Cara Berjualan di Shopee dan Bukalapak untuk Pemula

Cara berjualan di Shopee dan Bukalapak – Seiring dengan perkembangan teknologi internet, mayoritas orang mengalami perubahan dalam perilaku, salah satunya adalah berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari. Jika beberapa tahun lalu orang-orang harus pergi ke toko ataupun mall ketika ingin membeli barang, maka saat ini mereka dimudahkan dengan munculnya toko-toko online yang siap sedia dalam menawarkan semua barang kebutuhan masyarakat. Contoh toko online yang cukup terkenal adalah Shopee dan Bukalapak.

Sebagai toko online yang memiliki nama besar dan mampu bersaing dengan toko online lainnya, baik Shopee maupun Bukalapak menyediakan berbagai hal yang dapat dibeli oleh pengunjung. Tak hanya itu saja, dua toko online ini juga memberikan kemudahan pada para pelanggan yang ingin membuka toko online pada website tersebut.

Hanya saja, tak banyak orang yang tahu bagaimana cara berjualan di Shopee dan Bukalapak. Padahal peluang mendapatkan keuntungan berlipat ganda dapat diperoleh para pemilik toko jika mampu memasarkan barang atau produk mereka dengan baik di Shopee ataupun Bukalapak. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan diulas langkah demi langkah untuk Anda yang ingin berjualan di Shopee dan Bukalapak. Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Cara Berjualan di Shopee

Shopee

Shopee

Bagi Anda yang masih baru pertama kali menggunakan aplikasi atau mengunjungi situs Shopee, tak perlu khawatir karena toko online ini memiliki user interface atau tampilan yang mudah dipahami oleh para pengunjung, baik sebagai pembeli atau penjual. Tak heran apabila Shopee memiliki jumlah pengunjung di atas rata-rata jika dibandingkan dengan toko online sejenis. Untuk memulai berjualan di Shopee, langkah apa saja yang harus dipersiapkan?

  1. Buka situs Shopee dari web browser di alamat www.shopee.co.id atau dengan cara download aplikasinya melalui Google Play Store.
  2. Apabila Anda telah memiliki akun, Anda dapat langsung log in pada akun Shopee. Sedangkan untuk Anda yang belum terdaftar, maka klik pilihan ‘daftar’ dan isikan semua informasi yang dibutuhkan terkait data diri Anda.
  3. Jika sudah, tambahkan barang atau produk yang ingin Anda jual dengan cara mengklik icon ‘+’ yang letaknya berada di bagian kanan bawah untuk aplikasi Android. Sedangkan untuk web browser, letak tombol tersebut berada di bagian kanan atas.
  4. Setelah melakukan langkah di atas, maka Anda akan dialihkan pada sebuah halaman berupa form penjualan jenis produk. Di sini, Anda dapat menambahkan foto produk tersebut. Klik upload dan tunggu hingga selesai.
  5. Selanjutnya, tambahkan pula keterangan berupa nama barang, harga, hingga deskripsi lengkapnya. Sekedar informasi, Anda juga dapat menambahkan hastag yang nantinya akan memudahkan calon pembeli dalam mencari produk yang Anda jual. Cantumkan pula tanggal kadaluarkan jika Anda menjual produk berupa makanan atau minuman.
  6. Pilih kategori yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Pemilihan kategori yang tak sesuai akan memberikan pengaruh besar terhadap kemungkinan calon pembeli dalam menemukan produk Anda.
  7. Setelah semua langkah tersebut selesai, maka Anda dapat menyimpan dengan cara mengklik tombol centang atau tulisan ‘OK’.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan saat pertama kali berjualan di Shopee. Selain langkah-langkah di atas, terdapat beberapa tips lain yang dapat Anda aplikasikan dalam cara berjualan di Shopee dan Bukalapak. Tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Lakukan Pengaturan pada Toko Shopee Anda

Menu pengaturan dapat Anda temukan di menu akun Anda. Pada menu pengaturan, centang bagian ‘Izinkan Penawaran Harga’ dan ‘Izinkan Pembeli utk Menelepon Anda’. Hal ini bertujuan agar pembeli dapat dengan mudah menghubungi Anda sekaligus mendapatkan kepuasan dalam membeli barang-barang yang terdapat di toko Shopee Anda.

  • Mengedit Fitur Auto Reply Chat

Tips kedua, edit ‘auto reply chat’ agar pembeli yang mengirimkan pesan pada toko Shopee Anda dapat langsung dilayani dengan membalas chat mereka. Hal ini akan sangat membantu dalam menumbuhkan kepercayaan calon pembeli pada Anda.

  • Memasukkan Nomor Rekening Pembayaran Produk

Tips lain yang tak boleh dilewatkan adalah memasukkan nomor rekening Anda. Nomor rekening tersebut akan dijadikan tujuan transfer jika barang yang Anda jual sudah sampai di tangan pembeli. Dalam hal ini, Anda dapat menambahkan nomor rekening pribadi dengan cara mengklik tombol ‘Tambahkan Rekening Baru’

Sekedar informasi, semua uang transaksi yang dikirimkan oleh pembeli tidak akan langsung masuk pada rekening Anda. Uang tersebut akan tersimpan pada dompe Shopee dan dapat diambil kapan saja. Meski demikian, Shopee secara otomatis juga akan mentransfer uang Anda pada rekening di hari Senin, Rabu, dan Jum’at. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi khawatir apabila lupa untuk melakukan penarikan.

Cara Berjualan di Bukalapak

Bukalapak

Bukalapak

Setelah mengetahui bagaimana cara berjualan di Shopee, kini saatnya mengulas tentang langkah-langkah berjualan di Bukalapak. Untuk cara berjualan di Shopee dan Bukalapak sebenarnya tidak terlalu berbeda. Anda pun harus mengikuti langkah atau tahapan di atas secara bertahap dari membuat akun hingga dapat menjual barang Anda. Berikut penjelasannya:

  1. Pertama, buatlah akun Bukalapak pada situs www.bukalapak.com terlebih dahulu. Jika Anda sudah punya akun, silahkan langsung log in. Sedangkan untuk Anda yang baru pertama kali mengakses Bukalapak, silahkan klik ‘daftar’ dan isi semua form pendaftaran yang dibutuhkan.
  2. Kedua, pilih nama toko yang ingin digunakan.
  3. Ketiga, pada bagian kanan atas halaman, pilih menu ‘Jual Barang’. Di sana Anda dapat mengupload foto produk serta semua hal yang terkait dengan barang yang ingin dijual. Seperti halnya berjualan di Shopee, pada Bukalapak Anda juga harus mengisi keterangan atau deskripsi sedetail mungkin agar calon pembeli lebih yakin terhadap toko Bukalapak Anda.
  4. Langkah terakhir, klik tanda centang atau dengan memilih ‘OK’. Dengan begitu, produk yang ingin Anda jual sudah dapat diakses oleh calon pembeli.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, pada toko online Bukalapak, terdapat 5 status pengiriman terhadap barang-barang pesanan. Pertama adalah menunggu, yakni pembeli memesan sebuah barang namun belum membayarnya. Kedua adalah dibayar, yakni pembeli telah membayar barang pada pihak Bukalapak sehingga penjual sudah dapat mengirimkan barang tersebut pada pembeli. Ketiga adalah status pengiriman dikirim yang menunjukkan bahwa produk sudah dalam proses pengiriman pada pembeli. Keempat adalah diterima, yakni barang telah diterima oleh pembeli sehingga pihak saldo yang ada di pihak Bukalapak dapat diambil oleh penjual. Dan yang terakhir adalah selesai, yaitu pemberitahuan bahwa uang sudah masuk ke rekening penjual.

Itulah sedikit ulasan tentang cara berjualan di Shopee dan Bukalapak. Sekedar informasi, saat berjualan di toko online, pastikan Anda memberikan respon cepat pada calon pembeli yang bertanya tentang produk. Selain itu, pastikan produk yang Anda kirimkan sesuai dengan foto serta deskripsi pada toko online. Dengan begitu, maka kepercayaan pembeli pada toko online Anda, baik di Bukalapak ataupun Shopee dapat menjadi lebih baik. Semoga ulasan tentang cara berjualan di Shopee dan Bukalapak di atas bermanfaat bagi Anda.

 

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

cara berjualan di bukalapak untuk pemula -Panduan bagi pemula jualan dibuka lapak/shope -cara agar tetap bisa berjualan di shopee meski tidak memiliki rekening -

Cara Berjualan di Shopee dan Bukalapak untuk Pemula | Malik | 4.5
error: Content is protected !!