6 Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan dan Hambatannya

Peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan – Sekarang zaman sudah semakin modern, manusia akan sangat bergantung pada teknologi. Hal inilah yang menjadikan teknologi sebagai kebutuhan dasar setiap orang. Tidak hanya orang tua, orang muda, dan para ahli pun juga menggunakan teknologi ini di dalam berbagai aspek. Teknologi di masa kini pun berkembang dengan sangat pesat. Berbeda dengan dahulu dimana teknologi hanya berpengaruh terhadap aspek kehidupan manusia saja, saat ini teknologi berkembang lebih luas dimana bisa digunakan di dalam bidang pendidikan. Di dalam pendidikan teknologi akan memiliki peranan tersendiri di dalam proses belajar dan juga mengajar.

Teknologi dalam Pendidikan

Teknologi Dalam Pendidikan

Belajar tanpa menggunakan teknologi rasanya sangat tidak mungkin terutama di zaman yang serba modern seperti saat ini. Peran teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan itu sangat banyak sehingga pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan berikut ini:

  1. Materi berbasis elektronik atau digital

Peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan pertama adalah menyajikan materi berbasis elektronik atau digital. Dengan materi dalam bentuk digital tersebut proses belajar mengajar bisa dilakukan dimana saja dan juga kapan saja, murid tidak harus terpaku belajar di tempat dan waktu yang sudah  tentukan. Pembelajaran menjadi sangat fleksibel dimana murid bisa mempelajari bahan tersebut di rumah kemudian di kelas guru hanya menjelaskan poin-poin pentingnya saja dan memberitahukan apa yang sekiranya murid tidak jelas dengan materi tersebut. Dengan hal ini murid akan bersikap aktif dan juga mandiri. Siapa yang tidak mempelajari materi tersebut akan tertinggal sehingga mau tidak mau murid akan bersikap mandiri.

  1. Video conference

Peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan selanjutnya adalah video conference. Meski sedang berada di luar kota, guru atau pengajar masih bisa mengajar melalui vide conference. Nantinya akan ada imbal balik atau interaksi antara guru dan murid melalui video conference yang sudah dilakukan tersebut. Untuk bisa mendukung pembelajaran dengan cara ini maka penting bagi sekolah atau instansi untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Terlebih di era revolusi industri 4.0 ini dimana guru maupun siswa harus memiliki kecerdasan yang melebihi mesin dan bisa mengoperasionalkan mesin dengan baik.

  1. CD Room dan Multimedia

Peran teknologi di dalam bidang pendidikan adalah CD room dan juga multimedia yang mana bisa menggantikan televisi dan video. Dengan ruangan ini peserta didik akan bisa menangkap pembelajaran lebih cepat karena lebih menarik. Contoh pembelajaran yang bisa menggunakan CD room dan multimedia ini adalah bahasa Inggris dan juga pelajaran sejarah.

  1. Melihat jadwal

Teknologi dalam bidang pembelajaran yang bisa dilakukan adalah dengan melihat jadwal kuliah atau jadwal sekolah. Dengan revolusi industri 4.0 ini memang sebaiknya cara-cara manual sedikit demi sedikit dihilangkan agar pendidik dan para siswa sudah terbiasa untuk memanfaatkan teknologi. Dengan peran teknologi tersebut pendidik akan bisa membuat jadwal, mengirimkan tugas, mengecek keuangan, dan lain sebagainya. Jika sudah terbiasa melakukan hal tersebut peserta didik akan terbiasa dengan teknologi.

  1. Media tutorial

Peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan selanjutnya adalah sebagai media tutorial. Jika para siswa tidak bisa mencerna tutorial yang biasa-biasa saja maka Anda bisa mencari tutorial yang banyak tersebar di internet dimana tutorial tersebut disajikan dengan cara yang lebih menarik. Salah satu platform yang bisa dimanfaatkan dalam pengerjaan tugas adalah ruang guru dimana di platform tersebut banyak soal disertai langkah-langkah penyelesaiannya.

  1. Tes online

Peran yang terakhir adalah penyelenggaraan tes UAN menggunakan teknologi dan media komputer. Jika nantinya UAN benar-benar dihapus, ada baiknya jika pendidikan di Indonesia ini tetap melakukan tes UTS maupun UAS berbasis komputerisasi karena hasilnya akan jauh lebih transparan. Tidak hanya transparan namun dengan menyelenggarakannya secara online ini akan membuat tes bisa berjalan lebih efektif dan juga efisien, tanpa harus menggunakan tenaga yang berlebih untuk mengoreksi hasil semua siswa.

Memang untuk menyelenggarakan tes online ini penting bagi sekolah untuk menyediakan anggaran dana yang besar selain itu sebelum tes harus dilakukan uji coba apakah semua siswa dan pendidik sudah tahu bagaimana cara menjalankan tes berbasis komputerisasi. Dengan melakukan tes ini siswa akan terbiasa menggunakan komputer dan siap dalam menghadapi tes berbasis komputerisasi. Diperkirakan ke depannya akan banyak perusahaan yang melakukan recruitment dengan tes berbasis komputer ini.

Hambatan

Belum semua instansi pendidikan menerapkan praktik teknologi informasi dalam pembelajaran karena beberapa faktor. Faktor utama yang sering menjadi penghalang adalah biaya dimana tidak semua sekolah memiliki biaya yang cukup untuk menyelenggarakan praktik TI tersebut.

Selain itu tidak semua siswa atau pendidik memiliki sarana dan prasarana pendukung seperti jaringan internet yang lancar, laptop atau komputer, dan smartphone dengan spesifikasi yang memadai.  Tidak semua siswa memiliki cukup finansial sehingga hal tersebut hanya akan membebani siswa. Yang terakhir adalah kompetensi dimana pendidik banyak yang belum bisa memanfaatkan teknologi internet tersebut terutama yang berusia lanjut.

Demikianlah beberapa peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan yang penting untuk diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

interaksi pendidik dan peserta didik di era revolusi industri 4 0 -

6 Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan dan Hambatannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!