Cara Dapat Modal Usaha dari Bank dengan Bunga Minim

Cara dapat modal usaha dari bank dengan bunga minim – Permasalahan menjadi kompleks ketika seorang pebisnis tidak memiliki cukup modal untuk merintis usahanya. Mengajukan pinjaman usaha ke perusahaan finansial atau Bank cukup membebani karena suku bunga yang ditanggung kreditur relatif besar. Bagaimana sih cara dapat modal usaha dari bank dengan bunga minim? Solusi yang tepat adalah dengan mencoba program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang difasilitasi oleh beberapa bank milik pemerintah. Program tersebut diadakan agar pelaku UMKM terbantu. Lalu, bagaimana mekanisme untuk mendapatkan dana KUR? Simak ulasannya di bawah ini:

Kredit Usaha Rakyat Bank BTN

Kredit Usaha Rakyat Bank BTN

Bank Tata Negara (BTN) adalah salah bank milik pemerintah yang turut andil dalam program Kredit Usaha Rakyat. Mereka merencanakan program tersebut untuk menyuntikkan tambahan modal kepada penggiat usaha mikro, usaha kecil, dan pelaku usaha menengah.

Ada beberapa jenis kredit dengan nominal yang berbeda yang bisa Anda pilih. Nilai maksimal pembiayaan modal kerja yang disediakan bank BTN ialah Rp. 500 Juta untuk usaha kecil dan Rp.25 Juta untuk usaha mikro. Bahkan, untuk Lembaga linkage, disediakan dana maksimal 2 Milyar.

Suku bunga yang dibebankan untuk semua jenis kredit ialah sebesar 7% dengan perhitungan bunga efektif. Sedangkan jangka waktu pengembaliannya cukup fleksibel, yakni maksimal 3-5 tahun dan bisa diperpanjang hingga 4-7 tahun.

Persyaratan umum yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan KUR ialah Anda harus melaksanakan kegiata usaha selama minimal 6 bulan. Anda tidak boleh sedang atau akan mengikuti program yang sama di Bank lain dan juga tidak memiliki kredit lain, usia 21 tahun keatas, memiliki KTP dan NPWP. Selain itu, pastikan usaha yang Anda kelola bukan anak usaha dari perusahaan induk.

Persyaratan khusus untuk tiap jenis kredit berbeda-beda. Bagi pelaku usaha menengah yang ingin mendapatkan pinjaman KUR, Anda tidak boleh memiliki kekayaan bersih kurang dari Rp. 500 Juta. Lalu, pendapatan usaha Anda pertahun maksimal Rp. 2,5 sampai 50 Miliar.

Sedangkan untuk pelaku usaha kecil, penghasilan penjualan maksimal menyentuh angka Rp. 300 Juta sampai 2,5 Miliar. Untuk kekayaan bersih tanpa menghitung tanah dan tempat usaha bernilai Rp. 50-500 Juta. Di sisilain, penggiat usaha mikro bisa mendapatkan pembiayaan modal jika ia memiliki kekayaan bersih sebanyak Rp. 50 Juta dan penjualan usaha pertahun maksimal Rp. 300 Juta.

Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri

Selain bank BTN, Anda juga bisa mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank Mandiri. Sasaran utama program tersebut ialah pelaku UMKMK yang feasible namun belum bankable. Hal tersebut bertujuan agar memotivasi masyarkat untuk membangun usaha yang produktif sehingga mampu menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Mengajukan pembiayaan modal kerja di bank Mandiri cukup efisien. Proses administrasi mudan dan cepat serta suku bunga yang diberikan cukup ringan. Hanya 7% bunga efektif pertahun dengan tenor pengembalian 3 sampai 5 tahun. Sedangkan biaya administrasinya sendiri ialah 0.25% dan biaya provis 0,75% dari nilai kredit.

Ada 4 jenis kredit usaha rakyat yang disediakan bank Mandiri. Yang pertama adalah KUR mikro dengan batas maksimal kredit Rp. 25 Juta tenor 2 tahun. Kemudian, ada KUR Ritel dengan limit kredit 25 Juta hingga Rp. 200 Juta dan tenor pengembalian 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

Selanjutnya, TKI juga bisa mengajukan KUR dengan nominal kredit paling banyak Rp. 25 Juta dan waktu pengembalian maksimal 1 tahun. Ada juga jenis KUR khusus yang ditujukan kepada mereka yang mengelola cluster dan menggunakan kerja sama usaha dalam bidang perikanan, perkebunan, dan peternakan rakyat.

Persyaratan program KUR dari bank Mandiri lebih fleksible daripada bank BTN yang mensyaratkan adanya jumlah minimal kekayaan dan pendapatan penjualan usaha Anda. Anda hanya perlu memiliki usaha yang produktif dan telah berjalan selama minimal 6 bulan. Sedangkan persyaratan dokumen yang harus dilampirkan sama dengan bank BTN.

Kredit Usaha Rakyat Bank BRI

Bank BRI adalah salah satu bank dengan nasabah terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengajukan KUR di bank BRI. Seperti halnya bank Mandiri, target utama program pembiayaan modal kerja dari bank BRI adalah pelaku usaha mikro dan ritel yang produktif tetapi sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Ada juga KUR TKI yang diberikan kepada calon TKI untuk membiayai keberangkatan ke negara tujuan.

Limit kredit maksimal untuk jenis KUR Mikro ialah sebesar Rp. 25 Juta. jangka waktu pengembalian untuk kredit modal kerja maksimal 3 tahun dan kredit investasi 5 tahun. Bagi pengusaha ritel, Anda bisa mendapatkan modal kerja minimal Rp. 25 Juta hingga Rp. 500 Juta dengan tenor 5 tahun. Sedangkan, kredit maksimal TKI adalah Rp. 25 Juta untuk penempatan Hongkong, Taiwan, Brunei, Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. Tenor pengembalian maksimal 3 tahun atau sesuai kontrak kerja.

Yang paling menarik, Anda tidak perlu membayar biaya administrasi dan biaya provisi sehingga KUR dari bank BRI sangat direkomendasikan. Bunga yang ditetapkan untuk semua jenis kredit hanya 0.41% dengan perhitungan bunga flat.

Itulah cara dapat modal usaha dari bank dengan bunga minim. Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 3 bank besar milik pemerintah tersebut menjadi solusi terbaik.

 

 

Cara Dapat Modal Usaha dari Bank dengan Bunga Minim | Malik | 4.5
error: Content is protected !!