10 Ide Kerajinan Tangan Yang Dapat Dibuat Bisnis Bernilai Fantastis

Kerajinan tangan yang dapat dibuat bisnis – Kreativitas dalam dunia bisnis memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh karena itu, jangan takut untuk memulai usaha karena tidak ada modal. Salurkan gagasan kreatif Anda menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berharga. Gunakan bahan baku dimana Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah. Berikut ide kerajinan tangan yang dapat dibuat bisnis dengan keuntungan menjanjikan:

1. Jangan Buang Botol Plastik Bekas

Sampah botol plastik jika dibuang akan merusak ekosistem. oleh karena itu, jangan buang botol plastik bekas Anda. lebih baik diolah menjadi barang yang bermanfaat seperti tempat pensil, vas bunga, asbak, lampu, ornamen ruangan, dan sebagainya.

kerajinan dari botol bekas

kerajinan dari botol bekas

Dengan menggunakan botol plastik bekas sebagai bahan baku, Anda dapat menekan pengeluaran modal cukup signifikan. Buat inovasi dan sentuhan unik terhadap kerajinan tangan Anda. Dan yang semula dianggap sampah pun kini menjadi barang bernilai tinggi. Selain itu, Anda juga turut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan.

2. Berkreasilah dengan Rotan dan Bambu

figura foto dari rotan

figura foto dari rotan

Bahan baku berikut ini cukup populer untuk disulap menjadi kerajinan. Sudah banyak kerajinan tangan yang terbuat dari rotan seperti, kursi, meja, rak buku, tempat tissue, figura foto, dan masih banyak lagi. Jika rotan sukar untuk ditemukan di daerah Anda, alternatifnya bisa menggunakan bambu. Untuk mendapatkan bambu sendiri bukanlah hal yang sulit. Terlebih jika Anda tinggal di pedesaan. Sudah pasti sangat mudah. Bamboo juga termasuk tumbuhan yang cepat tumbuh. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan bisnis.

3. Jangan Remehkan Limbah Kertas

Kerajinan tangan yang dapat dibuat bisnis bisa juga berbahan dasar limbah kertas lho! Daripada dibiarkan menumpuk di gudang, lebih baik diolah menjadi barang yang bernilai ekonomis. Misalnya, Anda bisa membuat tas, vas bunga, figura foto, kotak kado, dan lain-lain. Buatlah seunik mungkin agar orang tertarik untuk menggunakan olahan limbah kertas yang Anda buat.

4. Manfaatkan Ban Bekas

Pertajam kreativitas Anda dan lihat barang-barang di sekitar yang bisa dijadikan peluang bisnis. Contohnya ban bekas. Barang yang biasanya dianggap tidak berguna ini bisa Anda sulap menjadi furniture dengan nilai jual yang cukup fantastis.

Furniture dari ban bekas

Furniture dari ban bekas

Perabotan rumah yang tebuat dari karet cukup mencuri perhatian. Fleksibitas dan keunikannya mampu mempercantik ruang tamu. Lagipula, harganya lebih terjangkau dibandingakan dengan perabotan yang berbahan dasar kayu.

5. Daur Ulang Kaleng Bekas

Tangan dingin orang yang kreatif tidak akan pernah membiarkan barang sekecil apapun terbuang tanpa nilai. Seperti halnya kaleng bekas. Jika banyak orang memilih menukarkan kaleng bekas dengan minyak, maka Anda perlu tahu, kaleng bekas bisa didaur ulang menjadi koleksi dengan nilai seni tinggi. Miniatur ciamik atau wadah misalnya.

6. Gunakan Kain Perca

dompet kain perca

Biasanya kain potongan-potongan bekas konveksi dibuang begitu saja. Padahal, kain perca tersebut bisa diubah menjadi barang-barang cantik seperti tas, dompet, bantal bros, dan boneka. Kesan retro yang ditampilkan oleh barang-barang tersebut membuatnya disukai banyak orang. Apalagi gaya vintage saat ini tengah menjadi primadona banyak orang.

7. Kain Flanel Juga Bisa Dimanfaatkan

Tidak hanya kain perca, kain flannel juga bisa menjadi karya yang menjual. Gantungan kunci dengan aneka bentuk yang lucu, bunga mawar imitasi yang elok, boneka dengan beragam karakter, dompet, dan sederet benda lain yang bermutu. Kain flannel juga biasa dijual dengan harga terjangkau. Jadi, Anda tidak harus mengeluarkan budget besar untuk membeli bahan baku kerajinan tangan yang dapat dibuat bisnis.

8. Besi Bekas untuk Membuat Karya yang Berkualitas

miniatur  dari besi bekas

miniatur dari besi bekas

Siapa sangka besi-besi yang tidak terpakai bisa Anda ubah menjadi benda yang diburu banyak orang. Anda bisa membuat miniatur dengan kompleksitas dan kerumitan yang luar biasa. Harga yang Anda dapatkan pun tidak kalah fantastis. Sebuah miniatur bermaterial besi bisa dijual dengan harga ratusan hingga jutaan rupiah loh! Jadi, jangan sia-sia kan besi bekas di rumah Anda.

9. Berinovasi dengan Kardus Bekas

lampu hias dari kardu bekas

Senasib dengan kaleng bekas, kardus bekas barang juga biasanya berakhir di tukang rongsok. Padahal jika Anda mau berinovasi, kardus yang tidak terpakai itu bisa digunakan untuk membuat figura foto, kotak pensil, kardus sepatu, lampu hias, dan sebagainya. Dengan sedikit polesan, Anda bisa meraih keuntungan dari kardus yang biasanya dihargai murah.

10. Coba Buat Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi sangat diminati masyarakat entah untuk souvenir atau penggunaan pribadi. Tentu saja itu menjadi peluang bisnis dengan prospek yang cukup cemerlang. Membuat lilin bukanlah hal yang sulit. Anda bisa mendapatkan bahan bakunya dari toko kimia terdekat. Dengan sentuhan aroma yang memanjakan hidung serta bentuk lilin yang unik, lilin aromaterapi berharga lebih tinggi dibanding lilin biasa.

membuat lilin aromaterapi

membuat lilin aromaterapi

Itulah 10 ide kerajinan tangan yang dapat dibuat bisnis. Anda bisa menawarkan karya tangan Anda secara online maupun offline. Yang paling penting, terus kembangkan kreativitas Anda. semakin tidak pasaran, semakin tinggi pula nilai jual produk Anda.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

kerajinan tangan dari karet ban -

10 Ide Kerajinan Tangan Yang Dapat Dibuat Bisnis Bernilai Fantastis | Malik | 4.5
error: Content is protected !!