5 Kiat-Kiat Memilih Investasi Lahan Kosong

Kiat-kiat memilih investasi lahan kosong sangat perlu diperhatikan sebelum Anda memulai untuk terjun di investasi ini. Investasi lahan kosong adalah salah satu jenis investasi yang sangat menguntungkan selain investasi saham, reksanada, atau emas. Pasalnya, investasi ini tidak membutuhkan pengawasan yang ketat layaknya investasi saham dan reksadana. Meski termasuk investasi bidang properti, investasi lahan kosong tak memiliki biaya yang mahal seperti investasi properti lainnya. Jika Anda mulai tertarik dengan investasi lahan kosong, yuk simak informasi penting berikut.

Periksa Legalitas Tanah

Sertifikat tanah

Sertifikat tanah

Hal yang sangat penting dalam investasi tanah adalah hal-hal yang berkaitan dengan lehalitas tanah. Kiat-kiat memilih investasi lahan kosong yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memeriksa kelengkapan dokumen tanah. Pastikan tanah yang akan Anda beli bebas, bersih, dan tepat.

Bebas yang dimaksud adalah tanah yang akan Anda beli tidak termasuk dalam kawasan sengketa. Dalam hal ini, legalitas kepemilikan tanah bisa dibuktikan dengan dokumen pendukung, seperti sertifikat asli yang tertera dengan nama pemilik. Notaris bisa membantu Anda untuk mengecek keaslian sertifikat tanah yang diberikan kepada Anda.

Kemudian bersih di sini memiliki arti tanah yang akan dibeli tidak sedang digunakan untuk kegiatan lain atau tidak sedang diduduki oleh orang-orang yang tidak punya hak. Terakhir, tepat berarti ukuran tanah sesuai dengan sertifikat. Semua batas-batas tanah cocok dengan yang tertera di sertifikat.

Pilih Kawasan yang Punya Prospek Bagus

lahan kosong lokasi strategis

lahan kosong lokasi strategis

Lahan kosong tidak bisa menghasilkan pendapatan, kecuali apabila lahan tersebut terletak di kawasan yang strategis, seperti di dekat pusat kota, hook, atau di dekat jalan raya. Kiat-kiat memilih investasi lahan kosong yang sangat penting adalah pintar-pintar mencari kawasan yang berprospek tinggi. Tanah-tanah yang berlokasi di daerah yang strategis sangat mudah untuk disewakan. Lahan-lahan dengan luas kurang dari 1 hektar yang berada di tengah kota padat penduduk bisa disewakan sebagai kafe, pom bensin, atau yang lainnya.

Sementara itu, apabila lahan yang akan dibeli mempunyai luar 2 – 3 hektar di tengah kota, lahan bisa dimanfaatkan untuk pool taksi, lahan parkir, dan lain sebagainya.

Keahlian yang harus Anda miliki ketika terjun dalam investasi tanah adalah kemampuan memilih lokasi atau memprediksi lokasi. Tak apa jika saat ini tanah tersebut kurang begitu strategis, siapa tahu beberapa tahun ke depan, lahan tersebut justru menjadi lahan yang banyak dicari orang. Dalam hal ini, Anda harus pintar melihat prospek suatu kawasan.

Periksa Peruntukan Lahan dan Amati Perubahannya

Peruntukan dari lahan tertentu harus sesuai dengan rencana tata kota wilayahnya. Sebelum Anda membeli lahan tertentu, periksa optimalisasi pemanfaatan lahan sesuai dengan Koefisian Lantai Bangunan dan juga Koefisien Dasar Bangunan. Kawasan yang berpotensi akan digunakan sebagai pengembangan fasilitas umum atau kepentingan umum seperti jalan raya, rumah sakit dan sebagainya akan menguntungkan Anda. Artinya, jika Anda membeli lahan di tempat tersebut, lahan tersebut pun akan semakin prospektif. Ini bisa jadi kiat-kiat memilih investasi lahan kosong yang cukup penting.

Pastikan Harga Lahan Sesuai Budget

 Harga Lahan Sesuai Budget

Harga Lahan Sesuai Budget

Setelah memperhatikan kiat-kiat memilih investasi lahan kosong seperti yang sudah dijelaskan di atas, saatnya Anda memeriksa berapa budget Anda. Investasi properti ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Akan tetapi, jika lahan-lahan dengan kriteria seperti yang dijelaskan di atas punya harga yang sangat mahal, Anda tak perlu khawatir. Jangan memaksakan budget Anda. Apalagi investasi dengan cara berhutang. Anda bisa memilih kawasan lain yang menyediakan lahan kosong dengan harga yang lebih murah.

Tidak semua lahan di daerah kurang strategis itu tidak berprospek. Siapa tahu, daerah yang sebelumnya kurang strategis ini menjadi target pemerintah untuk dikembangkan. Nah, investasi Anda akan tetap menguntungkan, bukan?

Sebagai contoh, dulu kawasan di daerah Sentul adalah kawasan hutan dan gunung. Harga lahan di kawasan ini awalnya sangat murah. Akan tetapi, bisa dilihat sendiri kawasan ini sekarang menjadi pusat rekreasi yang mewah. Ternyata, banyak pengembang yang sudah melirik kawasan ini.

Amankan Lahan Kosong yang Telah Dibeli

Setelah mendapatkan lahan kosong, langkah terakhir yang bisa wajib Anda lakukan adalah segera mengamankan lahan tersebut. Anda bisa mengamankannya dengan cara membuat pagar permanen sebagai batas. Hal ini diperlukan untuk mencegah risiko adanya penyerobotan atau okupansi dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika hal ini sampai terjadi, tentu akan sangat merugikan Anda.

Dalam investasi lahan kosong, Anda memang harus dituntut untuk teliti. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu Anda sudah mendengar banyaknya kasus penipuan lahan kah? Sekarang saatnya Anda lebih jeli dengan memperhatikan penjelasan kiat-kiat memilih investasi lahan kosong ini.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

gambar lahan kosong -

5 Kiat-Kiat Memilih Investasi Lahan Kosong | Malik | 4.5
error: Content is protected !!