7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

Alasan mengapa bisnis Anda harus go online – Go online, saat ini tagline tersebut banyak disemarakkan dan di agung-agungkan. Seperti yang diketahui bahwa bisnis online saat ini merajai pasar. Hampir semua perusahaan akan memiliki website untuk bertransaksi atau memperkenalkan bisnis mereka ke masyarakat yang luas. Dengan tagline go online banyak yang kemudian beramai-ramai mengubah bisnisnya dari offline menjadi online.

 Alasan mengapa bisnis Anda harus go online

Alasan mengapa bisnis Anda harus go online

Lalu apa itu yang disebut dengan go online tersebut? Go online bisa diartikan sebagai mengembangkan bisnis yang sebelumnya secara offline atau menggunakan toko fisik kemudian berubah ke sistem penjualan online melalui toko online yang disebut dengan e-commerce. Bagi yang belum go online dan belum memiliki toko online sebaiknya Anda tahu apa saja yang menjadi alasan mengapa bisnis Anda harus go online seperti berikut ini:

Peningkat Citra Perusahaan

Alasan mengapa bisnis Anda harus go online yang pertama adalah peningkat citra perusahaan. Tanpa adanya website, blog, atau media online, pelanggan dan klien akan mempertanyakan kredibilitas bisnis Anda. Pasalnya saat ini perusahaan dari berbagai industri akan melebarkan sayap ke dunia digital sehingga bagi yang tidak bisa mengikuti perkembangan dunia digital ini perlu dinyatakan kemampuan dan juga eksistensinya.

Bisa Diakses 24 Jam

Alasan selanjutnya adalah bisnis Anda akan bisa diakses selama 24 jam. Jika bisnis Anda hanya offline tentu bisnis Anda tersebut tidak bisa di akses setiap saat. Misalnya saja adalah bisnis restoran, supermarket, mall yang mana hanya bisa di akses pada waktu tertentu. Untuk bisnis online akan bisa dijalankan selama 24 jam penuh tanpa ada batasan waktu. Pelanggan dan juga calon prospek ini akan bisa mendapatkan informasi tentang produk atau jasa Anda dalam melakukan transaksi kapan pun bahkan di hari libur bisnis Anda juga akan bisa berjalan dengan maksimal.

Biaya Tidak Terlalu Besar

Membangun bisnis online tidak mengeluarkan biaya besar. Sebelum Anda mengembangkan bisnis secara offline ada baiknya jika Anda membangun bisnis online terlebih dahulu. Bisa dibayangkan jika bisnis Anda dimulai dengan cara offline berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli peralatan bisnis, berapa biaya untuk membangun sebuah kantor atau toko fisik, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa tempat. Bagi pebisnis pemula sangat disarankan sekali untuk memulainya dengan cara online karena modal yang terbatas. Sebagai modal go online Anda bisa menciptakan website profesional dengan domain  mudah di ingat dan ekstensi domain berakhiran .com yang mana artinya adalah commercial.  Anda juga harus menggunakan jasa web developer untuk membuat website Anda semakin profesional.

CS yang Maksimal

Jaringan internet saat ini tidak terbatas membuat banyak orang bisa mengakses informasi yang dibutuhkan dalam waktu singkat. Dengan internet tersebut Anda juga akan bisa melayani pelanggan dengan baik secara langsung menggunakan chat bot. Dengan pelayanan yang fast response tersebut akan membuat performa bisnis Anda meningkat. Selain meningkatkan pelayanan CS hal yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki website seperti calon konsumen dan target akan mudah membaca spesifikasi produk, mengetahui promo tertentu yang Anda selenggarakan, mempelajari perusahaan Anda dan lain sebagainya. Pada dasarnya dengan mengakses informasi yang dibutuhkan tersebut konsumen akan mudah mendapatkan berbagai macam informasi produk yang dibutuhkannya.

Mudah Mengembangkan Bisnis

Alasan lain mengapa bisnis Anda harus go online adalah mampu mengembangkan bisnis Anda lebih baik lagi. Kehadiran toko online akan memudahkan Anda dalam menerima transaksi dan juga pembayaran, selain itu toko online akan memungkinkan bisnis Anda terkenal di semua wilayah tidak hanya terbatas pada wilayah tertentu saja. Tugas Anda adalah mencapai tujuan bisnis online dan memastikan bahwa traffic website dan peringkat website tersebut meningkat.

Fleksibel

Fleksibilitas menjadi hal yang banyak dicari oleh pebisnis dalam menjalankan bisnisnya secara online. Dengan cara online pebisnis bisa bekerja dimana saja selama memiliki perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Penekan Biaya Operasional

Alasan mengapa bisnis Anda harus go online terakhir adalah menekan biaya operasional. Bisnis online dipercaya lebih minim biaya operasional dibandingkan dengan bisnis offline. Untuk bisnis offline ini membutuhkan SPG yang mana akan mempromosikan bisnis Anda ke masyarakat dan juga melayani penjualan. Untuk bisnis online ini penjualan akan dicatat oleh sistem namun marketingnya menggunakan jasa yang marketer digital.

Memulai Bisnis Online

Setelah Anda tahu beberapa alasan mengapa bisnis Anda harus go online, hal yang wajib untuk diketahui selanjutnya adalah bagaimana cara memulai bisnis online ini. Anda harus mengetahui produk yang banyak di incar oleh masyarakat, setelah itu tetapkan harga yang kompetitif karena konsumen akan sangat selektif terhadap harga ini. Selain itu membuat akun di beberapa marketplace yang sedang hits seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya. Buat akun bisnis di sosial media seperti Facebook dan Instagram, kemudian langkah terakhir adalah buat website profesional. Dengan beberapa media online tersebut bisnis Anda akan bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk menggunakan jasa digital marketing terbaik untuk memaksimalkan performa bisnis Anda.

Demikianlah beberapa alasan mengapa bisnis Anda harus go online, semoga informasi ini bermanfaat.

7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online | Malik | 4.5
error: Content is protected !!