6 Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 yang Sukses

Memulai bisnis di masa pandemi Covid ini membutuhkan tips dan trik khusus. Tidak mudah memang untuk menggeluti bisnis di tengah pandemi namun bukan berarti tidak bisa. Banyaknya bisnis rumahan yang muncul ini menjadi bukti bahwa banyak pelaku industri yang kreatif bermunculan dan tidak menyerah dengan keadaan.

bisnis di masa pandemi

Pelaku bisnis bermunculan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal yang pertama adalah terkena PHK dan yang kedua adalah penghasilan yang menurun atau tidak menentu setelah pandemi ini. Pandemi Covid-19 yang belum ada ujungnya ini membuat banyak orang harus bisa terus survive dengan berbagai macam keadaan dan kondisi yang ada saat ini. Jika penghasilan tidak stabil maka memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 ini menjadi cara dan solusi yang tepat.

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Anda yang sedang memikirkan untuk memulai bisnis ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya bisnis yang Anda bangun dan dirikan saat masa pandemi ini bisa berjalan sesuai dengan harapan Anda. Simak beberapa tips memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

  1. Cek kondisi finansial

Tips membuka dan membangun bisnis di masa pandemi yang bisa Anda lakukan adalah cek kondisi finansial Anda terlebih dahulu. Memang memulai bisnis ini bisa tanpa modal namun saat pandemi seperti saat ini bisnis yang memungkinkan adalah bisnis online dengan modal. Anda membutuhkan modal untuk bisa membuat website dan juga toko online Anda.

Jika yang Anda jual adalah produk maka Anda harus memiliki modal untuk membeli produk tersebut dan kemudian menyimpannya. Anda juga memerlukan modal untuk bisa memasarkan bisnis Anda. Anda bisa membuat budget anggaran yang Anda keluarkan. Selain itu Anda bisa memastikan jumlah tabungan Anda apakah cukup untuk merealisasikan rencana bisnis Anda.

  1. Membuat rencana usaha

Tips memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membuat rencana usaha.  Rencana usaha ini penting tujuannya agar bisnis Anda memiliki pandangan dan juga visi misi yang jelas. Rencana usaha tersebut berisi jenis usaha apa yang akan Anda buat, nama produk Anda apa, siapa target pasar Anda dan bagaimana cara Anda menjual produk Anda. Jangan lupa untuk Anda mempertimbangkan potensi perkembangan bisnis yang akan Anda geluti tersebut, harga beli dan keuntungannya apa saja.

  1. Kebutuhan pasar

Anda yang ingin memulai bisnis di masa pandemi ini penting sekali bagi Anda untuk mengetahui seperti apa kondisi pasar dan kebutuhan pasar Anda. Lakukan testing seberapa berminat masyarakat terhadap produk yang Anda jual tersebut. Semakin dimintai maka hal itu akan semakin bagus untuk bisnis Anda. Untuk bisa melihat reaksi mereka, Anda bisa mulai menawarkan produk Anda tersebut ke masyarakat secara langsung, selain itu Anda bisa mengetahui komentar dan juga testimoni yang mereka lontarkan.

Contohnya Anda bisa menjual produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti saat ini seperti masker, sanitizer, sabun cuci tangan dan sebagainya. Buat harga jual yang bisa dijangkau oleh semua masyarakat agar mereka semua bisa mampu membelinya.

  1. Buat target yang jelas

Hal yang bisa membuat bisnis tidak bisa berjalan seperti yang diharapkan adalah target bisnis yang tidak jelas oleh sebab itu penting untuk membuat target yang jelas agar Anda tahu siapa yang akan menjadi sasaran promosi bisnis Anda. Anda tidak bisa membuat target bisnis semua orang selain melelahkan hasil pemasaran juga tidak bisa maksimal seperti yang diharapkan.

Target pasar yang tepat ini bisa membuat Anda menjadi tahu strategi bisnis apa yang akan Anda lakukan, selain itu Anda bisa membuat cara pendekatan yang tepat kepada target market Anda. Jika Anda masih bingung siapa yang akan menjadi target bisnis Anda cobalah untuk melakukan analisis terhadap kompetitor bisnis Anda kemudian analisa siapa saja yang menjadi target pasar mereka. Dari target mereka Anda bisa mendapatkan gambaran siapa yang akan Anda tuju.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan dengan Black Friday Untuk Target Closing

  1. Pertimbangkan masalah suplai

Tips memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 yang bisa dilakukan adalah pertimbangkan masalah suplai. Jika Anda menjual produk maka masalah suplai ini bisa menjadi hambatan dalam bisnis Anda. Ada beberapa produk yang suplainya terhambat akibat pandemi seperti saat ini terutama jika supplier berasal dari luar negeri.

Anda bisa membuat gambaran atau list siapa yang akan menjadi supplier Anda tujuannya agar bisnis Anda tidak terhambat. Misalnya Anda membuat bisnis berhubungan dengan makanan maka Anda bisa mulai memikirkan darimana bahan baku makanan tersebut bisa Anda dapatkan.

  1. Pelayanan prima

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Kualitas layanan ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan kelancaran bisnis Anda. Jika memberikan pelayanan terbaik konsumen tidak akan ragu untuk merekomendasikan produk Anda ke orang lain.

Demikianlah beberapa tips memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 yang bisa Anda laku8akn, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

6 Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 yang Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!