Cara Install WordPress Untuk Membuat Website Dengan WordPress

Cara install wordpress – WordPress adalah sebuah software open source yang dapat Anda install di akun hosting milik Anda sendiri. Biasanya webmaster menggunakan WordPress untuk membuat berbagai macam jenis website. Mulai dari membuat blog yang sederhana sampai dengan website e-commerce pasti membutuhkan wordpress. Saat ini memang wordpress telah menjadi salah satu CMS yang paling populer.

Jika Anda tertarik untuk membuat blog sendiri dengan menggunakan platform wordpress, cara install wordpress dalam rangka membuat website dengan wordpress berikut ini sangat penting Anda ketahui.

Cara Install WordPress

Cara Install WordPress Untuk Membuat Website Dengan WordPress

Cara Install WordPress

Anda yang akan membuat website dengan wordpress tentu perlu tahu bagaimana cara instal wordpress yang tepat. Sampai saat ini banyak pemilik wordpress yang menggunakan akun cPanel untuk maintenance wordpressnya. Karena itu kali ini kita akan belajar cara yang bisa digunakan untuk membuat WordPress di layanan hosting berbasis cPanel.

Untuk dapat menginstall wordpress secara manual di cPanel Anda perlu lakukan beberapa hal ini diantaranya :

Download file instalasi wordpress

Dalam membuat blog wordpress, melakukan penginstalan memang hal yang perlu dilakukan. Karena itu membuat blog dengan platform wordpress memang tidak semudah membuat blog dengan platform blogspot dimana kita tak perlu melakukan penginstalan bahkan tidak perlu membeli hosting karena sudah disediakan oleh google secara gratis. Anda perlu download dulu file instalasi wordpress kemudian simpan file arsip ZIP ke komputer Anda. File ini nantinya akan digunakan di langkah selanjutnya.

Upload wordpress dengan file manager

Cara install wordpress selanjutnya yang perlu Anda lakukan sehubungan dengan cara untuk mengupload file wordpress ke akun hosting. Salah satunya Anda bisa lakukan dengan menggunakan file manager pada cPanel dengan langkah sebagai berikut :

  • Akses cPanel kemudian Anda buka file manager.
  • Selanjutnya buka direktori pilih public_html kemudian klik tombol upload.
  • Selanjutnya Anda klik tombol select file dan pilih file arsip ZIP wordpress yang telah Anda download di langkah pada part pertama tadi.
  • Setelah proses upload selesai, bar status akan berubah warnanya menjadi hijau kemudian Anda klik go back to”/home/username/public_html”
  • Pilih file arsip.ZIP kemudian Anda klik saja tombol extract dan extract file untuk melanjutkan cara install wordpress ini.
  • Nantinya file wordpress akan berada dalam folder yang bernama wordpress. Jika Anda ingin mengakses blog Anda melalui http://yourdomain.com/wordpress maka Anda harus pindahkan dulu file wordpress Anda ke direktori public_html. Untuk melakukannya, akses folder wordpress kemudian pilih semua link dan klik tombol move.
  • Anda hapus wordpress dari alamat file yang ingin Anda pindahkan filenya kemudian klik tombol move file.
    Selanjutnya pilih folder wordpress dan file arsip.ZIP sembari Anda tekan tombol shift dan tekan tombol delete.

Membuat database MySQL

Ada dua cara yang dapat Anda terapkan dalam membuat database MySQL di cPanel. Anda bisa gunakan di bagian MySQL Databases atau gunakan MySQL database wizard. Langkah – langkah membuat database MySQL sebagai berikut :

  • Anda buka lebih dulu cPanel dan klik icon MySQL Database wizard.
  • Masukkan nama database MySQL Anda.
  • Pada langkah ini, Anda bisa masukkan username dan password. Ada baiknya Anda gunakan password generator dalam membuat password yang random agar lebih aman. Kalau sudah Anda bisa klik tombol create user.
  • Anda juga perlu memberikan hak akses ke user Anda kemudian pilih All Priviliges dan klik next step.
  • Setelah selesai sekarang database MySQL serta usernya telah selesai diciptakan.

Jalankan pemandu instalasi wordpress

Di bagian ini, nantinya seluruh file wordpress sudah harus diupload dan database MySQL juga sudah harus dibuat. Kemudian lanjutkan ke step selanjutnya dan mulai proses instalasi. Buka nama domain Anda di web browser kemudian ikuti langkah – langkah cara install wordpress dibawah ini :

  • Pilih bahasa kemudian klik tombol continue
  • Pada layar selanjutnya, nanti Anda akan diminta untuk mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi wordpress secara manual. Setelah itu klik tombol Let’s go karena semua yang dibutuhkan telah Anda siapkan.
  • Masukkan juga informasi database MySQL yang telah Anda buat di langkah 3 dan kemudian klik tombol submit.
  • WordPress nantinya akan memeriksa apakah informasi yang Anda cantumkan pada MySQL sudah benar atau belum. Klik Run and install.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda nanti akan diminta untuk memasukkan informasi detail tentang blog dan akun administrator Anda. Masukkan semua informasi yang dibutuhkan kemudian klik tombol install. Anda juga disarankan agar menggunakan email yang paling aktif karena email ini nantinya akan digunakan untuk melakukan reset password WordPress jika Anda kehilangan password.
  • Proses instalasi telah selesai Anda lakukan dan sukses setelah semua prosedur instalasinya Anda jalankan.

Mudah bukan untuk melakukan cara install wordpress seperti step by step yang kami bagikan? Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

cara membuat website dengan wordpress -

Cara Install WordPress Untuk Membuat Website Dengan WordPress | Abdul | 4.5
error: Content is protected !!