Cara Membuat Blog Pribadi Sendiri

Cara membuat blog pribadi sendiri – Jika hanya membuat blog itu sangat mudah, akan tetapi agar blog pribadi Anda sukses, tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Anda di sini mungkin saja tertarik untuk jadi Blogger setelah berkunjung ke beberapa situs blog di Indonesia, lalu kagum dengan mereka. Atau dikarenakan mendengar bahwasannya blog bisa hasilkan uang yang fantastis. Apapun alasannya, berikut ini adalah panduan yang tepat untuk Anda cara membuat blog pribadi sendiri.

Pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi penting dan menarik yakni cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang. Setelah Anda selesai membaca artikel ini, bisa kami pastikan Anda akan bisa membuat blog pribadi yang keren, menarik, dan tak kalah dengan milik para Blogger sukses Indonesia. Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Blog Pribadi Sendiri

Cara Membuat Blog Pribadi Sendiri

Cara Membuat Blog Pribadi Sendiri

Menentukan topik utama dalam blog

Cara membuat blog pribadi atau cara membuat blog sendiri yang pertama adalah menentukan topic utama dalam sebuah blog. Anda mungkin saja akan berpikir tahapan satu ini sepele, hanya memilih topic, tetapi pada kenyataannya tahapan tersebu adalah yang paling penting dalam persiapan membuat blog sendiri. Pastikan topic yang Anda pilih berkualitas, menarik, dan pastinya bermanfaat bagi Anda atau pembaca. Ini artinya Anda harus bisa buat konten blog yang bagus dibandingan blog – blog yang lain.

Memilih platform blog yang tepat

Cara membuat blog baru yang selanjutnya adalah dengan memilih platform blog secara tepat untuk Anda, ini juga termasuk sebagai salah satu proses terberat dalam memulai blog yang sudah Anda lewati. Teknologi di jaman sekarang ini memang sudah semakin canggih, dengan menggunakan platform Blogging, maka Anda bisa menulis di blog pribadi Anda seperti menulis di Micosoft Word. 3 pilihan yang paling populer bisa Anda pilih, diantaranya Blogspot, WordPress.com, dan WordPress.org.

Selain itu cara mudah membuat blog adalah dengan memperhatikan 2 istilah ini, yakni hosted dan self hosted. Hosted ini artinya blog Anda menumpang pada website mereka. Jadi, Anda tak memiliki website murni milik Anda sneidri, dan alamat blog Anda seperti ini, blog.blogspot.com. Sementara itu untuk self hosted ini adalah kebalikannya. Anda membuat WordPress atau Blogspot sendiri. Website tersebut akan 100 persen jadi milik Anda, tapi di sini Anda harus bayar untuk nama domain serta hostingnya. Dikarenakan sangat fleksibel, sehingga WordPress self hosted seringkali digunakan untuk fungsi yang lebih dibandingkan sekadar blog.

Menentukan penyedia layakan domain dan hosting

Domain adalah nama atau alamat website Anda, lalu untuk hosting sendiri adalah tempatnya file – file blog yang Anda disimpan, seperti hardisk jika di PC/komputer. Baik itu domain atau pun hosting keduanya menggunakan sistem sewa. Ini artinya Anda harus membayar tiap bulan atau tahun saat menyewa domain maupun hosting. Dan yang demikian ini perannanya vital untuk sebuah blog. Apalagi Anad pastinya tak ingin jika nanti blog Anda alami masalah, seperti mati mendadak, atau pun tak bisa diakses secar tiba – tiba. Jadi, pilihlah penyedia domain dan hosting terpercaya.

Menentukan nama domain

Cara bikin blog sendiri yang berikutnya adalah dengan menentukan nama domain. Nama domain ini nantinya akan selalu melekat pada blog Anda. Walaupun sebenarnya masih bisa diganti, tapi akan repot dan jika salah bisa sanga fatal akibatnya. Maka dari itu lebih baik tentukan matang – matang nama domain diawal dengan menghindari nama yang mirip dengan website yang sudah populer, menyesuaikannya dengan topic blog Anda, mudah diingat dan diucapkan, bila perlu harus menggunakan dotcom, hindari penggunaan tanda strip, minus, dan angka, jangan menggunakan merek milik orang, dan cek ketersediaan usernamenya dijejaring sosial.

Instalasi blog self hosted

Terakhir adalah masuk pada langkah – langkah membuat blog pribadi atau cara membuat blog sendiri. Yang mana dalam membuat sebuah blog baru yang hosted Anda tinggal ikuti panduan yang sudah ada di websitenya, bisa menggunakan platform Blogspot atau WordPress.com. Akan tetapi kami sarankan agar Anda menggunakan platform WordPress.com untuk buat blog.

Demikianlah tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang cara membuat blog pribadi sendiri. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

blog pribadi loc:ID -langkah langkah membuat blog pribadi -

Cara Membuat Blog Pribadi Sendiri | Abdul | 4.5
error: Content is protected !!