Mengenal Bisnis Waralaba Indomaret dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Bisnis waralaba Indomaret adalah salah satu contoh waralaba di bidang minimarket yang memiliki prospek menjanjikan. Terlebih apabila Anda dapat memilih lokasi yang strategis sehingga pengunjung harian pun sangat banyak.

Untuk dapat mengikuti bisnis waralaba dengan Indomaret memang membutuhkan modal yang tak sedikit, namun keuntungan yang mungkin dihasilkan berbanding lurus dengan modal yang dikeluarkan. Tak heran banyak sekali pengusaha yang tertarik dengan jenis waralaba ini. Apabila Anda memiliki modal yang besar untuk usaha, tak ada salahnya mencoba waralaba Indomaret.

Keuntungan Waralaba Indomaret

Waralaba Indomaret

Waralaba Indomaret

Berbicara tentang bisnis waralaba Indomaret, tentu juga harus mengetahui keuntungan apa saja yang ditawarkan oleh bisnis waralaba minimarket yang satu ini. Hal ini tidak terlepas dari tujuan akhir para pengusaha yang ingin mendapatkan keuntungan besar kala memutuskan untuk terjun ke bisnis waralaba sekelas Indomaret. Setidaknya terdapat beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh, di antaranya adalah sebagai berikut:

Transformasi Pengetahuan dengan Potensi Pasar Luas

Keuntungan pertama yang dapat Anda peroleh saat bergabung dengan waralaba Indomaret adalah terdapat transformasi pengetahuan serta potensi pasar yang sangat luas. Dengan bergabung bersama waralaba Indomaret, maka Anda akan memperoleh banyak pengetahuan mengenai manajemen sistem bisnis toko modern dan sekaligus akan menempatkan Anda sebagai seorang pelaku bisnis yang sukses.

Tak hanya itu saja, potensi pasar yang dimiliki oleh Indomaret pun sudah diakui sangat besar dan luas. Hal ini karena sebelum benar-benar menentukan lokasi toko, pihak Indomaret akan melakukan rangkaian survey terlebih dahulu untuk menambah wawasan mengenai potensi pasar serta strategis atau tidaknya lokasi tersebut.

Brand yang Dikenal Masyarakat

Sebagai informasi, Indomaret adalah pionir ritel dunia minimarket yang paling besar di Indonesia. Setiap brand terkenal dengan harga terjangkau dapat Anda temui di sini. Hal ini juga akan mempengaruhi jaringan distribusi Indomaret yang diprediksi akan semakin meluas dalam beberapa tahun mendatang.

Manajemen yang Sudah Tertata

Keuntungan lain yang dapat Anda peroleh saat memilih bisnis waralaba Indomaret adalah manajemen yang sudah tertata rapi. Dengan begitu, Anda pun tak perlu kerepotan memikirkan memilih manajemen seperti apa yang cocok diaplikasikan pada Indomaret yang Anda jalankan. Pasalnya Indomaret melakukan beragam uji coba terhadap manajemen yang dijalankan sehingga dapat menemukan komposisi manajemen toko seperti apa yang sangat cocok untuk menghasilkan pendapatan yang besar.

Peluang Berkembang

Dalam hal ini, keuntungan yang dapat diperoleh oleh investor adalah setiap investor yang ingin bekerja sama dengan waralaba Indomaret dapat memiliki lebih dari 1 toko. Bagi Anda yang memang memiliki modal lebih, tak ada salahnya menjalankan dua atau lebih minimarket Indomaret yang memiliki tingkat persaingan dan manajemen yang sama-sama baiknya.

Minimalisasi Risiko

Pihak Indomaret akan membantu meminimalisir risiko yang dapat merugikan para investor. Oleh karena itulah, pihak Indomaret akan melakukan segala bentuk kegiatan berupa survey, pembukaan toko, memastikan kecepatan distribusi barang, hingga mengecek kelengkapan barang dagangan. Selain itu, dukungan managemen toko yang sangat baik akan dapat membantu Anda.

Persyaratan Kerjasama dengan Waralaba Indomaret

Setelah Anda mengetahui tentang keunggulan apa saja yang dapat Anda pertimbangkan dengan bekerjasama bersama bisnis waralaba Indomaret, kini saatnya Anda tahu persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk membuka waralaba minimarket yang satu ini.

  • Warga Negara Indonesia

Ini adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh semua calon investor yang ingin membuka Indomaret. Hal ini karena pihak Indomaret sendiri tak ingin waralaba mereka dikuasai oleh asing. Dengan kata lain, semua produk dan keuntungan dari Indomaret harus diperuntukkan oleh masyarakan Indonesia.

  • Menyediakan Lokasi Tempat Usaha

Bagi Anda yang ingin membuka toko baru Indomaret, hal yang perlu disediakan adalah lokasi tempat usaha. Untuk lokasi usaha ini dapat berupa tanah atas nama sendiri ataupun tanah kredit yang telah lunas dibayar. Hal ini karena pihak Indomaret tak ingin mendirikan toko pada tanah yang belum jelas kepemilikiannya untuk menghindari risiko yang mungkin akan muncul di tengah perjalanan toko. Adapun luas lokasi tanah yang diperuntukkan untuk Indomaret idealnya adalah seluas 120-200 meter persegi.

  • Memiliki Perlengkapan Perijinan

Selain menyediakan lahan, Anda juga harus memiliki berbagai kelengkapan perijinan untuk usaha. Di antara beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi adalah IMB (Ijin Mendirikan Bangunan), Ruang Usaha/Kios/Ruko, UUG (Undang-Undang Gangguan), SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) atas nama pendiri, dan PKP (Pengusaha Kena Pajak).

Selain syarat-syarat tersebut, Anda juga harus menyiapkan berbagai persyaratan lain terkait izin mendirikan Indomaret dari daerah ataupun pemerintah setempat.

  • Memiliki Modal Besar

Salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi saat ingin mendirikan bisnis waralaba Indomaret adalah memiliki modal besar. Seperti yang telah dijelaskan di atas, modal yang dibutuhkan pun tak sedikit. Setidaknya Anda membutuhkan modal sekitar 400 juta rupiah.

Tahapan Kerjasama dengan Waralaba Indomaret

Ada beberapa tahapan kerjasama dengan waralaba Indomaret yang tentunya juga harus Anda pahami. Tahapan-tahapan ini mencakup presentasi hingga pembukaan gerai Indomaret.

Presentasi Pertama

Tahapan yang pertama adalah presentasi terhadap waralaba minimarket. Dalam tahapan ini, agar presenstasi Anda dapat ditindak lanjuti serta berjalan efektif, maka setidaknya Anda telah menyiapkan berbagai usulan lokasi yang Anda miliki untuk gerai Indomaret.

Sangat disarankan pula bagi Anda untuk membawa beberapa dokumen pendukung seperti sertifikat bangunan (untuk ruko atau kios yang akan dijadikan sebagai bangunan Indomaret), IMB, KK, KTP, SIUP, TDP, PKP, dan NPWP. Setelah semua hal tersebut Anda siapkan, maka pihak Indomaret akan menjelaskan tentang bagaimana mekanisme kerja yang harus Anda sepakati, besaran nilai investasi, rincian keuntungan yang dapat diperoleh perbulan, hingga sistem operasional toko yang digunakan.

Presentasi Kedua

Pada langkah presentasi kedua, pihak Indomaret akan menjelaskan mengenai hasil kelayakan lokasi usaha serta RAB (Rencana Anggaran Belanja) yang nantinya menentukan besaran investasi yang dibutuhkan. Pada umumnya, saat memasuki presentasi kedua dan usulan Anda disetujui, maka akan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU atau Nota Kesepakatan yang di dalamnya terdapat butir pembagian tugas antara terwaralaba dan pihak Indomaret.

Dalam Nota Kesepakatan tersebut juga akan tercantum bagaimana tahap persiapan pembukaan toko mulai dari renovasi bangunan, pengurusan perijinan, seleksi, pembelian peralatan toko, training karyawan, hingga termin pembayaran.

Pembukaan Gerai Indomaret

Apabila semua persyaratan di atas terpenuhi dan penanda tanganan kontrak telah dilakukan, maka pihak Indomaret akan merealisasikan pendirian gerai Indomaret. Dari sinilah Anda memiliki kuasa terhadap segala bentuk keuntungan yang didapatkan serta bagaimana cara mengelola gerai Indomaret tersebut sesuai dengan kesepatakan yang tercantum dalam MoU.

Setidaknya itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang bisnis waralaba Indomaret sebagai salah satu bentuk minimarket yang paling populer di Indonesia hingga saat ini, semoga bermanfaat.

Mengenal Bisnis Waralaba Indomaret dan Persyaratan yang Dibutuhkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!