7 Cara Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Paling Profit

Cara memulai bisnis jual beli mobil – Ada banyak sekali cara dan jalan yang bisa Anda tempuh untuk bisa memulai berbisnis ini. Salah satunya adalah dengan berbisnis jual beli mobil. Hal yang membuat bisnis jual beli mobil menguntungkan adalah banyak masyarakat yang memiliki minat untuk bisa mendapatkan atau memiliki kendaraan roda empat ini.

Alasannya adalah kendaraan roda empat ini menawarkan kenyamanan dimana bisa melindungi dari terik panas dan rintik hujan. Tidak hanya mobil baru saja yang digandrungi oleh masyarakat namun mobil yang bekas pun juga banyak disukai. Banyak yang belum merasa mampu secara finansial dikarenakan harga mobil baru harganya mulai dari ratusan juta rupiah.

Anda bisa menggeluti bisnis jual beli mobil bekas karena sampai saat ini peminatnya masih terus bertambah. Meski begitu untuk menggeluti bisnis ini tidak boleh asal atau sembarangan karena salah dalam menjalankan bisnis bukan keuntungan yang akan Anda dapatkan namun kerugian. Berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis jual beli mobil bekas yang harus Anda ketahui:

Tempat Strategis

Jual beli mobil

Jual beli mobil

Cara memulai bisnis jual beli mobil yang pertama adalah pilih yang tempatnya strategis. Anda membutuhkan showroom yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk menjual mobil, tidak perlu memilikinya karena saat ini Anda juga bisa menyewanya. Yang terpenting adalah tempat itu bisa cukup untuk menampung semua mobil bekas yang akan Anda jual.

Analisa Mobil Bekas yang Paling Laku

Tidak hanya showroom saja yang harus disiapkan namun penting bagi Anda untuk melakukan analisa mobil bekas apa saja yang paling laku dan paling banyak diminati oleh masyarakat. Anda bisa melakukan analisa dari merek seri dan juga tahun pembuatan.

Analisa mobil terlaku

Analisa mobil terlaku

Usahakan bagi Anda yang ingin memilih mobil untuk dijual ini tahun pembuatannya jangan terlalu tua. Banyak konsumen yang menjadikan tahun pembuatan mobil ini sebagai pertimbangan. Semakin tua usia mobil konsumen akan sering melakukan perbaikan, tidak hanya itu saja harga jualnya pun akan menurun drastis sehingga konsumen akan mendapatkan kerugian.

Saat membeli mobil bekas Anda tidak bisa membeli mobil yang ditawarkan oleh makelar karena harga yang di patok sudah sangat tinggi, selain itu Anda juga bisa mengalami kerugian dimana tidak bisa mengecek kondisi mobil secara langsung berbeda jika Anda membeli mobil itu sendiri.

Cek Kelengkapan Surat Mobil

Agar bisnis jual beli mobil ini bisa berjalan dengan lancar hal yang tidak boleh untuk Anda lupakan adalah mengecek kelengkapan surat mobil. Surat mobil ini bisa menjadi tanda atau bukti kepemilikan yang sah sehingga jika mobil tidak dilengkapi dengan surat-surat yang lengkap maka Anda tidak perlu membeli mobil tersebut, selain harganya sangat anjlok konsumen juga tidak mau mengambil risiko memiliki mobil tanpa surat kepemilikan seperti mudah terkena razia, mobil disita, dan lain sebagainya.

Perbaiki Mobil

Agar terlihat prima Anda bisa memperbaiki mobil tersebut sebelum dijual di showroom. Hal yang perlu Anda perbaiki adalah bagian cat, saat cat sudah kusam Anda perlu membuatnya lebih mengkilap.  Selain tampilan Anda juga harus mengecek kondisi mesinnya apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Jangan membeli mobil dengan kondisi mesin yang bermasalah karena biaya perbaikannya sangat besar. Terlebih lagi jika harus dilakukan penggantian onderdil tentu biaya yang harus Anda keluarkan sangat besar.

Koneksi

Koneksi

Koneksi

Cara memulai bisnis jual beli mobil yang sukses dan tidak boleh untuk Anda lupakan adalah membangun relasi dan menciptakan koneksi yang luas. Koneksi ini sangat penting untuk Anda dalam mendapatkan mobil, mempromosikan bisnis, dan juga mendapatkan konsumen. Dengan kekuatan jaringan ini akan bisa membantu bisnis mobil bekas Anda menjadi lebih mudah dan lancar.

Ikuti Lelang

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas bagus maka Anda bisa mengikuti lelang. Di lelang ini Anda akan bisa menemukan berbagai macam mobil dengan berbagai kondisi. Biasanya kendaraan yang di lelang adalah mengalami kredit macet sehingga diambil oleh pihak leasing, sehingga kualitasnya masih bagus. Anda hanya perlu melihat jadwal lelang di tempat terdekat Anda kemudian lakukanlah pendaftaran, bayar uang muka, dan ikuti proses lelang sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Modal

Estimasi keuntungan

Cara memulai bisnis jual beli mobil bekas terakhir siapkan modal. Untuk menggeluti bisnis ini Anda harus menyiapkan modal yang cukup banyak yaitu mulai dari 500 juta rupiah untuk pembelian beberapa unit mobil bekas dan juga sewa tempat untuk mendirikan showroom tersebut. Anda tidak perlu membeli mobil dengan unit yang terlalu banyak terlebih dahulu karena modal yang dibutuhkan juga akan semakin banyak.

Keuntungan

Melakukan analisa keuntungan usaha bisnis jual beli mobil bekas ini bisa dengan menghitung persentase keuntungan dari harga jual mobil tersebut. Persentase keuntungan tersebut cukup besar yaitu antara 20% sampai dengan 35%. Misalnya mobil Anda harga jualnya adalah 100 juta maka keuntungan terkecil yang bisa didapatkan adalah 20 juta rupiah.  Tentu keuntungan tersebut cukup besar dan sangat menggiurkan sekali.  Semakin banyak mobil yang laku maka semakin banyak keuntungan Anda.

Demikianlah cara memulai bisnis jual beli mobil bekas agar profit yang sangat menarik untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat.

7 Cara Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Paling Profit | Malik | 4.5
error: Content is protected !!