4 Manfaat Asuransi Aset Pribadi dan Bisnis

Manfaat asuransi aset – Setiap orang pasti memiliki aset, namun memiliki nilai yang berbeda-beda. Yang dimaksud dengan aset adalah sesuatu yang memiliki nilai besar dan juga berharga seperti property, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Agar tidak mengalami kerugian karena kehilangan aset ada baiknya jika mengikuti asuransi aset. Hal itu dikarenakan tidak ada yang pernah tahu kapan risiko tersebut datang. Risiko kehilangan aset ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan kehilangan aset adalah kebakaran, banjir, gempa, bencana alam, dan lain sebagainya. Sayangnya sampai dengan saat ini kesadaran masyarakat untuk mengikuti asuransi ini masih rendah. Salah satu hal yang menyebabkannya adalah ketidak lengkapan informasi yang diterima tentang asuransi tersebut. Agar kesadaran masyarakat untuk mengikuti asuransi meningkat, simak beberapa manfaat asuransi aset yang penting diketahui berikut ini:

Membantu Mengatur Keuangan

asuransi aset

asuransi aset

Manfaat asuransi aset yang pertama adalah membantu mengatur keuangan. Tanpa Anda sadari dengan adanya asuransi aset kini Anda sedang melakukan kebiasaan keuangan dengan baik. Alasannya adalah Anda harus menyisihkan uang Anda secara rutin untuk membayar premi tersebut. Dengan kewajiban ini Anda harus mengurangi pengeluaran Anda serta membiasakan diri Anda untuk taat pada anggaran dan juga rencana keuangan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Perasaan Aman dan Nyaman

Manfaat selanjutnya adalah asuransi aset ini bisa digunakan untuk memberikan perasaan aman dan juga nyaman. Hal ini tidak hanya Anda dapatkan dari asuransi aset saja namun juga beberapa asuransi yang lainnya dimana dengan adanya perlindungan ini Anda tidak perlu takut dengan risiko yang bisa terjadi kapan saja tersebut. Dengan adanya asuransi properti beserta dengan isinya tersebut Anda juga merasa tenang karena kerugian yang nantinya harus Anda tanggung justru akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Selain itu Anda bisa tenang karena bisa keluar rumah kapan saja karena rumah Anda sudah dilindungi oleh asuransi.

Meminimalisir Kerugian

Asuransi aset ini juga memiliki manfaat seperti mengurangi risiko kerugian yang bisa diderita oleh pemilik polis. Banyak sekali biaya yang bisa ditanggung oleh asuransi aset ini seperti biaya renovasi, biaya sewa rumah sementara, biaya bencana kebakaran, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak memiliki asuransi aset ini bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk menanggung itu semua.

Bisa Menjadi Investasi atau Tabungan

Salah satu hal yang banyak diragukan saat join asuransi adalah premi yang dibayarkan akan dimiliki oleh perusahaan asuransi, padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Hal itu dikarenakan premi yang Anda keluarkan ini nantinya bisa dijadikan sebagai instrumen investasi atau tabungan. Meski begitu tidak semua produk asuransi ada yang memiliki nilai tabungan atau investasi sehingga Anda bisa bertanya produk asuransi aset apa yang juga bisa dijadikan sebagai investasi. Biasanya asuransi yang juga merangkap sebagai investasi jenisnya Unit Link namun preminya juga lebih besar dibandingkan dengan yang asuransi biasa.

Asuransi Aset Perusahaan

Sebenarnya asuransi aset ini tidak hanya untuk pribadi saja, namun juga bisa digunakan untuk bisnis dan perusahaan. Bagi pebisnis yang memiliki banyak aset maka sangat penting sekali untuk mendaftarkan diri menjadi nasabah asuransi aset karena berisiko kehilangan aset bisnis yang dimilikinya. Aset yang tidak dilindungi akan menyebabkan kebangkrutan terutama jika nilai asetnya besar.

Salah satu risiko terbesar yang bisa menimpa bangunan atau perusahaan bisnis adalah kebakaran.  Saat kebakaran harta benda yang ada di dalam bisnis Anda bisa hilang dan musnah begitu saja. Harta benda ini nantinya di cantumkan ke dalam ikhtisar polis dan harta benda tersebut haruslah Anda miliki atau secara hukum Anda bertanggung jawab terhadap asuransi tersebut. Dalam hal ini termasuk bangunan Anda atau isi dari bangunan Anda atau justru keduanya. Anda juga bisa mengasuransikan barang maupun harta benda secara spesifik dan Anda harus menyetujui apa saja yang akan di asuransikan dalam polis asuransi aset ini.

Aset Perusahaan

Aset Perusahaan

Untuk asuransi aset, ada beberapa risiko pengecualian yang harus diperhatikan dan ada beberapa risiko yang bisa dijamin oleh asuransi. Sehingga ada baiknya Anda membaca polis secara lengkap dan detail untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akan cakupan perlindungan asuransi tersebut. Kebanyakan asuransi khusus aset ini mencakup kebakaran, petir, ledakan yang berasal dari harta benda yang dipertanggungkan ke asuransi, meledak bejana dengan tekanan yang sudah diasuransikan, kecelakaan pesawat terbang atau terkena barang yang terjatuh dari pesawat terbang, dan yang terakhir adalah karena asap yang berasal dari kebakaran harta benda yang sudah dipertanggungkan.

Memang asuransi sangat bermanfaat sekali sebagai proteksi perlindungan dan juga melindungi aset maupun harta benda yang Anda miliki. Agar bisa mendapatkan manfaat asuransi aset yang maksimal, ada baiknya jika Anda membaca dengan teliti perlindungan apa saja yang dicantumkan dalam polis tersebut, selain itu sesuaikanlah premi asuransi sesuai dengan budget untuk menghindari pembayaran premi yang macet sehingga membuat polis asuransi menjadi tercabut.

 

4 Manfaat Asuransi Aset Pribadi dan Bisnis | Malik | 4.5
error: Content is protected !!