7 Cara Memulai Bisnis Pakaian Komersial dan Estimasi Pendapatannya

Cara memulai bisnis pakaian – Jika membicarakan bisnis yang potensial tentu Anda akan setuju jika bisnis pakaian adalah bisnis yang tidak akan lekang oleh zaman. Hal itu dikarenakan pakaian pada zaman seperti saat ini tidak hanya sebatas kebutuhan saja, namun pakaian ini juga dijadikan sebagai penunjang gaya hidup. Tidak jarang dalam seminggu atau sebulan banyak masyarakat yang rela merogoh kocek dalam untuk membeli pakaian sebagai wujud dari pemenuhan gaya hidupnya. Terlebih lagi trend pakaian sering berubah setiap waktu sehingga membuatnya sangat menggiurkan untuk digeluti.

Bisnis Pakaian Komersial

Bisnis Pakaian Komersial

Meski menggiurkan namun menggeluti bisnis pakaian ini tidak semudah yang dibayangkan, terlebih lagi banyak pesaingnya sehingga siapa yang tidak bersaing akan kalah dan gulung tikar. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak cara memulai bisnis pakaian yang wajib untuk Anda ketahui berikut ini:

Komitmen

Anda harus mempersiapkan diri Anda sendiri untuk bisa menggeluti bisnis ini. Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah komitmen tinggi. Saat Anda diberikan pertanyaan apakah Anda ingin menjadi pebisnis sukses maka pertanyaannya adalah iya, begitu pula dengan masyarakat lainnya pasti semuanya akan menjawab iya.  Sayangnya keinginan tersebut tidak dibarengi dengan komitmen yang tinggi. Jika Anda ingin memiliki bisnis yang sukses maka milikilah komitmen yang tinggi dimana dengan komitmen tersebut Anda dituntut untuk selalu kreatif, kerja keras, semangat untuk menjalani dan melalui proses bisnis yang akan Anda alami ke depannya nanti.

Bisnis Plan

Cara memulai bisnis pakaian selanjutnya yang tidak boleh untuk Anda lupakan adalah merancang bisnis plan. Sekecil apapun bisnis yang akan Anda geluti ini bisnis plannya harus ada. Rencana bisnis yang Anda buat tersebut tidak harus panjang dan bertele-tele cukup singkat dan juga padat. Ada hal yang harus Anda perhatikan saat akan membuat bisnis plan ini yang pertama adalah deskripsi perusahaan atau bisnis Anda, rangkuman produk, operasional, dan yang terakhir adalah mencakup kunci dari bisnis yang Anda buat.

Lakukan Organisasi dan Legalitas

Semua entitas yang ada di bisnis Anda harus saling terintegrasi satu sama lainnya. Jika tidak operasional bisnis tidak akan bisa berjalan dengan seimbang. Jika bisnis Anda sudah berkembang jangan lupa untuk mengurus legalitas perusahaan Anda dan mengurus perpajakan. Daftarkan bisnis Anda menjadi badan usaha yang legal dan terlindungi secara hukum.

Proses Produksi

Cara memulai bisnis pakaian selanjutnya adalah membuat model dan brand sendiri. Untuk bisa membuat model dan brand yang bisa diterima di masyarakat ini memang gampang-gampang susah terlebih lagi permintaan pasar selalu berubah-ubah. Sebelum memulai untuk proses produksi sendiri Anda harus menentukan target pasar terlebih dahulu dimana tanpa target pasar ini Anda tidak akan bisa berbisnis dengan lancar. Yang membuat Anda harus bisa mengenali siapa target pasar adalah selera fashion antara satu dengan yang lainnya ini berbeda contohnya fashion anak remaja dengan orang dewasa ini berbeda. Mengenali target market ini penting sebelum proses produksi dimulai.

Menentukan Harga

Selain menentukan siapa yang akan menjadi target market Anda, Anda juga harus menentukan kelas konsumen Anda. Produk Anda tersebut untuk kelas menegah bawah, atau menengah atas. Dengan hal ini Anda akan mudah untuk menentukan harganya. Jangan lupa saat akan menentukan harga ini Anda harus tahu harga yang ditawarkan oleh pihak kompetitor. Jika harga yang ditawarkan lebih mahal dari kompetitor tentu Anda tidak akan bisa bersaing karena keinginan konsumen ingin mendapatkan harga yang kompetitif namun kualitasnya bagus.

Strategi Pemasaran

Sebagus apapun produk yang Anda buat tidak akan bisa sukses tanpa dilengkapi dengan sistem pemasaran yang baik. Untuk bisa menciptakan penjualan yang bagus maka strategi marketing yang dilakukan juga harus bagus. Untuk pemasaran ini Anda bisa memanfaatkan sosial media dan juga marketplace yang ada. Tawarkan beberapa produk yang menarik konsumen dengan menyertakan beberapa gambar sekaligus. Selain itu buatlah produk Anda limited edition agar konsumen berlomba-lomba untuk mendapatkan produk tersebut.

Kualitas Jahitan

Cara memulai bisnis pakaian yang terakhir adalah jaga kualitas. Kualitas jahitan pakaian Anda harus bagus karena dari jahitan ini akan terlihat seperti apa kualitas pakaian yang Anda produksi. Menjahit dengan penuh kehati-hatian dan penuh perasaan akan bisa menghasilkan jahitan yang halus dan rapi berbeda dengan menjahit yang lebih mengutamakan kuantitas dimana akan menghasilkan pakaian dengan benang yang tidak rapi, alur jahitannya pun juga tidak tertata dengan baik sehingga membuat kualitas pakaian tersebut terlihat buruk.

Estimasi Pendapatan

Membahas tentang bisnis pakaian tidak akan lengkap jika tidak membahas analisa keuntungan usaha pakaian ini. Untuk memulai bisnis ini Anda harus mengeluarkan biaya untuk modal kurang lebih 20 juta rupiah dimana untuk membeli aneka mesin, sewa tempat, gaji karyawan, listrik, bahan baku kaos, pembelian benang, dan lain sebagainya. Jika dalam sebulan Anda bisa berhasil memproduksi dan menjual pakaian sebanyak 1000 dengan modal 30 ribu rupiah kemudian dijual dengan harga 65 ribu rupiah, maka keuntungan Anda dalam 1000 produksi pakaian tersebut adalah 35 juta rupiah. Menjual 1000 pakaian dalam sebulan itu mudah karena pemasaran dilakukan dengan cara digital.

Demikianlah cara memulai bisnis pakaian dan juga estimasi pendapatannya yang menarik untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat.

7 Cara Memulai Bisnis Pakaian Komersial dan Estimasi Pendapatannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!