Cara Budidaya Azolla di Ember Paling Mudah

Cara budidaya azolla di ember sebetulnya tidak sesulit yang anda bayangkan. Budidaya untuk tanaman berjenis paku air ini tentu belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Namun, manfaat yang bisa didapatkan dari budidaya tanaman ini cukup banyak. Salah satunya adalah sebagai pakan unggas, ikan, dan bisa dijadikan pula sebagai pupuk. Para petani banyak pula yang mencari pakan jenis Azolla ini karena manfaat protein yang terkandung didalamnya cukup banyak.

Panduan Budidaya Rumput Azolla

Cara budidaya azolla di ember

Cara budidaya azolla di ember

Penasaran dengan bagaimana panduan untuk melakukan budidaya Azolla ini? Media yang digunakan juga cukup sederhana, yaitu hanya dengan menggunakan ember saja. Selengkapnya bisa anda baca pada penjelasan berikut ini:

  • Tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan terlebih dahulu tempat atau lokasi untuk melakukan budidaya rumput Azolla ini.
  • Apabila anda menggunakan ember atau sejenisnya, maka pastikan bahwa lokasi yang digunakan untuk pembudidayaan adalah yang mendapatkan sinar pencahayaan matahari secara langsung.
  • Bibit tanaman paku air tersebut bisa anda peroleh dari segala bentuk. Bisa didapatkan langsung dari spora ataupun bibit langsung. Serta bisa juga diperoleh dari rumput Azolla.
  • Anda juga harus menggunakan tanah yang berasal dari area persawaan. Hal ini dikarenakan tanah di area persawahan merupakan habitat asli dari tananam jenis yang satu ini.
  • Pastikan untuk menjaga tekstur tanah yang digunakan supaya tetap berlumpur. Kenapa? Karena tanaman yang satu ini sangat suka dengan media yang berlumpur.

Proses Penumbuhan Bibit Rumput Azolla

Setelah melakukan tahap pertama cara budidaya azolla di ember di atas, anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, yaitu proses penumbuhan bibit rumput Azolla itu sendiri. Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu menggunakan bibit dan spora. Kemudian, prosesnya bisa dilakukan secara vegetatif dan generatif.

  1. VEGETATIF:

Untuk proses yang dilakukan secara vegetatif, anda bisa melihat bahwa tahapan yang bisa dilakukan untuk menerapkan semuanya adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan terlebih dahulu bak plastik yang sudah diisi dengan tanah di bagian bawah, dan genangan air di bagian atasnya.
  • Kemudian, pakai pupuk SP 36, dan campurkan ke dalam air tersebut. Pupuk lain yang juga bisa anda gunakan adalah pupuk kandang.
  • Tebarkan bibit rumput Azolla tersebut secara merata ke dalam media yang digunakan.
  • Pastikan untuk menjaga ketinggian air supaya tidak terlalu berlebihan.
  • Proses panen bisa dilakukan setelah menunggu selama kurang lebih 15 hari lamanya. Anda sudah bias memanen seperempat atau sepertiga Azolla di media yang digunakan tersebut.
  1. GENERATIF:

Cara budidaya azolla di ember yang selanjutnya adalah secara Generatif. Untuk proses dan cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Anda harus menyiapkan indukan yang mengandung spora dari rumput Azolla itu sendiri. Azolla yang sudah tua biasanya akan mengandung butiran spora ini.
  • Siapkan wadah ember yang akan digunakan sebagai budidaya Azolla ini. Kemudian isi dengan tanah dan genangi dengan air.
  • Lalu tambahkan pupuk kandang atau SP 36 seperti biasanya.’
  • Setelah itu, pastikan untuk menaburkan bagian spora dari rumput Azolla tersebut di permukaan ember yang disedfiakan itu sendiri. Anda bisa menerapkannya dengan cara meremas daun Azolla yang digunakan. Spora pun nantinya akan menyebar dengan sendirinya dan kapsul sporanya juga akan pecah dan tumbuh lebih maksimal.
  • Pastikan bahwa wadah yang digunakan tersebut diletakan di tempat yang langsung terkena sinar matahari untuk mempercepat pertumbuhannya.
  • Spora tersebut nantinya akan mulai berkecambah pada minggu pertama. Biarkan sampai 14 hari ke depan. Setelah itu, anda bias melakukan teknik perbanyakan kembali dari cara semula.

Poin Penting Dalam Budidaya Azolla

Dari gambaran cara budidaya azolla di ember di atas, tentu saja ada beberapa poin penting yang juga sebaiknya anda perhatikan secara detail dalam pross pembudidayaan tanaman yang satu ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa media yang digunakan ini diletakan di tempat yang strategis atau dekat dengan matahari agar pertumbuhan yang dilakukan oleh tanaman ini menjadi lebih optimal dan juga maksimal.
  2. Pastikan genangan air yang ada pada kolam tidak terlalu tinggi supaya rumput Azolla ini bisa hidup dan berkembang biak dengan baik.
  3. Untuk tahap awalnya, pastikan bahwa pupuk yang digunakan adalah pupuk Urea. Tapi ingat, itu hanya untuk tahap awalnya saja. Untuk selanjutnya tidak disarankan menggunakan pupuk urea lagi.
  4. Gunakan pupuk kandang sebagai ganti pupuk urea. Tapi ingat, anda tidak diperkenankan menggunakan pupuk yang terlalu bau karena ini bisa berpotensi membunuh rumput Azolla yang anda tanam.

Selamat mengaplikasikan cara budidaya azolla di ember dan semoga berhasil.

Cara Budidaya Azolla di Ember Paling Mudah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!