5 Cara Memulai Usaha Angkringan Modern

Tips dan cara memulai usaha angkringan modern bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena konsepnya yang tidak muluk-muluk serta modal yang sedikit, dan susah karena banyaknya pesaing di pasaran saat ini. Angkringan sendiri terbukti masih mampu bertahan hingga kini di tengah gempuran berbagai macam bisnis kuliner seperti warung, restoran, dan eatery. Nah, konsep angkringan modern ini adalah salah satu langkah dari para pengusaha angkringan dalam melakukan inovasi untuk mengembangkan angkringan-angkringan mereka. Konsep angkringan gaul seperti menjawab kebutuhan pasar yang menginginkan angkringan yang unik, berbeda, serta menarik. Bagi anda yang berencana terjun dalam bisnis ini, berikut adalah cara memulai usaha angkringan modern.

Pangsa Pasar

Pangsa Pasar

Pangsa Pasar

Menentukan pangsa pasar adalah langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum memulai bisnis. Begitu pun dengan bisnis angkringan, anda harus menentukan pangsa pasar yang ingin anda target terlebih dahulu. Anda bisa mengklasifikasikan konsumen berdasarkan statusnya, seperti kalangan pekerja dan karyawan, mahasiswa, wisatawan, atau hanya warga sekitar. Proses penentuan pangsa pasar ini menjadi sangat penting karena berhubungan dengan langkah selanjutnya yaitu menentukan lokasi. Selain itu, pahami terlebih dahulu pangsa pasar yang akan anda target. Apakah sudah banyak yang membidik pasar tersebut? Jika sudah, lalu apa nilai unik dan berbeda yang sekiranya bisa anda tawarkan dibandingkan dengan angkringan-angkringan lainnya? Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut supaya pangsa pasar anda tidak meleset dan angkringan anda bisa berkembang sesuai dengan target.

Lokasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bisnis angkringan saat ini sudah bak jamur di musim hujan. Namun di antara begitu banyaknya usaha angkringan, tak sedikit pula yang harus rela menelan pahitnya gulung tikar karena rugi. Umumnya, kerugian yang dialami di sebabkan gagalnya angkringan dalam menggaet pas konsumen dalam jumlah yang banyak. Nah, dari poin ini, pemilihan lokasi menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Jangan pernah merisikokan bisnis angkringan anda dengan membukanya di lokasi yang sama sekali tidak memiliki prospek cerah, bahkan berisiko.

Bisnis Angkringan

Bisnis Angkringan

Cara yang paling mudah dalam memilih lokasi adalah dengan melihat kembali pangsa pasar anda. Jika anda membidik para pekerja dan karyawan, maka lokasi-lokasi dekat kantor dan pabrik Menai lokasi yang sangat potensial. Atau jika anda membidik mahasiswa, maka anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan area kampus, kost-kostan, dan sekitarnya.

Pelayanan

Nah, selanjutnya adalah dengan mulai mempertimbangkan pelayanan. Anda harus ingat bahwa kenyamanan pelanggan adalah prioritas utama. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk memberikan pelayanan yang ramah, dan menyenangkan. Terlepas dari itu, angkringan memang selalu identik dengan kehangatan para penjualnya. Jangan sungkan untuk sesekali berinteraksi dengan para konsumen anda. Interaksi yang anda bangun secara tidak langsung membuat para pelanggan anda betah dan berubah menjadi pelanggan potensial bagi angkringan anda. namun tentu, pelayanan yang cepat dan cekatan juga harus diperhatikan supaya pelanggan tidak terlalu lama menunggu.

Fasilitas

Cara selanjutnya adalah mempersiapkan fasilitas angkringan anda. fasilitas inilah yang nantinya akan membedakan antara jenis angkringan konvensional dengan angkringan modern. Jika dulu angkringan selalu identik dengan gerobak yang didorong dan bangku panjang serta penerangan yang remang-remang, maka untuk angkringan modern memiliki ciri yang berbeda.

Desain dalam Bisnis Angkringan

Desain dalam Bisnis Angkringan

Mulai dari fasilitas hingga menu yang ditawarkan umumnya memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri. Bahkan desain angkringan pun tak luput dari perubahan yang di usung oleh konsep angkringan modern ini. Angkringan bergaya modern biasanya lebih mengutamakan duduk lesehan sebagai tempat bagi pelanggan. Hal tersebut sebenarnya ditujukan untuk menampung pelanggan dalam jumlah banyak sekaligus. Selain itu, fasilitas-fasilitas lain seperti hotspot gratis, lahan parkir, hingga desain furnitur yang unik juga menjadi bagian dari ciri angkringan modern.

Menu Kuliner

Cara memulai usaha angkringan modern yang selanjutnya adalah mempersiapkan daftar menu kuliner. Untuk yang satu ini, anda harus ingat bahwa meskipun angkringan anda mengusung konsep modern, namun menu-menu wajib angkringan harus tetap ada. Menu wajib untuk angkringan di antara lain adalah wedang jahe, sate usus, sate kambing, sate ayam, nasi kucing, nasi duduk, pecel, sate telur, aneka kopi, dan aneka gorengan.

Untuk membuat variasi menu modern, anda bisa menambahkan beberapa menu modern seperti kentang goreng, tahu nugget, hingga donat. Namun jika anda ingin cepat dikenal oleh pelanggan, sebaiknya anda mempunyai satu menu unik tersendiri yang sekiranya mengundang rasa penasaran dari para pelanggan. Yang terpenting, apapun menu kuliner yang anda sajikan, semuanya haruslah terjangkau dan ramah di kantong konsumen. Anda juga harus memastikan jika semua menu kuliner yang anda jual memiliki kualitas yang baik sehingga konsumen merasa puas dengan menu yang anda sajikan.

Itulah beberapa cara memulai usaha angkringan modern yang bisa anda ketahui. Selamat mencoba!

 

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

Desain angkringan -

5 Cara Memulai Usaha Angkringan Modern | Malik | 4.5
error: Content is protected !!