Cara Membuat Online Shop Sendiri dengan Mudah

Cara membuat online shop sendiri – Online shop adalah toko tidak nyata yang menjual barang di internet. Ada beberapa online shop yang memiliki toko fisik, namun tidak sedikit yang tidak memilikinya Pendirian toko fisik lebih memakan biaya dibandingkan dengan yang toko online. Oleh sebab itu banyak yang hanya mendirikan toko online saja tanpa disertai dengan toko fisik. Toko online ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan Anda. Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat pembuatan online shop semakin mudah dan cepat. Lalu bagaimana dengan cara pembuatan toko online tersebut?. Ada beberapa cara untuk membuka online shop ini sendiri. Bagi Anda yang ingin berjualan secara online, simak cara membuat online shop sendiri berikut ini:

Platform Belanja Online

Platform Belanja Online

Platform Belanja Online

Cara membuat online shop sendiri Anda bisa dengan membuatnya melalui platform belanja online yang sudah tersedia dan banyak digunakan oleh pebisnis. Saat ini banyak sekali platform belanja online yang sudah besar di Indonesia, Anda  bisa memanfaatkannya untuk membangun toko online Anda. Platform belanja online yang besar dan ada di Indonesia adalah Lazada, Tokopedia, Blibli.com, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi lainnya. Tanpa mengeluarkan biaya, Anda sudah bisa berjualan di platform belanja online tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Salah satu platform belanja online yang saat ini banyak digunakan untuk pebisnis untuk berjualan adalah Shopee. Keunggulan Shopee ini adalah menyediakan subsidi ongkir maksimal 30 ribu rupiah. Platform ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka lapak dagangan Anda.  Simak tutorial membuat online shop sendiri di Shopee berikut ini:

Menginstal Aplikasi Shopee

Untuk memudahkan Anda menggunakan aplikasi ini ada baiknya jika Anda menginstal Shopee ini melalui play store di Smartphone Anda.

Registrasi

Setelah Anda berhasil menginstalnya kliklah menu daftar.  Menu ini berada di sebelah menu login. Setelah itu Anda harus memasukkan nomor telepon, kemudian Anda akan di suruh untuk melakukan klik verifikasi. Verifikasi biasanya akan dilakukan dengan mengirimkan SMS. Setelah itu masukkan kode verifikasi di bagian kolom kode verifikasi. Masukkan username yang ingin Anda gunakan di aplikasi ini, isikan passwordnya kemudian lakukan konfirmasi password. Captcha ini untuk mengetahui apakah yang mengisinya manusia dan bukan komputer. Fungsi pokok dari Captcha ini adalah mencegah terjadinya spam, mencegah spam bot, mencegah flood, melindungi email dan masih banyak lagi lainnya.

Mulailah Menjual

Setelah proses pendaftaran sudah Anda lalui, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan mulailah untuk menjual. Untuk menjual produk atau barang Anda bisa melakukan klik pada menu jual, kemudian Anda akan diminta untuk melengkapi pengaturan toko. Aturlah nama tokonya, deskripsi gambar, deskripsi toko, logo toko jika ada namun jika tidak ada bisa menggunakan foto toko, banner toko atau foto sampul, kemudian klik simpan.

Memilih Jasa Pengiriman

Hal penting yang harus Anda ingat dalam pengaturan toko ini adalah pemilihan dalam jasa pengiriman. Untuk bisa memilih jasa pengiriman ini Anda harus memilih kurir yang ada di sekitar Anda. Jasa pengiriman yang bisa dipilih adalah GoSend Same Day, JNE Reguler, J&T Ekspress, JNE Oke, POS kilat khusus dan yang terakhir adalah Go Send Instant

Memilih Rekening Bank

Setelah Anda mengisi jasa pengiriman, Anda akan diminta untuk memilih menu kartu bank dan isikan rekening bank yang Anda miliki.  Rekening ini berguna untuk melakukan pembayaran ataupun melakukan penerimaan hasil dari penjualan di Shopee. Setelah Anda melakukan semua cara tersebut, kini Anda sudah memiliki toko online di platform Shopee.

Blogger

blogger

blogger

Cara membuat online shop sendiri selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat blogger. Blogger ini biasanya berisi konten atau artikel, namun banyak sekali yang menggunakan blogger sebagai toko online untuk penjualan. Sayangnya kelemahan blogger ini tidak bisa dilakukan transaksi seperti pembelian secara langsung seperti add this card atau menambahkan produk ke keranjang belanja. Sehingga pembeliannya hanya bisa dilakukan dengan manual berupa menghubungi kontak yang Anda sediakan di blog tersebut. Anda juga bisa menambahkan blog tersebut ke dalam website.

Website

website

website

Cara membuat toko online paling efektif adalah menggunakan website yang berfungsi sebagai toko online. Website ini adalah cara paling efektif untuk membuat toko online sebab akan memiliki fitur yang lebih lengkap seperti memasukkan barang ke dalam troli belanja dan masih banyak lagi lainnya. Untuk bisa membuat online shop menggunakan website ini Anda bisa menggunakan jasa programmer untuk membuat toko online sesuai dengan keinginan Anda. Anda harus bisa memilih domain yang sesuai dengan produk Anda, selain itu Anda juga harus memilih hosting yang tepat. Setiap hosting menawarkan fiturnya masing-masing, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Nantinya semua produk yang Anda jual akan dimasukkan dalam database sehingga selama database tersebut di maintenance dengan baik, toko online Anda akan aman. Agar menghindari database yang corrupt harus melakukan maintenance terhadap website Anda tersebut secara berkala.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Toko Online

 Toko Online

Toko Online

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membangun atau membuat toko online. Hal tersebut disebut juga dengan persiapan sebelum toko online didirikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membangun atau membuat toko online:

Memiliki Produk yang Dijual

Hal yang harus Anda pikirkan sebelum membangun toko online adalah Anda harus memikirkan produk yang akan dijual. Sebenarnya tidak hanya produk saja yang bisa Anda tawarkan namun jasa pun bisa Anda tawarkan melalui toko online Anda.

Memilih Layanan Toko Online Terpercaya

Untuk membuat toko online terutama yang berbasis website, Anda bisa memilih layanan pembuat toko online yang terpercaya. Pihak yang menyediakan jasa pembuatan online shop begitu kooperatif ketika diajak bekerja sama sehingga Anda akan lebih mudah mengutarakan keinginan Anda dalam pembuatan toko online tersebut. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa pembuatan toko online ini.

Berbasis SEO

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah konten artikel yang ada di dalam blog atau website harus berbasis SEO. SEO ini bisa membuat website toko online Anda menduduki di halaman pertama mesin pencarian. Biasanya pengunjung internet hanya akan mencari di halaman pertama pencarian saja, sehingga website yang berhasil menduduki di halaman pertama pencarian akan mendapatkan keuntungan dan banyak dicari oleh konsumen dibandingkan dengan halaman-halaman berikutnya. Oleh sebab itu banyak pebisnis yang berlomba-lomba untuk menduduki halaman utama pencarian.

Membuat online shop adalah salah satu cara berjualan online yang paling tepat dan efektif. Oleh sebab itu untuk bisa meningkatkan penjualan, akan lebih baik jika Anda membuat toko online tersebut. Boleh saja berjualan menggunakan Facebook, atau media sosial namun promosi tersebut akan kurang efektif jika Anda tidak diikuti dengan pembuatan toko online. Anda bisa melakukan beberapa cara membuat online shop sendiri yang disebutkan di atas untuk meningkatkan penjualan Anda.

Cara Membuat Online Shop Sendiri dengan Mudah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!