Mau Memulai Bisnis? Ketahui dulu 5 Tips Sukses Bisnis ala Sandiaga Uno

Sebagai salah satu pengusaha sukses sekaligus politikus dengan kekayaan mencapai 4,4 Triliun, tentu siapa saja ingin tahu apa saja tips sukses bisnis ala Sandiaga Uno. Setelah namanya menjadi perbincangan di berbagai media pada 2017 lalu karena berhasil menjabat Wakil Gubernur DKI, kini Sandiaga kembali menjadi sorotan karena keputusannya maju sebagai Wakil Presiden di Pemilu mendatang. Namun tentu siapa saja tahu bahwa Sandiaga adalah sosok seorang pebisnis yang ulung sebelum akhirnya terjun ke dunia politik.

Sandiaga uno

Sandiaga uno

Tercatat bahwa Sandiaga pertama kali mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1998 bersama Edwin Soeryadjaya dengan nama Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan yang bergerak di bidang investasi ini akhirnya melejit dan mendapatkan tempatnya di kancah bisnis negeri ini. Lalu apa saja tips sukses bisnis ala Sandiaga Uno? Simak penjelasannya berikut.

Etos Kerja

Setiap orang harus memiliki etos kerjanya masing-masing. Kepercayaan itulah yang diilhami oleh Sandiaga Uno hingga detik ini. Mungkin tidak banyak orang yang tahu bagaimana dulunya Sandiaga Uno sebelum menjadi sukses seperti sekarang. Ia mengaku bahwa dulu pernah merasakan pahitnya terkena PHK dan menjadi pengangguran. Masa lalu inilah yang membuatnya sadar bahwa etos kerja sangat dibutuhkan untuk membangun karakter dalam diri.

Dengan menjalankan etos kerja tersebut, Sandiaga berhasil membuktikan kepada dunia bahwa dirinya kini adalah salah satu pengusaha terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai 4,4 Triliun. Kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas. Itulah etos kerja 3 AS ala Sandiaga Uno yang sering dilontarkannya dalam berbagai kesempatan. Untuk menjadi pebisnis yang handal, jelas seseorang perlu mengubah semuanya dari dalam terlebih dahulu.

Dapatkan Motivasi

Mungkin sebagian dari anda masih belum percaya dengan kekuatan motivasi, namun ternyata Sandiaga Uno berpikir lain. Sebagai salah satu pebisnis sukses, Sandiaga sangat setuju bahwa motivasi, terutama dalam membangun bisnis adalah salah satu faktor pendukung yang sangat penting.

Sandi sangat gemar membaca kisah orang-orang sukses dari berbagai belahan dunia untuk membuatnya tetap tegar saat masalah menghampiri di tengah perjalanan bisnisnya. Buku-buku favoritnya masih seputar buku-buku motivasi yang penulisnya adalah orang-orang kaya dan seputar perjalanan hidup mereka. Sandi sendiri sudah menuliskan kisah perjalanan hidupnya mulai dari awal hingga sukses seperti sekarang dalam bukunya yang berjudul “Kerja Tuntas, Kerja Ikhlas: One Way Ticket to Success” pada 2017 lalu.

Kerja sama adalah Kunci

Tips sukses bisnis ala Sandiaga Uno yang selanjutnya adalah kerja sama. Pernahkah anda merasakan kehabisan ide untuk mengembangkan bisnis anda? Atau kehilangan motivasi di saat bisnis anda lesu? Nah, pada titik itulah anda membutuhkan teman bisnis, atau partner. Dengan memiliki kerja sama, anda bisa bertukar ide, terobosan-terobosan, atau solusi bersama dalam bisnis. Selain itu, anda bisa menentukan target yang lebih kukuh jika sudah menjalin kerja sama. Partner bisnis juga bisa memberikan motivasi serta dorongan saat anda merasa bisnis anda sedang terpuruk.

Temukan Peluang dari setiap Kegagalan

Mungkin tips yang satu ini terdengar sangat klise bagi sebagian orang. Tips tersebut tidak jauh berbeda dari apa yang sering anda dengar bahwa jangan pernah menyerah jika bisnis anda menemui kegagalan. Namun begitulah kenyataannya. Sandi percaya bahwa setiap orang yang saat ini sukses pernah mencicipi pahitnya kegagalan dan kejatuhan. Daripada menyerah, Sandi justru percaya bahwa setiap kegagalan memiliki peluangnya masing-masing yang mampu mengantarnya menuju kesuksesan.

Tentu saja bukan hal yang mudah untuk meneguhkan hati saat bisnis mengalami kegagalan. Anda mungkin tidak hanya dirugikan secara material saja, namun juga moral sekaligus mental. Yang terpenting adalah bukan seberapa banyak anda jatuh, melainkan seberapa tangguh anda untuk bangkit kembali setelah kejatuhan tersebut dan menemukan peluang baru untuk mengelola bisnis anda.

Dapatkan Energi Positif dengan Berolahraga

Di luar semua strategi bisnis yang anda jalankan, kesehatan tubuh adalah prioritas. Tubuh yang sehat akan memberikan pikiran yang sehat pula. Pikiran yang sehat nantinya secara otomatis akan senantiasa mengalirkan energi positif yang tentu sangat berguna dalam cara menjalankan bisnis. Dengan memercayai pentingnya energi positif tersebut, Sandi sendiri saat ini rutin melakukan olahraga setiap pagi. Bahkan di usianya yang hampir menginjak 50 tahun, tubuhnya masih terlihat bugar dan sehat. Nah, untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, anda bisa rutin melakukan olahraga setiap hari. Lakukan olahraga ringan yang sekiranya masih sanggup anda lakukan tanpa risiko kelelahan.

Itulah tips sukses bisnis ala Sandiaga Uno, pengusaha sukses sekaligus politikus moncer di Indonesia. Tips di atas sebenarnya hanya berguna jika anda berhasil mengubah Mindset anda menjadi Mindset seorang pebisnis yang tangguh. Skill berbisnis tentu saja dibutuhkan. Hanya saja dalam diri anda sudah terbangun mental dan pola pikir bisnis yang baik, maka hanya menunggu waktu anda berada di puncak kesuksesan.

 

Mau Memulai Bisnis? Ketahui dulu 5 Tips Sukses Bisnis ala Sandiaga Uno | Malik | 4.5
error: Content is protected !!