Cara Investasi Emas Online dan Manfaatnya

Investasi Emas Online – Bisnis online terus dan semakin berkembang saja. Ini cukup menarik karena ada banyak cara untuk menciptakan pundi- pundi rupiah melalui internet. Jual beli online, freelancer, youtuber, penulis artikel, dan masih banyak lagi bisnis online yang dapat Anda lakukan. Tak hanya berbisnis, kini internet juga telah merambah dunia investasi. Salah satu yang tengah digandrungi banyak kalangan adalah hadirnya investasi emas online. Investasi ini memiliki sistem dan cara kerja yang sama seperti investasi emas konvensional pada umumnya. Namun, investasi emas online lebih mudah dan efisien untuk dilakukan karena Anda tak perlu lagi membeli emas secara langsung di toko emas. Lalu, apa saja manfaat, dokumen dan syarat, serta keuntungan dari berinvestasi emas online? Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Investasi Emas Online

Emas

Emas

Hal yang membuat emas menjadi instrumen investasi yang menjanjikan adalah emas memiliki harga yang cukup stabil. Dengan bergantung pada tingkat permintaan dan penawaran di seluruh dunia, harga emas terbebas dari kondisi perekonomian suatu negara tersebut. Dengan begitu, inflasi tidak berpengaruh banyak terhadap nilai tukar emas. Dengan alasan tersebut, investasi emas online sangat bermanfaat untuk dijadikan tabungan masa depan. Investasi jenis ini juga memiliki keuntungan hingga 12% untuk jangka waktu yang lama. Nilai tersebut cukup besar bila dibandingkan dengan investasi deposito atau lainnya.

Cara Investasi Emas

Pergerakan harga emas di Indonesia dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah dan dolar Amerika Serikat dengan satuan karat pada emas tersebut. Di samping itu, harga emas sendiri dinyatakan dalam takaran dolar Amerika Serikat yang berpusat di London Metal Exchange. Jadi, ketika mata uang rupiah mampu bersaing dengan dolar, maka harga emas juga akan meningkat sesuai persentase kenaikannnya, begitupun sebaliknya. Ada banyak cara untuk berinvestasi dalam bentukan emas. Berikut adalah cara-caranya:

  1. Membeli emas dengan sistem pertukaran margin.
  2. Membeli emas secara langsung (fisik) di toko emas kepercayaan Anda dan disimpan dalam safe deposit box maupun brankas.
  3. Membeli emas dengan sistem gadai yakni membeli emas lalu digadaikan kepada salah satu bank Syariah. Dengan kelebihan harga pembelian emas yang murah, Anda hanya akan dikenakan biaya 1% penyimpanan emas perbulan.
  4. Membeli emas dengan sistem Options. Teknik yang satu ini lebih sulit untuk dipahami karena memerlukan keterampilan akan perdagangan Options yakni dengan sistem Buy Call maupun But ETF emas. Setelah itu, Anda harus mengimbanginya dengan posisi Sell Put dengan tujuan untuk mendapatkan preminya.
  5. Menjadi investor dan mempercayakan investasi Anda kepada manajer investasi pada perusahaan tersebut. Seluruh pergerakan dan langkah akan dikendalikan sepenuhnya oleh manajer, jadi Anda perlu berhati- hati apabila memilih opsi yang satu ini.

Keuntungan Investasi Emas Online

  1. fleksibel

Kelebihan pertama dari investasi emas adalah dapat dicairkan kapan saja. Dengan adanya keuntungan ini, maka Anda tidak perlu khawatir untuk berinvestasi emas secara penuh karena Anda tetap dapat menggunakannya sewaktu-waktu. Anda bisa menjualnya atau menggadaikannya untuk mendapatkan dana cepat.

  1. Mengamankan harta Anda

Investasi emas juga dikenal sebagai alternatif terbaik untuk mengamankan harta dan kekayaan Anda dari ancaman inflasi negara yang tidak dapat diprediksi. Dengan menginvestasikan kekayaan Anda dalam bentuk logam mulia, Anda tetap mendapatkan nilai fantastis meski rupiah mengalami fluktuasi

  1. Dapat dimulai dengan modal kecil

Salah satu hal yang membuat emas menjadi jenis investasi idaman oleh banyak kalangan adalah modal yang dibutuhkan relatif terjangkau. Anda dapat membeli perhiasan emas sesuai dengan harga pasar, atau emas murni dari Antam dengan harga mulai dari Rp. 350.000 saja.

Tips Investasi Emas Online

Tips Investasi Emas Online

Tips Investasi Emas Online

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek yang berhubungan dengan sistem investasi emas online. Berikut ini beberapa tips yang dirangkum khusus untuk Anda yang serius dalam investasi emas.

  1. Jangan terburu- buru

Investasi emas online memerlukan ketelitian dan kesabaran dalam menambah jumlah modal didalamnya. Dengan iming- iming hasil yang cukup tinggi, bukan berarti anda harus menginvestasikan seluruh kekayaan Anda dalam sekali tanam. Hal tersebut dapat menjadi sebuah bumerang karena perlu Anda ketahui jika semakin besar nilai investasi yang Anda ajukan, maka semakin besar kemungkinan kerugian yang akan Anda dapat. Semuanya tergantung kepada ketepatan timing. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda berinvestasi secara bertahap.

2. Perhatikan kurensi harga emas setiap saat

Ketika Anda memasuki dunia investasi online, memperhatikan kurensi harga emas dunia adalah keharusan. Hal ini bertujuan untuk memahami waktu yang tepat untuk menambahkan modal investasi emas Anda. Meskipun harga emas relatif terus naik, namun ada suatu waktu emas juga mengalami penurunan. Nah, manfaatkanlah waktu tersebut untuk mengembangkan investasi Anda.

3. Perhatikan Kredibilitas dan Legalitas Platform

Sangat penting untuk Anda dalam mempertimbangkan kredibiltas dan legalitas platform dimana Anda akan berinvestasi. Carilah platform yang telah dipercaya oleh banyak orang serta memiliki keamanan sistem yang tinggi untuk menghalau adanya cyber crime. Anda bisa menjajal fitur investasi emas yang disediakan Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain.

Demikianlah manfaat, syarat, keuntungan, dan tips mengenai investasi emas online. Perhatikanlah setiap detail informasi di atas untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Cara Investasi Emas Online dan Manfaatnya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!