6 Langkah Cara Budidaya Tanaman Bajakah yang Jarang Diketahui

Cara budidaya tanaman bajakah banyak dicari. Hal tersebut dikarenakan tanaman bajakah saat ini begitu populer setelah ada penelitian yang mengemukakan bahwa tanaman ini bisa digunakan untuk menyembuhkan kanker. Ya, kanker merupakan momok menakutkan bagi semua orang karena penyakit satu ini tidak bisa disembuhkan jika terdeteksi pada stadium lanjut dan masih memiliki peluang untuk sembuh jika terdeteksi di stadium awal. Sayangnya kebanyakan kasus kanker ditemukan pada stadium lanjut sehingga pengobatan yang dilakukan masih sangat kurang optimal. Dengan adanya penelitian tersebut, tanaman bajakah menjadi angin segar bagi penderita kanker untuk mendapatkan kesembuhan.

Karena banyaknya permintaan tanaman bajakah yang semakin meningkat ini maka tidak mengherankan jika banyak yang bertanya bagaimana cara budidaya tanaman bajakah tersebut. Lalu bisakah tanaman bajakah yang tumbuh secara alami tersebut di budidayakan? Simak penjelasannya di bawah ini:

Tidak Bisa Asal Budidaya Tanaman Bajakah

Budidaya Tanaman Bajakah

Pemerintah Kalimantan Tengah mengajak masyarakat Kotim Timur untuk membudidayakan tanaman bajakah yang dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati kanker. Sayangnya tanaman ini sama seperti bawang dayak yang mana tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Jika dipindahkan ke lokasi pertanaman lainnya akan berkurang khasiatnya. Oleh sebab itu kebanyakan tanaman bajakah ini hanya bisa ditanam di habitat aslinya.

Jika Anda bisa menemukan lokasi yang sangat mirip dengan habitat asli tanaman bajakah bukan tidak mungkin jika Anda bisa membudidayakan tanaman yang sedang viral ini dengan baik.  Eksploitasi tanaman ini secara besar-besaran dikhawatirkan membuatnya punah sehingga budidaya tanaman ini harus dilakukan sesegera mungkin agar semakin banyak orang yang bisa mengenal dan merasakan manfaat tanaman bajakah ini. Dengan budidaya yang tepat Anda bisa mendapatkan keuntungan dari tanaman ini tanpa harus membuatnya punah.

Cara Budidaya

Budidaya menjadi cara untuk menjaga tanaman ini tetap lestari. Simak cara budidaya tanaman bajakah yang tepat berikut ini:

  1. Lokasi yang tepat

Cara pertama adalah lokasi yang tepat. Tanaman ini bisa merambat di ketinggian 5 filter dan bisa mencapai puncak ke pohon yang dirambatinya. Akar tanaman bajakah ini juga akan mampu menghujam di air lahan gambut. Oleh sebab itu jika Anda ingin menanam tanaman ini, pilih tanah gambut agar bisa subur dan tumbuh dengan baik.

  1. Rimbun dan tertutup matahari

Cara budidaya tanaman bajakah selanjutnya yang penting untuk Anda ketahui adalah rimbun dan tertutup lahan.  Lokasi seperti ini akan membuat tanaman bajakah mampu tumbuh dengan subur. Tanaman bajakah tidak bisa hidup di tempat yang terlalu banyak sinar mataharinya karena bisa membuat akar tanamannya kering kemudian layu.

  1. Mencari bibit

Jika lokasi sudah ditemukan maka Anda bisa mencari bibitnya. Bibit ini sudah banyak dijual di marketplace maupun di sosial media. Akan lebih baik jika Anda membeli bibit yang asli. Dengan mengetahui karakteristik dari bibit bajakah tersebut mudah bagi Anda untuk menemukan bibit yang asli.

  1. Letakkan di kamar mandi

Letakkan di lokasi yang lembap agar bibit tidak kering. Anda bisa meletakkan bibit tanaman bajakah tersebut di kamar mandi. Kelembapan di kamar mandi ini akan membuat bibit akan menjadi lebih segar, selain itu menanamnya secara langsung ini tidak bagus untuk pertumbuhan bibit ke depannya.

  1. Menanam di lokasi tanam

Cara selanjutnya adalah menanam di lokasi tanam. Untuk cara penanaman di lahan gambut ini berbeda dibandingkan di lokasi biasa yaitu dengan menancapkan bibit di lahan atau di lokasi tanam tersebut. Pastikan jika akarnya sudah benar-benar menancap dengan kuat. Anda juga bisa membuatkan rambatan dari kayu di samping tanaman agar tanaman bisa tumbuh dengan kuat. Jika Anda menanam tanaman lebih dari satu berikan jarak agar bisa tumbuh secara maksimal.

  1. Pemupukan

Hal terakhir yang harus Anda lakukan untuk bisa menanam tanaman bajakah dengan baik dan benar adalah dengan memberikan pemupukan. Anda bisa menebar pupuk di atas lahan gambut tersebut untuk membuat tanaman bajakah tumbuh dengan subur. Akar tanaman akan tetap bisa menyerap pupuk tersebut dengan baik. Komposisi pupuk juga harus tepat dimana harus disesuaikan dengan umur tanaman, terlalu banyak hanya akan membuat tanaman bajakah justru layu dan daunnya menguning. Karena sudah berada di lahan gambut maka Anda tidak perlu lagi melakukan penyiraman karena tanah memiliki debit air yang cukup banyak.

Jenis Tanaman Bajakah

Baca juga : 8 Langkah dalam Teknik Budidaya Tanaman Jagung Hibrida

Tanaman bajakah banyak sekali jenisnya. Penting bagi Anda untuk memilih tanaman bajakah yang tepat untuk pengobatan kanker karena ada beberapa jenis bajakah yang beracun. Yang bisa dijadikan sebagai obat kanker adalah bajakah tampala yang mana batangnya mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tanin, dan juga saponin.  Selain itu ada juga tanaman bajakah kalalawit dan lamei yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung, pembentukan kolagen, dan dijadikan sebagai sumber air.

Demikianlah beberapa cara budidaya tanaman bajakah yang menarik untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

bibit bajakah -

6 Langkah Cara Budidaya Tanaman Bajakah yang Jarang Diketahui | Malik | 4.5
error: Content is protected !!