6 Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil yang Dijamin Ampuh

Strategi pemasaran untuk usaha kecil bisa dibilang hal yang cukup krusial karena dapat berpengaruh pada keberlangsungan usaha tersebut di masa mendatang. Karena sebuah strategi pemasaran yang matang sangat dibutuhkan terlebih bagi para pelaku usaha kecil. Dengan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai, bukan tak mungkin usaha yang dirintis dapat sukses dan meraup keuntungan yang besar pula. Lalu bagaimana strategi pemasaran yang tepat khususnya bagi usaha kecil?

1.      Perencanaan Usaha yang Tepat

Hal pertama dalam strategi pemasaran untuk usaha kecil adalah melakukan perencanaan usaha yang tepat. Jika sedari awal langkah yang diambil sudah salah, dalam artian perencanaan usaha Anda tidak tepat, maka kedepannya akan sulit untuk berjalan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Karena sebuah perencanaan usaha efeknya adalah untuk keberlangsungan usaha dalam jangka waktu yang panjang.

Perencanaan yang tepat bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya melakukan survey sebelum akhirnya memutuskan untuk membuat suatu produk. Perhatikan target pasar Anda, apakah calon konsumen membutuhkan produk tersebut? Apakah produk tersebut banyak dicari? Apakah produk tersebut memiliki nilai jual yang tinggi? Dan hal-hal lain yang sekiranya berkaitan dengan perencanaan usaha Anda.

2.      Buat Produk yang Unik

Jika Anda sudah menentukan produk apa yang ingin Anda jual, selanjutnya adalah memikirkan bagaimana caranya agar produk Anda terlihat lain daripada yang lain. Karena jika produk Anda sama seperti produk sejenis yang telah ada di pasaran dan tak memiliki kelebihan-kelebihan lainnya, maka cukup sulit untuk mencari pasaran. Terlebih jika Anda memutuskan untuk membuat suatu produk yang sudah banyak di pasaran, tanpa adanya inovasi produk maka para calon konsumen Anda pun menjadi tidak tertarik karena menganggap produk yang Anda jual tak ada bedanya dengan produk yang lain.

3.      Sesuaikan Produk Dengan Kebutuhan Konsumen

Selain unik, produk yang akan Anda jual juga harus disesuaikan dengan kebutuhan para calon konsumen Anda. Anda bisa memperhatikan perilaku dari para calon konsumen, apa yang paling mereka sukai dan butuhkan. Apakah selera dari setiap individu sama, ataukah mereka cenderung lebih menyukai suatu produk dari segi apa? Hal ini juga dapat memudahkan Anda untuk melakukan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan para calon konsumen Anda.

4.      Fokus Pada Keunggulan Produk

Karena usaha Anda adalah usaha kecil, untuk itu strategi pemasaran untuk usaha kecil yang tepat agar lebih dikenal dan dilirik calon konsumen adalah dengan melakukan pemasaran yang fokus pada keunggulan produk Anda. Karena sebelumnya Anda sudah melakukan survey baik itu mengenai para kompetitor maupun survey perilaku para calon konsumen, untuk itu Anda pasti tau persis apa yang harus Anda tonjolkan dari produk Anda agar tak kalah saing saat terjun di pasaran.

5.      Tentukan Lokasi yang Strategis

Ikuti selera pasar

Dalam membuka suatu usaha, penentuan lokasi yang tepat dapat berpengaruh pada ramai tidaknya usaha Anda nantinya. Untuk itu, pilihlah lokasi usaha yang strategis. Dalam memilih lokasi usaha yang strategis, perlu Anda perhatikan beberapa hal seperti memilih lokasi usaha yang padat dan ramai dikelilingi penduduk, selain itu jika memungkinkan pilih lokasi usaha yang banyak dilewati kendaraan maupun pejalan kaki. Perhatikan pula akses jalan menuju lokasi usaha dan juga ketersediaan lahan parkir yang cukup. Yang terakhir, pilih lokasi usaha yang tidak memiliki banyak kompetitor yang sejenis dengan usaha Anda.

6.      Maksimalkan Promosi Dengan Media Online

Karena Anda merupakan pelaku usaha kecil, untuk itu hal penting yang wajib Anda lakukan agar usaha Anda dikenal masyarakat luas adalah dengan melakukan promosi besar-besaran. Karena sebaik dan semenarik apapun produk Anda, jika tak dibarengi dengan promosi produk yang maksimal maka calon konsumen pun tak akan mengetahui keberadaan produk Anda. Anda bisa melakukan promosi melalui media massa seperti koran dengan memasang iklan mengenai produk Anda. Selain itu media promosi kekinian yang murah, mudah, dan jauh lebih efektif adalah dengan melakukan promosi melalui media online.

social media

Anda sebagai pelaku usaha bisnis kecil harus menyadari betapa kuatnya impact dari promosi produk yang dilakukan melalui media online. Karena di era modern dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini sebagian orang tak dapat lepas dari ponsel mereka. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan melakukan promosi melalui Facebook, Instagram, Whatsapp, blog, website, atau platform lainnya.

Selain itu kini juga banyak situs jual beli online yang bisa Anda manfaatkan agar produk Anda semakin dikenal masyarakat luas. Jika Anda ingin promosi produk Anda semakin maksimal, Anda dapat memasang iklan online berbayar di Instagram atau Facebook. Apapun media online yang Anda pilih, jika Anda memasang iklan dengan kata-kata persuasif serta foto produk yang menarik, maka semakin banyak pula yang tertarik untuk membeli produk Anda.

Demikianlah strategi pemasaran untuk usaha kecil yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu!

 

6 Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil yang Dijamin Ampuh | Malik | 4.5
error: Content is protected !!