaket, aneka pakaian, dompet, tas, kalung, sepatu, cincin, dan aneka aksesoris lainnya.
Rp 40.000.000
Total Modal Awal Rp 50.000.000

 

Biaya Operasional Sebulan  
  1. Gaji karyawan 1 orang
Rp 900.000
  1. Biaya air dan listrik
Rp 500.000
  1. Kantong belanja butik
Rp 150.000
  1. Tambahan belanja barang bulanan untuk stock
Rp 5.000.000
  1. Biaya tak terduga
Rp 200.000
Total Pengeluaran dalam Sebulan Rp 6.750.000

 

Pemasukan dalam Sebulan  
Nilai penjualan pakaian dan aksesoris perhari Rp 600.000 x 30 hari Rp 18.000.000

 

Perhitungan Keuntungan dan Lama Balik Modal  
Keuntungan: Rp 18.000.000 – Rp 6.750.000 Rp 11.250.000
Lama balik modal: Rp 50.000.000 / Rp 11.250.000 4 – 5 Bulan

Dengan melihat simulasi rincian biaya di atas, maka Anda dapat menyimpulkan bahwa usaha butik memiliki prospek yang sangat baik.

Langkah-Langkah Mendirikan Bisnis Butik di Rumah

Setelah mengetahui berbagai ulasan di atas, kini saatnya Anda memahami cara membuka usaha butik di rumah. Langkah-langkah yang akan diulas berikut ini sifatnya sangat penting sehingga dapat Anda lakukan tahap demi tahap. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mendirikan Badan Usaha

Agar bisnis butik di rumah Anda sifatnya legal atau resmi di mata hukum, maka Anda harus mendirikan sebuah badan usaha untuk butik tersebut. Untuk butik sendiri, Anda hanya perlu meminta Surat Izin Usaha dari kelurahan atau desa setempat.

Setelah itu, ajukan surat tersebut pada dinas perdagangan hingga akhirnya terbitlat SIUP. Keuntungan memiliki SIUP adalah Anda tak perlu takut jika terjadi masalah hukum yang menimpa butik Anda. Selain itu, para konsumen pun akan lebih menaruh kepercayaan mereka pada bisnis butik tersebut.

  1. Mengurus NPWP

Tahapan selanjutnya adalah dengan mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) atas nama Anda sebagai pemilik butik. Seperti halnya SIUP, NPWP juga akan membuat pelanggan yakin bahwa usaha butik yang Anda jalankan bukanlah usaha ilegal. Di samping itu, NPWP menunjukkan bahwa Anda adalah masyarakat yang taat pajak. Ini adalah salah satu cara untuk bersaing dengan usaha butik lain yang sifatnya masih ilegal.

  1. Mengurus TDP

Tahapan selanjutnya adalah mengurus TDP atau Tanda Daftar Perusahaan. Untuk usaha butik yang merupakan usaha perorangan, Anda hanya perlu menyerahkan formulir isian dengan melampirkan fotokopi lokasi usaha, KTP, SIUP, dan NPWP.

Dengan melakukan langkah di atas, maka bisnis butik rumahan yang Anda jalankan tidak akan mengalami gangguan. Di samping itu, Anda dapat mengembangkan bisnis butik tersebut hingga lingkup yang lebih besar lagi.

Kelebihan Bisnis Butik di Rumah

Saat Anda memutuskan untuk menjalankan usaha butik di rumah, terdapat beberapa kelebihan yang dapat Anda peroleh. Di antaranya adalah:

  • Target Pasar yang Sangat Luas

Sebagai bisnis yang bergerak di bidang fashion, tentu saja target pasar bisnis yang satu ini terbilang sangat luas. Anda dapat membidik semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Hal tersebut karena pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Di samping itu, terkadang seseorang mencari pakaian yang tak hanya untuk dikenakan saja, namun juga agar tetap terlihat fashionable.

Dalam hal ini, Anda dapat membidik semua target pasar dari berbagai usia atau hanya fokus pada remaja atau orang dewasa saja. Misalnya untuk remaja, sediakan pakaian yang sedang trend untuk bergaya. Sedangkan untuk orang dewasa, menjual beragam batik menjadi alternatif terbaik.

  • Modal yang Dibutuhkan Relatif Kecil

Jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, membuka usaha butik di rumah membutuhkan modal yang relatif kecil. Hal ini karena Anda tak perlu lagi menyewa tempat. Cukup sediakan jenis pakaian serta aksesoris yang ingin dijual pada konsumen di butik Anda.

  • Proses Balik Modal yang Cepat

Melihat dari simulasi perhitungan modal dan keuntungan pada ulasan di atas, dapat dikatakan proses balik modal usaha butik sangat cepat. Hanya butuh waktu 4 – 5 bulan saja.

  • Media Pemasaran yang Luas

Seperti yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, Anda dapat memanfaatkan produk butik Anda di internet. Dengan begitu, tak perlu mengeluarkan biaya tambahan hanya sekedar untuk mencetak pamflet dan lain sebagainya. Anda pun dapat membuka sebuah toko online untuk memudahkan pelanggan dari berbagai kota saat ingin melihat dan membeli produk pakaian serta busana di butik Anda.

Kekurangan Bisnis Butik di Rumah

Meskipun memiliki prospek yang bagus, namun usaha butik juga memiliki kekurangan yang harus Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah persaingan yang sangat ketat. Anda sendiri pasti menyadari bahwa ada banyak sekali usaha butik atau toko pakaian yang ada di sekitar daerah Anda.

Oleh karena itu, salah satu cara menghadapi kompetitor adalah membuat sebuah konsep butik yang menarik, memudahkan dan memberikan kenyamanan pada konsumen, hingga melakukan persaingan harga. Dengan begitu usaha butik Anda akan tetap berjalan hingga sukses.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang usaha butik di rumah. Semoga ulasan mengenai cara membuka usaha butik di rumah kali ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

buka usaha butik dirumah -sukses usaha online -usaha butik -usaha butik di rumah -

Cara Membuka Usaha Butik di Rumah dari Awal Hingga Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!