5 Tips Jitu Mengubah Masalah Menjadi Peluang Usaha

Ternyata setiap masalah yang datang silih berganti di kehidupan kita tak selamanya berdampak buruk. Siapa sangka, nyatanya Anda dapat mengubah masalah menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Seperti kata pepatah, dibalik segala kesusahan pasti ada peluang atau jalan, untuk itu bukan hal yang tak mungkin mengubah sebuah masalah menjadi peluang usaha. Terlebih bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti dunia bisnis, simak 5 tips jitu mengubah masalah yang datang menjadi sebuah peluang usaha menjanjikan berikut ini!

1.      Jeli Dalam Melihat Peluang Tersembunyi

peluang tersembunyi

Dunia usaha kini kian kompetitif, oleh karena itu para pengusaha maupun calon pengusaha dituntut untuk jeli dalam melihat peluang tersembunyi dari setiap masalah yang ada. Misalnya saja saat musim hujan Anda dihadapkan dengan segudang permasalahan. Contohnya cucian susah mengering, atau repotnya mengenakan jas hujan saat Anda terpaksa harus keluar rumah. Dari masalah ini Anda dapat melihat peluang tersembunyi seperti bagaimana jika membuka usaha laundry rumahan, atau mungkin menjual pelapis sepatu agar tidak kebasahan.

2.      Mencari Masalah untuk Dirubah Menjadi Peluang Usaha

Jika Anda tak kunjung menemukan masalah yang berpeluang bagus untuk usaha, Anda dapat menemukan masalah baru lalu mengubah masalah menjadi peluang usaha menjanjikan. Misalnya saja, Anda melihat suatu lokasi di pinggir jalan yang sering dijadikan tempat nongkrong, namun mereka tampak kesusahan saat cuaca terlalu panas maupun saat turun hujan karena tak adanya tempat berteduh. Masalah baru yang Anda lihat ini dapat Anda rubah menjadi peluang usaha menjanjikan,misalnya dengan membuka warung minuman atau jajanan yang pasti dicari dan disukai.

3.      Mampu Menciptakan Inovasi

Inovasi

Saat Anda akan mengubah suatu permasalahan menjadi sebuah peluang usaha menjanjikan, tentu hal yang tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah mampu menciptakan inovasi baru. Jika Anda mampu untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dari setiap permasalahan yang ada, nantinya masalah-masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari dapat Anda atasi dengan baik dan bijak. Yang terpenting tetap fokus untuk mengubah permasalahan yang ada dengan mengembangkan inovasi-inovasi baru sehingga dapat dijadikan usaha dalam jangka waktu yang panjang.

4.      Miliki Pola Pikir Out of the Box

Out of the Box

Maksud dari pola pikir out of the box adalah pola pikir yang berbeda dari yang lain. Karena pola pikir ini memiliki peran cukup penting dalam menemukan peluang usaha yang tepat dari permasalahan yang ada. Karena faktanya banyak para pengusaha sukses di luar sana yang memiliki pola pikir seperti ini.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memiliki pola pikir out of the box? Yang pertama cobalah untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Karena sejatinya melihat hal dari satu sudut pandang saja justru dapat menghambat seseorang dalam mencapai kesuksesan. Karena seseorang tersebut memiliki pemikiran yang hanya terfokus pada satu hal saja tanpa mau melihat dari sudut pandang yang lain. Untuk itu cobalah untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, membaca buku juga dapat membantu seseorang berpikiran out of the box, mengapa? Karena dengan membaca buku secara tak langsung dapat menambah wawasan dan juga memperlambat proses penurunan daya ingat seseorang.

5.      Yakin Dengan Diri Anda

Dalam mengubah masalah menjadi peluang usaha, diperlukan adanya keyakinan pada diri sendiri khususnya pada kekuatan yang Anda miliki. Karena jika Anda sendiri tidak merasa yakin, bagaimana Anda bisa menciptakan peluang usaha tersebut? Untuk itu, terlebih dahulu timbulkan rasa percaya diri sehingga kedepannya Anda tidak pesimis dan bisa terus maju mewujudkan peluang tersebut. Selain itu, percaya diri juga bermanfaat untuk menghilangkan perasaan takut dan cemas yang selama ini Anda alami. Anda bisa berubah menjadi pribadi yang tangguh dan buktikan kepada orang lain bahwa Anda bisa dan mampu.

Contoh Usaha yang Lahir Dari Permasalahan

Berikut ini terdapat 3 contoh usaha yang berangkat dari sebuah permasalahan, diantaranya

  1. Usaha Tempat Kursus

Kemajuan teknologi yang kian berkembang pesat membuat tak sedikit orang yang belum mampu mengoperasikan komputer, menguasai bahasa asing, atau bahkan menyetir mobil. Anda dapat mencoba membuka peluang usaha tempat kursus agar banyak orang yang terbantu dengan usaha ini.

  1. Usaha Foto Copy dan Print

Banyaknya jumlah mahasiswa yang tidak memiliki komputer maupun printer sendiri menjadikan usaha ini menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terlebih jika dibuka di lokasi yang dekat dengan kampus.

  1. Usaha Jasa Tour Guide

Semakin banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Negara kita membuat usaha ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Tak hanya tour guide bahasa Inggris saja, namun juga berbagai bahasa asing lain seperti bahasa Korea, bahasa China, bahasa Jepang, dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai bagaimana mengubah masalah menjadi peluang usaha menjanjikan. Anda tertarik?

 

5 Tips Jitu Mengubah Masalah Menjadi Peluang Usaha | Malik | 4.5
error: Content is protected !!