7 Peluang Usaha di Jogja ini Menjanjikan lho

Anda sedang memikirkan ide untuk peluang usaha di Jogja? Saat ini, Anda menuju halaman yang sangat tepat. Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan secara tuntas beberapa ide usaha untuk Anda yang ingin membuka usaha di Jogja. Seperti yang kita ketahui bersama, sekarang ini kota istimewa ini juga jadi sasaran perputaran uang, lho. Jogja adalah kota yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, entah wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota ini juga termasuk kota pelajar, kota budaya, dan juga kota pusat berkembangnya seni.

Nah, dengan sederet hal-hal istimewa di Jogja yang sudah disebutkan di atas, kira-kira peluang usaha apa yang cocok dikembangkan di kota ini? Setidaknya ada 7 peluang usaha di Jogja yang punya prospek yang amat cerah. Apa saja usaha tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Usaha Kuliner

Angkringan

Angkringan

Membuka usaha kuliner di daerah wisata tentu sangat menjanjikan. Apalagi jika Anda memang senang dan hobi memasak. Usaha ini tentu bisa jasi pilihan usaha yang cukup menjanjikan. Usaha kuliner juga ada banyak macam jenisnya ya, Anda mungkin bisa membuat usaha rumah makan, catering, toko kue, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menyajikan menu-menu khusus jika ingin membuat rumah makan atau cafe, misalnya menu khas Jogja atau menu-menu khas daerah lainnya. Seperti yang kita ketahui bersama, penduduk jogja sangat heterogen. Asalkan Anda bisa mengemas bisnis kuliner dengan cara yang unik, Anda pun bisa mendapatkan perhatian dari orang-orang di sekitar Anda. Tak perlu membuat rumah makan mewah, Anda juga bisa mulai bisnis kuliner kecil seperti angkringan, lho. Di Jogja, angkringan juga jadi tempat nongkrong pilihan oleh anak-anak muda.

2. Usaha Fashion

Selain kuliner, Fashion adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Pakaian tentu menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Tak hanya untuk melindungi tubuh dari segala macam bahaya, pakaian juga sekaligus menjadi identitas seseorang. Jika Anda tertarik di dunia fashion, peluang usaha di Jogja yang cocok Anda coba adalah usaha fashion. Barang yang bisa Anda jual meliputi pakaian, sepatu, tas ataupun barang-barang sejenis. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menghubungi langsung ke pabrik konveksi untuk bekerjasama, atau dari pengkulak besar yang ada di pusat-pusat kota besar seperti Solo, Jakarta dan Bandung.

3. Usaha Oleh-Oleh dan Souvenir

Sebagai tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, Anda juga bisa membuka usaha oleh-oleh dan souvenir. Setiap wisatawan yang datang ke sini pasti ingin membeli barang kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Anda bisa membuat souvenir-souvenir unik yang melambangkan jogja. Buatlah souvenir semenarik mungkin agar orang tertarik untuk membeli.

Tak hanya wisatawan, Jogja juga punya banyak warga pendatang. Mereka yang tinggal sementara di Jogja ini pasti akan membawa oleh-oleh ketika pulang. Setidaknya mereka membawa oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga di rumah. Usaha oleh-oleh juga menjasi salah satu peluang usaha di Jogja yang cukup menjanjikan.

4. Usaha Kos-Kosan

Pada pembahasan di atas sudah dijelaskan bahwa Jogjakarta adalah kota belajar. Ada banyak sekali kampus di kota kecil ini. Dari dua kampus besar yang namanya sudah sangat terkenal, yaitu UGM dan UNY hingga universitas-universitas kecil lainnya. Untuk itu, bisnis kos-kosan juga bisa sangat menjanjikan. Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif dari gedung kos-kosan yang Anda miliki. Asal Anda tahu, di kota ini permintaan kos-kosan tak pernah sepi.

5. Usaha Laundry

Nah, jika Anda ingin membuka usaha kecil-kecilan tetapi menghasilkan keuntungan yang besar, Anda bisa membuka usaha laundry. Usaha yang satu ini juga cukup menjanjikan. Bayangkan, ada banyak sekali mahasiswa dan pelajar di kota ini. Sebagian besar mereka mempunyai aktivitas belajar yang padat. Mereka mungkin tidak sempat untuk mengurus baju-baju mereka. Nah, saatnya Anda memenuhi kebutuhan mereka dengan membuka usaha laundry.

Usaha yang satu ini tak begitu membutuhkan modal uang yang besar. Sebaliknya, Anda harus mengeluarkan usaha tenaga yang ekstra besar untuk membereskan pakaian-pakaian dari klien Anda.

6. Usaha Tour dan Travel

Usaha selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah usaha tour dan travel. Ingat, Jogja adalah kota wisata. Sebagai kota wisata, warga asing yang datang ke sini tentu membutuhkan agen tour dan travel untuk membantu mereka memfasilitasi kegiatan liburan. Anda bisa membuka usaha paket wisata, usaha penyewaan kendaraan, dan jasa-jasa pariwisata lainnya.

7. Usaha Fotokopi

Usaha terakhir yang layak dicoba adalah usaha fotokopi. Usaha yang satu ini masih berkaitan dengan kebutuhan para pelajar dan mahasiswa akan alat tulis, buku, dan juga fotokopi. Anda bisa membuka usaha fotokopi di daerah dekat kampus. Dengan begitu, usaha Anda ini pun akan ramai dikunjungi oleh target market Anda.

Demikian adalah penjelasan mengenai 7 ide peluang usaha di Jogja. Kota istimewa ini ternyata tak hanya cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Jika Anda ingin menetap di kota ini, cobalah untuk membuka salah satu dari beberapa jenis usaha yang sudah dijelaskan di atas.

7 Peluang Usaha di Jogja ini Menjanjikan lho | Malik | 4.5
error: Content is protected !!