7 Cara Menyimpan Roti Agar Tidak Cepat Basi Bagi Pebisnis

Cara menyimpan roti agar tidak cepat basi bagi pebisnis – Salah satu kelemahan dalam bisnis kue adalah tidak bisa bertahan lama. Oleh sebab itu jika ada kue yang tidak laku maka otomatis akan mengalami kerugian, sehingga pendapatan akan menjadi menurun. Selain itu penyimpanan roti yang salah akan menyebabkannya mudah basi yang mana sebelum masa expired kondisinya sudah tidak layak makan. Yang mudah basi adalah roti basah, berbeda dengan kue kering yang bisa bertahan  lama sampai bulanan. Sebagai pebisnis roti basah, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara menyimpan roti agar tidak cepat basi. Berikut ini adalah cara menyimpan roti agar tidak cepat basi bagi pebisnis yang wajib diketahui:

Tutup di Wadah Tertutup

tempat penyimpanan roti

tempat penyimpanan roti

Salah satu cara menyimpan roti agar tidak cepat basi bagi pebisnis adalah tutup di wadah yang tertutup. Di saat kue sudah dalam kondisi terpotong maka Anda harus menyimpannya di wadah tertutup. Kue ini bisa bertahan antara 3 sampai dengan 5 hari di suhu ruang, namun akan mudah berbau tengik jika banyak udara yang menerpanya. Sehingga agar udara tidak banyak yang masuk ke dalam roti tersebut simpan di wadah yang tertutup.

Kemasan yang Tepat

Sebagai pebisnis kue atau roti Anda akan memproduksi kue yang disimpan di dalam plastik kemasan. Plastik kemasan ini tidak hanya sekadar untuk branding aja, namun juga harus dinilai dari berbagai sisi misalnya segi ketahanan, keamanan produk, dan lainnya. Jika kemasan tidak tepat akan ada bakteri maupun udara yang bisa masuk ke dalam kemasan roti sehingga menyebabkan kondisinya mudah basi.

Lemari Es

lemari es untuk roti

lemari es untuk roti

Pebisnis roti ulang tahun bisa menyimpan rotinya di dalam lemari es atau pendingin. Tujuan memasukkan roti ulang tahun tersebut di dalam lemari es untuk membuat cream yang ada pada roti ulang tahun tidak cepat meleleh. Rasa dari roti ulang tahun yang dimasukkan ke dalam lemari es pun tidak akan banyak berubah berbeda jika disimpan di dalam suhu ruang.

Cake Showcase

Cake Showcase

Cake Showcase

Bagi pebisnis yang ingin menggeluti bisnis kue ini bisa menggunakan cake showcase. Alat ini bisa digunakan untuk mendisplay kue dengan cantik dan rapi, selain itu bisa membuat kue menjadi tahan lama. Hal itu dikarenakan cake showcase dilengkapi dengan fitur yang bisa membuat kue menjadi tidak akan mudah basi. Keunggulan dari cake showcase ini dilengkapi dengan setting suhu sehingga kue akan tetap terjaga kualitasnya.

Electric Bread Show Case

Electric Bread Show Case

Electric Bread Show Case

Setiap pembeli menginginkan agar kondisi kue yang dibelinya dalam kondisi hangat. Salah satu cara untuk menyimpan kue agar tahan lama adalah menggunakan electric bread show case. Alat ini berguna untuk menyimpan sekaligus memanaskan berbagai macam roti sehingga saat disajikan dalam kondisi hangat. Sama dengan cake showcase dimana di dalam mesin ini terdapat setting suhu untuk menghangatkan dan menjaga kualitas roti tersebut.

Hindari Membuka Tutup Cake Show Case Terlalu Sering

Cara menyimpan roti agar tidak cepat basi bagi pebisnis adalah menghindari kegiatan membuka dan menutup cake showcase terlalu sering. Ketika Anda membuka cake showcase akan ada kuman atau bakteri yang masuk ke dalam show case tersebut sehingga meski di dalam kondisi tertutup kue tersebut akan mudah basi. Anda juga tidak pernah tahu ketika pintu show case terbuka dalam waktu yang lama akan menyebabkan lalat bisa dengan mudah masuk ke dalam show case tersebut menyebabkan penyakit ketika ada orang yang memakan kue tersebut.

Pastikan Ruangan Tidak Lembap

ruangan tidak lembab

ruangan tidak lembab

Agar roti tidak mudah basi Anda harus menyimpan roti atau kue di ruangan yang kering. Saat Anda memilih tempat untuk berbisnis pastikan bahwa tempat tersebut kering dan tidak lembap. Ruangan atau tempat yang terlalu lembap akan membuat kue tidak bisa bertahan lama karena akan menyebabkan bakteri bisa berkembang biak di tempat tersebut.

Tips Membuat Kue yang Tahan Lama

Tidak hanya penyimpanan saja yang harus diperhatikan, namun teknik pembuatan kue tersebut juga berpengaruh terhadap kualitas dan ketahanan kue ketika di simpan. Sebagai pebisnis harus mempertimbangkan berbagai macam aspek jangan sampai ada yang kelewatan karena bisa merugikan bisnis Anda. Berikut ini adalah tips membuat kue yang tahan lama agar awet ketika disimpan:

1. Bahan Berkualitas

Cara agar membuat roti menjadi tahan lama yang pertama adalah menggunakan bahan yang berkualitas. Jangan menggunakan bahan kue yang kualitasnya sudah buruk misalnya seperti margarin atau mentega yang sudah kedaluarsa, telur yang sudah mulai busuk, tepung terigu yang sudah menggumpal, dan lain sebagainya. Jika dari bahan dasarnya saja sudah buruk maka ketika matang kue tersebut akan memiliki kualitas yang buruk juga.

2. Cek Kematangan

Untuk membuat kue yang tahan lama Anda harus mengecek kematangannya. Jika kue tidak matang maka akan mudah basi.  Bahan kue yang tidak matang tersebut akan menyebabkan bakteri dan juga kuman menjadi berkembang biak sehingga kue tidak akan bertahan lama. Agar kue menjadi matang sempurna Anda bisa mengecek kematangan pada kue tersebut dengan cara memanggang dengan waktu yang tepat, dan mengeceknya menggunakan tusuk gigi.

3, Peralatan yang Higienis

Kue yang bisa tahan lama dikarenakan peralatan yang digunakan higienis. Peralatan yang kurang higienis bisa menyebabkan kue tersebut tertempel dengan bakteri sehingga menyebabkan ketahanannya kurang. Sebelum menggunakan peralatan pembuat kue, cuci bersih semua peralatannya terlebih dahulu agar terbebas dari kuman dan bakteri.

4. Vakum Kue

Jika Anda sering merugi dikarenakan kue yang tidak bisa bertahan lama tidak ada salahnya untuk memberikan teknik vakum pada kue Anda. Vakum ini akan membuat kue basah seperti lapis legit, bolu, dan lain sebagainya akan bisa tahan berbulan-bulan. Sebagai contoh kue yang bisa tahan berbulan-bulan dengan teknik vakum ini adalah Brilliant Cake.  Kue ini bisa didapatkan di kawasan Simpang lima semarang. Rasanya istimewa dan juga tahan sampai dengan empat bulan lamanya. Rahasia kuenya bisa tahan lama karena mengganti selai dengan cokelat, hal itu dikarenakan selai yang dibuat tanpa bahan pengawet tidak akan bisa bertahan dengan lama. Untuk bisa mendapatkan kue ini hanya bisa didapatkan di Semarang karena tidak membuka cabang. Alasan Brilliant Cake tidak membuka cabang karena banyak yang bangkrut dikarenakan gagalnya pembukaan cabang baru dalam bisnis. Berkaca dari kisah dari Brilliant Cake ini Anda yang ingin membuat kue yang tidak cepat basi, dan tahan lama bisa menggunakan teknik vakum, dan mengganti penggunaan selai dengan cokelat.

Saat ini persaingan bisnis kue sangat ketat, kalau Anda tidak bisa membaca selera konsumen dan peluang pasar maka menggeluti bisnis kue bukanlah hal yang mudah. Salah satu kendala yang bisa dialami oleh pebisnis kue adalah kue yang tidak bisa bertahan lama, sehingga kerugian akan sering dialami. Oleh sebab itu Anda harus tahu bagaimana cara membuat kue agar tahan lama. Selain itu harus tahu seperti apa cara menyimpan roti agar tidak cepat basi bagi pebisnis kue agar keuntungan bisa tetap didapatkan meskipun persaingannya begitu ketat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

berapa lama lapis legit bertahan sebelum basi -cara bagi roti tahan lama -cara membuat roti kemasan agar tidak mudah basi -penyebab cake cepat basi -penyimpanan roti sebelum disajikan -roti lapis legit bisa tahan brpa hari -tempat penyimpanan kue basah -

7 Cara Menyimpan Roti Agar Tidak Cepat Basi Bagi Pebisnis | Malik | 4.5
error: Content is protected !!