Cara Dan Langkah – Langkah Membuat Blog Untuk Pemula

Langkah – langkah membuat blog – Cara membuat blog baru memang tidak mudah akan tetapi juga tidak sulit jika Anda selalu mempelajarinya. Yang paling penting dalam membuat blog baru adalah belajar dan ketekunan dalam merawatnya.

Sejatinya ada beberapa platform yang dapat dijadikan pilihan bagi Anda para blogger pemula yaitu Anda bisa gunakan platform wordpress atau blogspot. Tentu masing – masing punya keunggulan sendiri – sendiri dan memiliki kelemahan juga. Tetapi kali ini kita tidak akan membahas itu melainkan kita akan belajar langkah – langkah membuat blog bagi pemula. Mari kita belajar dan cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Langkah – Langkah Membuat Blog

Cara Dan Langkah – Langkah Membuat Blog Untuk Pemula

Langkah – Langkah Membuat Blog

Ada beberapa tahapan cara membuat blog untuk pemula yang penting Anda pelajari. Berikut langkah – langkah membuat blog bagi pemula yang harus dilakukan diantaranya :

Pilih platform blog yang tepat

Ini adalah proses yang harus dilewati setelah kita menentukan topik blog. Ada beberapa pilihan platform blog yang dapat menjadi pilihan Anda diantaranya blogspot, wordpress.com dan wordpress.org. Sebenarnya ada banyak platform blog yang lain akan tetapi platform tersebutlah yang paling populer diantara yang lain dan paling banyak digunakan. Blog yang Anda gunakan memiliki dua sebutan yaitu hosted dan self hosted. Hosting ibarat sebuah rumah. Jika disebut hosted itu artinya Anda menumpang tempat untuk menayangkan konten Anda sementara blog dengan self hosted artinya blog pribadi dan Anda memiliki rumah pribadi untuk menayangkan konten Anda.

Jika menggunakan self hosted, instalasi blog dengan platform wordpress

Setelah langkah pertama tadi, langkah – langkah membuat blog yang selanjutnya adalah arahkan domain ke hosting. Klik domain name server setup kemudian masukkan name server yang Anda dapatkan dari hosting dan klik save.

Kemudian selanjutnya lakukan cara menginstal wordpress. Setelah membeli hosting, Anda akan dikirimkan email berupa link alamat cPanel beserta username dan passwordnya. Masukkan username dan password yang diberikan kemudian ganti passwordnya sesuai dengan selera Anda atau biarkan asal Anda ingat. Kemudian nanti Anda akan diberikan link menuju dashboard instalasi dan setelah semuanya dilakukan Anda sudah berhasil menginstal wordpressnya.

Masuk ke dashboard wordpress

Sehubungan dengan cara membuat web dengan wordpress, Anda harus masuk ke dashboard wordpress. Masukkan username dan password yang sudah Anda daftarkan tadi. Nantinya Anda bisa mengubah pengaturan blog, mengganti tampilan, menambah plugin dengan plugin terbaik wordpress, melakukan moderasi komentar dan yang lain – lainnya. Selanjutnya ganti nama dan tagline blog, Anda bisa menuju ke Settings kemudian pilih General. Di pengaturan Settings nantinya Anda juga bisa temukan pengaturan lain seperti permalink dan juga jumlah post yang akan ditampilkan di homepage website Anda nantinya.

Ubah tema wordpress

Dalam langkah ini selain Anda perlu menerapkan cara menambahkan widget di wordpress Anda juga bisa mengubah tema wordpress. Anda bisa ubah tampilan blog di wordpress Anda sesuai dengan selera Anda. Untuk menambah tema baru, klik saja tombol Add new kemudian untuk mengupload tema baru, Anda bisa klik upload theme.

Tambah plugin wordpress

Plugin adalah salah satu alasan mengapa wordpress banyak dipilih. Dengan mengandalkan bantuan plugin plugin untuk wordpress, Anda bisa tambahkan fitur – fitur sesuai yang Anda inginkan tanpa Anda perlu paham dengan bahasa pemrograman. Ada banyak plugin terbaik wordpress yang akan membantu Anda. Untuk bisa melihat plugin yang sudah terinstall, klik Plugins > Installed Plugins. Sementara untuk menambah plugin baru klik Plugins > add new. Jika Anda ingin upload plugin klik upload plugin.

Ada beberapa plugin wordpress yang wajib di install dan Anda aktifkan diantaranya :

  • Yoast SEO : plugin ini untuk memudahkan urusan SEO
  • UpdraftPlus : melakukan back up data blog secara otomatis
  • Akismet : filter komentar spam
  • iThemesSecurity : meningkatkan keamanan blog Anda
  • Dan Sisanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda

Tulis artikel yang menarik

Langkah – langkah membuat blog selanjutnya yang juga penting adalah bagaimana Anda bisa membuat sebuah artikel yang menarik untuk isi blog Anda. Anda perlu siapkan tema artikel Anda kemudian buat judul artikel yang menarik. Setelah itu Anda harus paham cara membuat artikel yang menarik agar pengunjung bisa tetap setia dengan blog Anda. Satu hal yang Anda harus tahu bahwa walau Anda punya nilai 100 dalam pelajaran bahasa Indonesia akan tetapi Anda belum tahu bagaimana cara membuat artikel yang baik dan menarik minat pengunjung untuk membacanya maka itu artinya Anda masih gagal.

Promosi konten yang telah Anda buat

Jika Anda telah belajar cara menulis artikel yang baik selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah lakukan promosi konten. Melakukan promosi konten tentu tidak sama dengan melakukan cara memasarkan produk online. Pemasarannya tidak dilakukan secara langsung melainkan dengan alat yang sering kita kenal dengan SEO. Anda bisa belajar SEO google untuk melakukannya. Selain itu Anda juga bisa melakukan backlink sebagai salah satu cara meningkatkan trafic blog Anda karena memang tujuan membuat sebuah blog yang berkualitas sebelum mendapatkan penghasilan adalah meningkatkan trafic blog.

Tingkatkan pengunjung tersebut

Meningkatkan pengunjung adalah hal yang penting karena pengunjung tidak akan datang ke web Anda begitu saja. Karena itu hal yang Anda harus pelajari salah satunya adalah belajar meningkatkan traffic blog. Beberapa hal yang penting dilakukan adalah membuat konten yang menarik, mencari backlink yang berkualitas serta juga jangan lupa Anda selalu update konten secara teratur agar pengunjung meningkat dan tidak bisa lari dari web Anda. Setelah pengunjung meningkat, selanjutnya baru Anda bisa iklankan blog Anda dan mendapatkan penghasilan dari blog yang Anda buat tersebut. Itulah keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan.

Demikian cara dan langkah – langkah membuat blog untuk pemula yang penting Anda terapkan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Cara Dan Langkah – Langkah Membuat Blog Untuk Pemula | Abdul | 4.5
error: Content is protected !!