8 Pilihan Usaha Ternak di Lahan Sempit Yang Menjanjikan

Usaha ternak di lahan sempit – Hanya punya lahan kecil tapi ingin mencoba bisnis usaha? Maka bisnis hewan ternaklah yang paling cocok untuk kalian. Peluang usaha yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Selain hanya bermodalkan lahan yang kecil, bisnis satu ini cukup mengasyikkan karena tidak menyangkut dengan pengurusan yang rumit seperti bisnis- bisnis yang lain. Terlebih lagi apabila kalian memang menyukai hewan, maka kalian akan betah bergelut di bisnis ini. Merawat dan membudidayakan ternak akan membantu kalian lebih mengenal alam dan lebih mencintai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat penghasilan yang menjanjikan. Oleh karena itu, untuk kalian yang tertarik dengan usaha ternak di lahan sempit dapat menyimak artikel ini. Berikut penjabarannya.

1. Ternak Burung

 Ternak Burung

Ternak Burung

Dari dulu hingga sekarang, persentase peminat burung rumahan masih tetap tinggi. Love bird, beo, merpati, dan beberapa burung lainnya adalah beberapa pilihan burung untuk bisnis usaha yang bagus. Cantik dan eloknya burung- burung ini mengikat para pecinta burung untuk berdatangan ke lahan bisnis kalian. Selain itu, usaha ternak burung ini tidak memerlukan lahan yang besar karena perawatan burung hanya membutuhkan kendang/sangkar yang dapat digantung di ujung rumah atau halaman depan. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah teknik perawatan yang tergolong khusus di setiap jenis burungnya seperti makanan, cara berkembang- biak, cara tumbuh kembang, dan karakternya.

2. Ternak Kelinci

Nah, untuk bisnis yang ini kalian dapat menjadikannya sebaga hobi dan usaha ternak secara bersamaan. Rupa dan tingkah laku yang imut dari kelinci ini membuat banyak orang tertarik untuk memiliki dan merawatnya. Selain itu, kelinci juga dicari oleh para ahli medis sebagai bahan percobaan tes medis yang penting. Sayangnya, karena kelestarian kelinci semakin berkurang maka penggunaan kelinci sebagai bahan tes medis telah dibatasi. Kemudian, sebagai bisnis ternak yang menjanjikan, kelinci merupakan hewan yang masih sering dicari untuk banyak alasan lain selain untuk dipelihara. Kelinci seringkali dicari untuk dijadikan bahan makanan seperti sate kelinci yang saat ini sedang ramai dibicarakan orang. Daging yang empuk dan cita rasa yang unik membuat sate kelinci menjadi salah satu makanan terfavorit bersama sate lainnya.

3. Ternak Lele

Ternak Lele

Bisnis ternak lele sudah tidak asing lagi terdengar di kalangan para pencari usaha. Ya, usaha ternak di lahan sempit yang satu ini sangat menjanjikan, melihat begitu banyaknya warung makanan yang mengolah lele sebagai lauk andalan mereka. Selain itu, kalian yang akan membuka usaha ternak lele tentunya jangan khawatir akan konsumen karena lele termasuk salah satu ikan yang ramai dicari di pasaran. Perawatan yang mudah pula akan meyakinkan kalian tentang seberapa meyakinkannya peluang usaha yang satu ini. Kalian dapat memulai bisnis ini dengan lahan sempit dan modal yang tergolong minim. Tunggu apa lagi?

4. Ternak Belut Dalam Drum

 Ternak Belut Dalam Drum

Peluang usaha ini merupakan bisnis yang dapat berkembang dengan cepat. Penggunaan media drum dalam usaha ini telah menggantikan kolam yang menghabiskan modal yang tinggi untuk pembuatannya. Selain itu, peluang usaha ternak di lahan sempit yang satu ini akan memiliki konsumen yang stabil karena belut termasuk sebagai salah satu lauk prioritas dalam sebuah warung makan. Di samping itu, dengan membuka usaha ternak belum dalam drum ini kalian dapat membuka pulang usaha lainnya yang terhubung dengan bisnis satu ini seperti penjualan bibit belut, penjualan belut segar, dan jajanan belut yang tentunya akan memberikan kalian penghasilan ganda.

5. Ternak Ikan Hias

Ternak ikan hias

Ternak ikan hias

Selain bisnis ternak ikan lele dan belut di atas, ternak ikan hias menjadi peluang usaha bertema air tawar yang menjajikan untuk dicoba. Selain dapat digunakan sebagai aksesoris rumah, bisnis ini akan memberikan hasil yang besar tergantung jenis ikan hias yang dibudidayakan. Beberapa jenis ikan hias yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha yakni ikan arwana, ikan koi, ikan cupang, ikan mas dan masih banyak lagi. Kemudian, usaha ini dapat menjangkau pasar Internasional tergantung pada kualitas hasil ternak ikan hias kalian. Dengan usaha yang keras, pengalaman yang banyak, dan rasa pantang menyerah akan menjadikan kalian salah satu pengusaha ternak ikan hias yang sukses di masa depan.

6. Ternak Kucing Persia & Angora

Biasanya, para pengusaha ternak kucing berawal dari hobi merawat kucing pribadi. Namun, untuk kalian yang ingin menggeluti usaha ini tentu bukanlah hal yang tidak mungkin. Apalagi, jenis kucing Persia dan Angora masih menjadi maskot dalam hal peliharaan. Kucing jenis ini memiliki harga pasaran yang tinggi. Bahkan, untuk peranakan umur 2 bulan, jenis kucing ini dapat mencapai harga jutaan rupiah. Kemudian, untuk usaha ternak kucing Persia & Angora dengan modal yang lebih sedikit, kalian dapat memilih untuk menernakkan kucing hias yang bukan kelas premium.

7. Ternak Itik

Ternak itik

Ternak itik

Peluang usaha ternak itik tergolong jarang diminati orang, padahal bisnis ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya, pasokan itik di pasaran masih tergolong sedikit, sedangkan permintaan untuk hewan satu ini sangat tinggi. Dengan fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa ternak itik merupakan pilihan yang tepat untuk kalian yang sedang bingung mencari peluang usaha. Perawatan untuk ternak itik ini sendiri tidaklah rumit. Pembuatan mini kandang dan jaring penghalang tidaklah sulit untuk dibuat. Oleh karena itu, dengan lahan yang sempit, bisnis ini sangat recommended untuk kalian para pejuang bisnis.

8. Ternak Ayam

Selain ternak itik, bisnis ternak ayam merupakan peluang usaha yang cukup menggiurkan. Permintaan dari pasar untuk ayam sangatlah tinggi meskipun telah banyak pemasoknya. Konsumen dari ternak ayam pun tidak kunjung padam, melihat bertambah banyaknya warung yang dibangun untuk usaha rumah makan. Coba diingat, apakah ada warung makan yang tidak memberikan menu dari ayam? Tentu saja tidak ada, karena ayam memanglah merupakan lauk andalan setiap warung. Terlebih lagi, masyarakat Indonesia kebanyakan sangat menyukai masakan ayam baik itu dari warung maupun masakan ibu sendiri. Jadi, untuk kalian yang memiliki niat untuk memulai usaha ternak ayam ini, mulailah dengan beberapa persiapan mengenai pembuatan kandang dan perawatannya. Ingatlah untuk selalu mengganti tempat kotoran ternak kalian, karena itu akan mempengaruhi kualitas dari telur dan daging ayam kalian.

Sekian pembahasan mengenai usaha ternak di lahan sempit ini. Semoga informasi yang disajikan dapat membantu kalian dalam memutuskan bisnis usaha yang tepat dan sesuai selera kalian. Contoh bisnis usaha di atas dapat pula dijadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan. Kalian dapat memperkerjakan karyawan atau orang lain yang akan merawat dan mengerjakan bisnis ini. Oleh karena itu, janganlah takut untuk memulai usaha ini, karena usaha ternak di lahan sempit ini sangatlah patut untuk dicoba bahkan untuk kalian yang masih pemula dalam bidang peternakan.

8 Pilihan Usaha Ternak di Lahan Sempit Yang Menjanjikan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!