Wajib icoba! 5 Penyedia Domain dan Hosting Gratis untuk Usaha

Penyedia domain dan hosting gratis untuk usaha – Website menjadi salah satu strategi pemasaran bagi usaha skala kecil, menengah, maupun besar. Di era modern dan serba digital ini, tak dapat dipungkiri bahwa internet telah mempengaruhi tatanan kehidupan manusia, tak terkecuali dalam hal bisnis. Website dapat mendukung keberlangsungan suatu usaha karena menyediakan kumpulan informasi penting hingga katalog produk. Selain itu, website juga dinilai dapat meningkatkan kredibilitas suatu bisnis sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Website didukung dengan domain atau kerap disebut sebagai alamat website, dan juga hosting atau kerap disebut sebagai isi dari website. Domain sendiri dapat diartikan sebagai nama yang terletak pada bagian akhir alamat situs. Domain adalah komponen penting yang berfungsi sebagai pengarah menuju alamat server hosting atau IP address. Sedangkan hosting adalah sebuah ruang penyimpanan data.

domain dan hosting

Umumnya hosting dan domain ini berbayar, namun tak sedikit yang menawarkan hosting dan domain secara cuma-cuma alias gratis. Apa saja penyedia domain dan hosting gratis untuk usaha? Anda dapat memanfaatkan beberapa web hosting di bawah ini.

1. 000webhost

Situs web hosting yang satu ini cukup populer dan banyak digunakan. Tak heran, 000webhost menawarkan web hosting gratis tanpa iklan bahkan iklan tersembunyi sekalipun, kecepatannya pun kilat dan tanpa batas. 000webhost menawarkan platform hosting gratis bagi siapa saja untuk meng-online-kan website buatannya. 000webhost memiliki keunggulan yaitu aktivasi akun cepat, teknologi ter-update, serta uptime 99%.

2. Hostinger

Adalah salah satu web hosting gratis terbaik yang juga kerap digunakan. Hostinger menawarkan layanan hosting meliputi VPS hosting, hosting berbagi pakai, dan pembuat situs web. Selain itu platform yang satu ini juga menyediakan hosting fitur lengkap, pembuatan situs web, installer otomatis untuk Joomia, WordPress dan lain-lain, serta dukungan live chat 24 jam. Hostinger memiliki kantor yang tersebar di seluruh dunia, dan hingga kini terus membangun basis pengguna internasional yang tersebar luas di berbagai negara.

3. Wix

Adalah pembangun situs web yang memungkinkan Anda untuk membuat situs website dengan mudah. Wix sepenuhnya di-hosting serta mencakup layanan domain dan hosting bagi Anda. Wix dinilai ideal bagi pemula karena memiliki paket lengkap serta mudah dipelajari. Didirikan sejak tahun 2006 silam, Wix kini telah memiliki pengguna yang berjumlah lebih dari 110 juta orang dan tersebar luas di berbagai negara.

4. Weebly

Pada dasarnya, Weebly adalah website builder atau platform untuk membuat website. Namun Weebly juga merupakan salah satu generasi baru dari web host yang tergolong cukup bagus. Platform ini merupakan salah satu yang paling sering digunakan, oleh karena itu Weebly terus melakukan perkembangan dan update terbaru bagi para pengguna setianya. Bahkan terdapat drag-and-drop builder sehingga Anda pun dapat meng-online-kan website yang bagus dan menarik.

5. AwardSpace

Penyedia domain dan hosting gratis untuk usaha selanjutnya adalah AwardSpace. AwardSpace telah menyediakan web hosting sejak tahun 2004 silam dan hingga kini masih tetap berjaya. AwardSpace menawarkan hosting bebas iklan, pembuat situs web gratis, proteksi dari spam, serta installer otomatis untuk WordPress, Joomia dan lain-lain. Platform ini juga menawarkan free website hosting dengan 1 free domain. Tak hanya itu, AwardSpace juga menawarkan 3 free subdomains yang dinilai cocok untuk digunakan para pemula.

Apa Fungsi Web Hosting?

  1. Sebagai Redireksi Dari DNS

Meskipun website Anda sudah terdaftar dalam DNS namun tidak masuk ke dalam web hosting, maka website Anda tetap tidak dapat di akses oleh orang lain. Itulah mengapa peran web hosting sangat dibutuhkan karena web hosting berperan sebagai redireksi dari DNS.

  1. Tempat Penyimpanan Data

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, fungsi utama hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data maupun file baik dari website maupun aplikasi secara online, sehingga dapat diakses banyak orang melalui jaringan internet. Jika dianalogikan, hosting adalah perpustakaan dan website adalah buku-bukunya, sehingga tanpa perpustakaan maka orang-orang tidak dapat melihat atau membaca buku-buku tersebut.

  1. Menjaga Website Tetap Online

Selama penyedia hosting website tetap ada, maka website Anda pun akan selalu online dan dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Fungsi ini merupakan fungsi penting dan hanya terdapat pada hosting.

Apa Fungsi Domain?

Fungsi domain adalah untuk mengidentifikasi sebuah web hosting. Selain domain ada pula subdomain. Subdomain ini digunakan untuk memisahkan domain lain, dan masih termasuk dalam turunan domain utama. Singkatnya, subdomain ini adalah “alias” dari domain utama Anda. Subdomain juga dapat terlihat oleh search engine dan dianggap sebagai website unik yang tak berkaitan dengan domain utama. Oleh karena itu, tak menutup kemungkinan peringkat domain dapat naik dan menjajari domain utama. Hal ini tentu dapat bermanfaat untuk menurunkan peringkat website milik kompetitor atau pesaing.

Demikianlah ulasan mengenai penyedia domain dan hosting gratis untuk usaha. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Wajib icoba! 5 Penyedia Domain dan Hosting Gratis untuk Usaha | Malik | 4.5
error: Content is protected !!