10 Cara Memulihkan Pikiran yang Stress saat Berbisnis Paling Efektif

Setiap pebisnis baik yang pemula ataupun profesional tentunya membutuhkan cara memulihkan pikiran yang stress saat berbisnis. Hal ini karena dunia bisnis sarat akan tuntutan yang sangat berat. Persaingan dengan kompetitor bisnis serta tuntutan mengembangkan bisnis tersebut agar lebih baik juga menjadi faktor tersendiri yang menyebabkan pikiran stress.

Berdasarkan hasil survey, sekitar 4 dari 10 orang yang bekerja pada sebuah perusahaan besar terus mengalami kekhawatiran akan berbagai hal seperti restruksturisasi besar-besaran sampai ancaman lain yang menghadang perusahaan tersebut. Kondisi tersebut menyebabkan 45% orang dewasa terus mengalami stress. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi pikiran stress akibat kegiatan bisnis. Jika Anda penasaran, simak ulasan berikut ini.

Cara Paling Ampuh Menghilangkan Rasa Stress saat Berbisnis

Sebagian orang mungkin sudah menemukan caranya masing-masing untuk menghilangkan rasa stress saat berbisnis. Namun tak sedikit juga orang yang masih kesusahan dan khawatir saat rasa stress muncul di pikiran mereka. Berikut adalah beberapa cara memulihkan pikiran yang sama saat berbisnis:

1. Melakukan Refreshing dan Relaksasi

Refreshing dan relaksasi memang menjadi langkah signifikan dalam mengurangi beban stress akibat pekerjaan dan bisnis. Setinggi apapun jabatan Anda dan sepadat apapun kegiatan Anda, jangan pernah melupakan waktu untuk refreshing atau liburan.

refreshing

refreshing

Sebagai seorang bisnisman, inti dari refreshing adalah bagaimana cara Anda untuk menghilangkan stress. Misalnya dengan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga di waktu di pantai, pegunungan, ataupun tempat liburan yang lainnya. Yang paling penting, liburan ala bisnisman tidak hanya melulu berjalan-jalan saja namun juga tentang kepuasan menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai. Hal ini karena bisnisman memang memiliki banyak uang, namun waktu yang mereka miliki sangat sedikit.

2. Berbagi Cerita

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stress adalah dengan berbagi cerita bersama orang lain. Hal ini karena selain memiliki tuntutan yang besar, seorang pebisnis juga memiliki beban dan tanggung jawab sehingga terkadang mereka memiliki banyak hal yang perlu diceritakan kepada orang lain.

sharing

sharing

Sebenarnya ini adalah solusi yang sepele namun memiliki dampak yang sangat besar untuk menghilangkan rasa stress akibat pekerjaan. Oleh karena itu, Anda juga harus sering membagi cerita kepada orang tercinta terkait bisnis Anda baik itu keluarga atau teman dekat.

Misalnya saat waktu istirahat atau di luar jam kerja, bertemulah dengan orang-orang yang membuat Anda nyaman. Mintalah pada mereka untuk menjadi pendengar ataupun teman curhat yang dapat memberikan solusi bagi semua permasalahan bagi Anda.

3. Menerapkan Pola Tidur yang Teratur

Pola tidur teratur

Pola tidur teratur

Cara memulihkan pikiran yang stress saat berbisnis adalah menerapkan pola tidur yang tertatur. Seperti yang kita tahu, tidur menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa stress yang menyerang Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa tidur terlalu lama juga tidak baik. Untuk itulah, Anda juga harus menerapkan pola tidur yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Saat tidur, maka metabolisme tubuh akan melakukan regenerasi sehingga kondisi tubuh akan fit atau bugar. Apabila Anda kesusahan untuk tidur, jangan sekali-kali menggunakan obat tidur karena dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Cobalah melakukan olahraga sejenak atau lakukan pernapasan sederhana hingga tubuh benar-benar rileks. Dengan begitu, tidur Anda pun akan lebih nyenyak.

4. Jadikan Kritikan sebagai Kekuatan

Dalam dunia bisnis, kritikan menjadi hal yang wajar diterima oleh semua pelaku bisnis. Masalahnya, terkadang kritikan memberikan beban tersendiri sehingga memunculkan rasa stress berlebihan. Untuk itu, Anda harus memiliki mental positif dimana semua kritikan tersebut harus dijadikan sebagai kekuatan Anda untuk melakukan instropeksi diri. Instropeksi diri sedikit banyak akan memulihkan pikiran Anda kala menghadapi rasa stress.

5. Prioritaskan Diri Anda Terlebih Dahulu

Seberapa besar pun rasa cinta Anda terhadap pekerjaan, jangan pernah lupa untuk menjadikan diri Anda sebagai prioritas utama. Hal ini karena terkadang seorang pebisnis melupakan dirinya sendiri akibat banyaknya pekerjaan yang dihadapinya. Oleh karena itu, Anda juga harus mampu membagi antara apa yang harus dikerjakan dan pekerjaan apa yang dapat ditunda terlebih dahulu untuk memulihkan pikiran Anda agar tidak stress.

6. Bermain Games

Ini mungkin menjadi cara memulihkan pikiran yang stress saat berbisnis paling mudah dilakukan. Bahkan sebagian besar pebisnis sukses pun menghabiskan waktu untuk bermain game di kala pikiran mereka stress. Dalam dunia psikologi, bermain game dapat dikategorikan sebagai metode distraksi atau pengalihan perhatian terhadap masalah yang dihadapi.

Main game

Main game

 

Setelah perhatian Anda teralihkan karena bermain game, maka Anda dapat berpikir lebih jernih untuk menghadapi semua masalah yang muncul. Hal ini karena games menyediakan gambar yang penuh warna, alur yang menegangkan, dan berbagai hal lain yang dapat menyegarkan pikiran.

7. Mendengarkan Musik

Seperti yang kita tahu, mendengarkan musik menjadi salah satu metode relaksasi yang sangat efektif untuk menenangkan pikiran. Terlebih apabila Anda mendengarkan musik yang penuh kenangan dan mampu memulihkan semangat Anda dalam bekerja.

Berdasarkan penelitian, musik dengan tempo yang lamban atau melow memiliki peranan penting untuk membuat tubuh menjadi rileks. Perlahan-lahan mood Anda pun akan berubah menjadi lebih baik. Jadi bagi Anda yang sedang bekerja atau berbisnis, tak ada salahnya memutar musik favorit Anda demi kelancaran pekerjaan tersebut.

8. Olahraga

Cara memulihkan pikiran yang stress saat berbisnis juga dapat dilakukan dengan olahraga. Contoh olahraga yang cocok menghilangkan stress adalah senam, yoga, berlari, atau hingga streching. Hal ini karena rasa stress muncul akibat ketidak seimbangan pikiran dan tubuh dimana pikiran memiliki banyak beban namun tubuh tidak banyak bergerak.

Olahraga

Kondisi tersebut akan membuat peredaran darah dan udara ke otak menjadi tidak lancar. Untuk itulah, olahraga dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik dalam menghilangkan rasa stress. Selain dapat menghilangkan stress, tubuh Anda pun akan lebih bugar sehingga pasokan udara yang masuk ke otak tercukupi.

9. Makan Coklat

Di antara berbagai cara memulihkan pikiran stress di atas, mungkin Anda belum pernah mendengar bahwa ternyata mengonsumsi coklat juga dapat memberikan rasa fresh pada otak. Mengapa? Karena menurut penelitian coklat memiliki kandungan glukosa dapat memberikan energi positif yang akhirnya membuat mood menjadi lebih baik. Dengan mood yang baik, maka semua tekanan yang menyebabkan stress dapat dihilangkan. Meski demikian, terlalu banyak makan coklat juga akan memberikan dampak yang kurang bagus untuk tubuh sehingga Anda pun harus mengetahui batasan.

10. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hobi

Cara terakhir yang juga efektif menghilangkan rasa stress akibat bisnis adalah meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang Anda sukai. Seperti halnya bermain game, melakukan hobi juga dapat mengalihkan perhatian otak terhadap beban yang sedang dihadapi. Contohnya adalah menggambar, berenang, latihan menembak dan memanah untuk menghilangkan beban, berkuda, atau bahkan memasak.

Itulah beberapa tips dan trik yang sangat efektif menghilangkan rasa stress akibat pekerjaan bisnis yang menumpuk. Kesimpulannya, pikiran yang stress sedikit atau banyak akan memberikan pengaruh pada pekerjaan Anda sehingga dibutuhkan cara jitu menghilangkan semua hal tersebut. Semoga ulasan mengenai cara memulihkan pikiran yang stress saat berbisnis di atas bermanfaat bagi Anda.

10 Cara Memulihkan Pikiran yang Stress saat Berbisnis Paling Efektif | Malik | 4.5
error: Content is protected !!