Analisa Peluang Usaha Catering dan Estimasi Pendapatannya

Peluang usaha catering – Aneka jenis makanan menjadi usaha yang menjanjikan dan banyak digeluti oleh kalangan khususnya wanita. Selama masyarakat membutuhkan makanan maka selama itu pula bisnis tersebut akan ada. Bisnis makanan yang bisa digeluti karena memiliki prospek yang bagus adalah catering.  Bisnis ini bisa dimulai dengan skala rumahan, barulah jika sudah bisa berkembang dengan baik bisnis ini akan bisa berkembang lebih cepat dan pesat.

Untuk bisa menggeluti bisnis ini Anda harus bisa memiliki strategi yang bagus, selain itu Anda juga dituntut untuk memiliki stamina yang ekstra, bekerja di bawah tekanan, mampu berkomunikasi dengan klien secara baik, dan tentunya adalah Anda memiliki kemampuan memasak yang tinggi. Menguasai resep dan aneka olahan masakan wajib dimiliki bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis catering.

Prospek dan Peluang Usaha Catering

Peluang Usaha Catering

Di tahun 2019 maupun di tahun mendatang peluang usaha catering akan tetap menggiurkan. Alasannya adalah permintaan akan selalu meningkat dari waktu ke waktu. Yang membuat bisnis catering memiliki prospek yang bagus adalah dalam berbagai macam acara catering atau makanan ini selalu dibutuhkan. Tidak hanya untuk dikonsumsi pribadi namun juga untuk acara tertentu seperti acara di sekolah, nikahan, syukuran, dan acara-acara lainnya.

Yang membuat peluang usaha catering tetap laris manis di tahun 2019 selanjutnya adalah kepraktisan. Saat ini banyak orang yang bekerja di luar rumah sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk memasak dan menyiapkan berbagai macam menu makanan. Untuk jumlah porsi yang besar pun dibutuhkan tenaga tambahan untuk membantu proses memasak, sayangnya karena banyak yang sibuk mengumpulkan tenaga untuk membantu memasak ini susah sehingga banyak yang lebih memilih menggunakan jasa catering dan menerima masakan jadi.

Alasan terakhir mengapa peluang usaha catering ini tetap menggiurkan dan menarik untuk digeluti adalah tidak semua orang memiliki skill dan kemampuan memasak yang bagus terutama porsi besar. Memasak porsi besar ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan porsi kecil dimana hambatan yang sering dialami ketika memasak menu dalam porsi besar adalah rasa yang kurang pas akibat kekurangan bumbu, keasinan, hambar, dan lain sebagainya. Selain itu timing memasak sering kurang pas dimana makanan belum siap saat acara sudah hampir dimulai. Beberapa alasan itulah yang menyebabkan masyarakat lebih memilih mempercayakan makanan dan suguhannya kepada pihak catering.

Hambatan

Meski peluang usaha catering di tahun 2019 ini tetap prospektif dan menggiurkan namun tetap saja ada hambatan yang harus Anda perhatikan dengan baik. Yang namanya bisnis pasti ada hambatannya masing-masing begitu pula dengan bisnis catering ini. Hambatan yang pertama berasal dari kompetitor. Kompetitor bisnis catering sangat banyak dan membuat persaingan ketat, dibutuhkan strategi yang tepat agar bisa bersaing dengan kompetitor tersebut. Strategi yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi kompetitor itu adalah memberikan menu yang variatif dan harga kompetitif.

Hambatan selanjutnya adalah harga bahan baku masakan yang bisa naik dan meroket pada saat acara tertentu. Tidak hanya itu saja bumbu masak pun bisa meroket dan melambung tinggi padahal bumbu ini berpengaruh terhadap cita rasa masakan. Mengurangi bumbu hanya akan membuat cita rasa masakan menjadi kurang lezat. Yang terakhir adalah menjaga kualitas makanan. Hambatan ini sering dialami oleh pebisnis catering pemula dimana cita rasa masakan yang di produksinya sering berubah-ubah.

Modal dan Biaya Operasional

uang muka

Biaya operasional

Tidak hanya peluang bisnis catering ini saja yang harus diperhatikan namun modal dan biaya operasionalnya pun juga harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai bisnis yang akan dijalankan ini tidak sesuai dengan rencana dikarenakan kekurangan modal. Anda membutuhkan modal kurang lebih 10 juta rupiah untuk membeli peralatan seperti tempat makanan dari stainless, kompor dan gas khusus untuk partai besar, peralatan masak, spanduk, meja, dan lain sebagainya.

Untuk biaya operasionalnya ini Anda harus mengeluarkan biaya lebih besar dibandingkan dengan modal awal karena semakin banyak pesanannya maka semakin besar biaya operasional terutama untuk pembelian bahan baku. Dalam sebulan Anda bisa mengeluarkan biaya operasional 15 juta rupiah dimana biaya tersebut digunakan untuk bahan baku, biaya gas, biaya listrik, biaya tenaga memasak dan pramusaji, dan lain sebagainya.

Keuntungan

Analisa keuntungan usaha dari bisnis catering sangat menarik untuk diketahui, karena keuntungannya lumayan besar. Terutama untuk catering acara pernikahan. Misalnya saja adalah dalam satu minggu Anda mendapatkan booking atau pesanan catering 3 kali dengan pesanan 400 porsi, dimana untuk harga per porsinya 12 ribu rupiah, maka dalam satu kali pesanan Anda mendapatkan penghasilan  4,8 juta, dalam satu minggu Anda mendapatkan penghasilan 14,4 juta rupiah. Jika Anda bisa mempertahankan performa dalam satu bulan Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar 57,6 juta rupiah. Dengan keuntungan ini Anda sudah bisa mengembalikan modal awal dan juga operasional.

Bisnis catering akan semakin laris jika reputasi bisnis Anda bagus, selain itu jangan lupa untuk melakukan branding agar bisnis Anda semakin terkenal. Semoga informasi tentang peluang usaha catering dan informasi lainnya di atas bermanfaat bagi Anda.

Analisa Peluang Usaha Catering dan Estimasi Pendapatannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!