Sebenarnya Penting Gak “Dana Darurat” Itu?

Kerap muncul pertanyaan, penting gak “dana darurat” itu?. Seperti namanya, dana darurat adalah simpanan dana yang digunakan dalam keadaan darurat. Karena dalam kehidupan, kita sebagai manusia hanya bisa merencanakan, sisanya Tuhanlah yang menentukan. Kita tak akan bisa memprediksi masa depan, untuk itu ada baiknya mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Dana Darurat

Selain persiapan mental, persiapan lain yang tak kalah penting adalah persiapan finansial. Pasalnya persiapan mental saja tidak cukup, bahkan tak sedikit ahli keuangan yang menyarankan orang-orang untuk mulai mempersiapkan dana darurat sekarang juga. Lalu mengapa kita perlu untuk mempersiapkan dana darurat?

Dana Darurat untuk Sakit dan Kecelakaan

Tak ada yang bisa memprediksi bagaimana kondisi kesehatan kita di masa mendatang. Karena tak menutup kemungkinan tubuh dapat terjangkit suatu penyakit, begitu pula dengan anggota keluarga Anda lainnya. Tentu jika hal ini terjadi kita tak mungkin tinggal diam, pastilah segera pergi ke rumah sakit untuk berobat. Melakukan pengobatan di rumah sakit membutuhkan biaya yang cukup besar, terlebih jika sakit yang diderita tergolong dalam kategori parah sehingga membutuhkan operasi untuk dapat sembuh. Tak jauh berbeda dengan kecelakaan, biaya pengobatan yang harus dijalani juga tak murah. Oleh karena itu dana darurat berperan sangat penting guna meng-cover biaya-biaya mendesak tersebut. Bayangkan jika dalam kondisi mendesak Anda tak memiliki dana darurat yang bisa digunakan, pasti akan merasa kebingungan bukan?

Dana Darurat Agar Tidak Terlilit Hutang

Penting gak “dana darurat” itu? Selain dapat digunakan untuk pengobatan dari sakit, dana darurat juga penting dimiliki untuk menghindari Anda terlilit hutang. Jika dalam keadaan mendesak Anda membutuhkan dana, Anda tak perlu panik karena telah memiliki dana simpanan. Bayangkan jika Anda tidak memiliki dana darurat, mau tak mau Anda pasti harus berhutang agar mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut. Sebisa mungkin hindari berhutang karena akan membuat beban semakin bertambah, untuk itu salah satu cara yang dapat Anda lalukan adalah dengan menabung untuk mempersiapkan dana darurat.

Dana Darurat untuk Membayar Tagihan

Sering terjadi, gaji bulanan ludes tak bersisa padahal masih di pertengahan bulan. Padahal Anda masih memiliki beberapa tagihan yang harus Anda bayarkan. Jika terjadi krisis finansial di tengah bulan, tak jarang yang terjadi selanjutnya adalah berhutang kesana kemari untuk dapat membayar tagihan. Tentu saja Anda tak mau hal ini terjadi bukan? Untuk itu, cobalah sisihkan sebagian uang Anda guna ditabung sebagai dana darurat. Meskipun nominalnya sedikit, tak menjadi masalah selama Anda rutin untuk menabung setiap bulannya. Nantinya jika terjadi krisis finansial sebelum masa gajian tiba, Anda dapat menggunakan dana darurat untuk membayar tagihan-tagihan tersebut.

Dana Darurat untuk Simpanan Dana Para Wirausaha

Berbeda dengan pegawai negeri yang mendapatkan dana pensiun dan juga berbagai tunjangan-tunjangan lainnya, wirausaha tentu tidak mendapatkan semua itu. Untuk itulah penting bagi seorang wirausaha untuk mempersiapkan dana darurat yang nantinya dapat digunakan di masa mendatang, baik sekedar untuk tabungan di hari tua ataupun untuk tambahan modal usaha. Apapun alasannya, menabung untuk dana darurat tak akan pernah sia-sia.

Dana Darurat untuk Persiapan Kehilangan Pekerjaan

Memang tak ada yang ingin kehilangan pekerjaan entah itu karena dipecat, PHK, atau memang diri sendiri yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaan. Namun tak ada salahnya mempersiapkan kemungkinan terburuk jika suatu saat nanti Anda kehilangan pekerjaan. Kehilangan pekerjaan berarti pemasukan bulanan juga akan tersendat, untuk itulah pertanyaan seperti “penting gak “dana darurat” itu?” dapat dibuktikan dalam kondisi seperti ini. Dana darurat dapat Anda gunakan sebagai dana sementara untuk mencukupi kebutuhan disaat Anda tak memiliki pegangan gaji bulanan tetap, terlebih bagi Anda yang sudah berkeluarga tentu pengeluaran juga jauh lebih banyak.

Dana Darurat untuk Memperbaiki Aset

Aset seperti rumah, kendaraan, barang-barang atau properti lainnya tentu tidak bisa diprediksi kerusakannya. Misalnya saja kendaraan yang tiba-tiba rusak dan membutuhkan servis dengan biaya yang tak sedikit, rumah yang rusak karena bencana alam dan perlu segera direnovasi, tak terkecuali barang-barang elektronik seperti handphone, televisi, laptop, dan lain-lain yang juga bisa rusak kapan saja. Jika kejadian tersebut terjadi pada Anda dan pada saat itu Anda tak memiliki cadangan dana untuk memperbaiki, lantas apa yang akan Anda lakukan? Pasti Anda akan kebingungan mencari jalan keluar. Lain cerita jika Anda telah mempersiapkan dana darurat yang telah Anda kumpulkan bertahun-tahun yang lalu. Dana darurat tersebut tentu dapat Anda gunakan sebagai dana untuk memperbaiki aset maupun barang Anda yang rusak sehingga Anda tak perlu merasa kebingungan.

Bagaimana, apakah pertanyaan mengenai “penting gak “dana darurat” itu?” sudah terjawab? Oleh karena itu mari sisihkan uang untuk dana darurat sedikit demi sedikit, karena tak akan ada yang tahu apa yang terjadi di masa mendatang. Untuk itu lebih baik kita mempersiapkan dari sekarang bukan?

Sebenarnya Penting Gak “Dana Darurat” Itu? | Malik | 4.5
error: Content is protected !!