Rincian Modal Usaha Game Online dan Cara Memulainya dari Nol Hingga Berhasil

Modal usaha game online dan cara memulainya – Bermain game merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menghilangkan stress dan rasa penat akibat aktifitas sehari-hari yang sangat padat. Tak heran banyak orang yang menyukai game, baik remaja hingga orang dewasa. Salah satu jenis usaha game yang hingga saat ini masih sangat ramai pengunjung adalah game online.

Seperti namanya, game online merupakan permainan yang dapat dimainkan apabila perangkat game tersebut tersambung dengan jaringan internet. Dengan begitu, maka para pemain game online dapat bertemu dan beradu dengan para pemain game online lain di seluruh penjuru dunia. Salah satu game online yang masih memiliki popularitas tertinggi hingga sekarang adalah DOTA. Namun tentu saja kami tak akan mengulas jenis game satu persatu, melainkan bagaimana kiat, strategi, serta langkah yang tepat dalam menjalankan usaha game online.

Bagi Anda yang berminat untuk mendirikan usaha game online, mengetahui berapa besaran modal usaha game online dan cara memulainya menjadi hal penting. Pasalnya Anda harus benar-benar mempertimbangkan secara matang tentang cara sukses usaha game online serta mempersiapkan besaran modal yang dibutuhkan.

Modal Usaha Game Online

usaha game online

usaha game online

Untuk modal usaha game online sendiri memang dapat dikatakan relatif besar karena segala perlengkapan yang harus disediakan pun terbilang mahal. Misalnya Anda harus membeli seperangkat komputer dekstop, membangun bilik-biliki game, hingga menyediakan layanan internet pada usaha game online. Oleh karena itulah, berikut adalah modal yang dibutuhkan untuk usaha game online.

Modal Awal yang Dibutuhkan

Adapun rincian dari modal awal mulai dari sewa tempat hingga pembelian peralatan game online adalah sebagai berikut:

  • Sewa Tempat 1 Tahun : Rp 17.000.000
  • Biaya Renovasi Tempat : Rp 6.000.000
  • Pembelian CPU Gaming (@Rp 4.000.000 x 11 unit) : Rp 44.000.000
  • Pembelian Monitor 19 Inchi (@Rp 750.000 x 11 unit) : Rp 8.250.000
  • Pemasangan Internet             : Rp 200.000
  • Printer All in One : Rp 1.500.000
  • Meja Komputer (@Rp 350.000 x 11 unit) : Rp 3.850.000
  • Kursi (@Rp 75.000 x 11 unit) : Rp 825.000
  • Meja dan Kursi Kasir : Rp 600.000
  • Pemasangan Instalasi Kelistrikan : Rp 500.000
  • Biaya Lain-Lain (Headset, Mouse, Speaker, dll)             : Rp 1.800.000

Dari rincian barang di atas, maka modal yang dibutuhkan adalah Rp 84.525.000

Biaya Operasional

Selain nominal untuk modal di atas, dalam ulasan tentang modal usaha game online dan cara memulainya ini, Anda juga harus menghitung mengenai biaya operasional bulanan yang dibutuhkan. Biaya operasional ini tidak termasuk dalam modal awal karena sifatnya harus dipenuhi setiap bulannya. Adapun rinciannya adalah:

  • Gaji Karyawan (@Rp 1.200.000 x 2 orang)         : Rp 2.400.000
  • Biaya Listrik per Bulan                                            : Rp 500.000
  • Biaya Internet per Bulan                                        : Rp 500.000
  • Perawatan PC                                                          : Rp 400.000

Jadi total biaya operasional perbulan adalah sebesar Rp 3.800.000

Estimasi Pendapatan Perbulan dan Jangka Waktu Balik Modal

Seperti yang kita tahu, sebagian besar usaha game online buka selama 24 jam. Dengan kata lain, maka kita dapat menghitung pendapatan dengan asumsi berapa jam pelanggan bermain game baik itu oleh satu orang ataupun bergantian. Dan untuk setiap jamnya, pelanggan harus membayar sebesar Rp 3.500/jam. Jadi asumsinya adalah seperti ini:

  • Utilitas 75% (rata-rata game dimainkan selama 18 jam) pada 2 PC
  • Utilitas 50% (rata-rata game dimainkan selama 12 jam) pada 5 PC
  • Utilitas 25% (rata-rata game dimainkan selama 6 jam) pada 3 PC

Jadi cara menghitung pendapatannya adalah

(18 jam x 2 PC x Rp 3.500) + (12 jam x 5 PC x Rp 3.500) + (6 jam x 3 PC x Rp 3.500) =

Rp 126.000 + Rp 210.000 + Rp 63.000 = Rp 399.000/hari

= Rp 399.000 x 30 hari = Rp 11.970.000/bulan

Nominal tersebut adalah pendapatan yang dapat Anda peroleh dari usaha game online. Sedangkan untuk laba bersih adalah total pendapatan dikurangi dengan biaya operasional sehingga:

Rp 11.970.000/bulan – Rp 3.800.000/bulan = Rp 8.170.000/bulan

Lantas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal yang telah dikeluarkan dengan laba bersih sebesar itu? Untung menghitungnya, Anda hanya perlu membagi antara modal awal dengan labar bersih, sehingga:

Rp 84.525.000 : Rp 8.170.000 = 10,3 Bulan

Sebagai informasi, meskipun waktu yang dibutuhkan untuk balik modal terbilang lama, namun pada tahun berikutnya Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Pasalnya Anda tak harus membeli lagi peralatan game online yang sudah ada. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat dan perawatan peralatan saja.

Dari ulasan tentang modal usaha game online dan cara memulainya di atas, maka kesimpulan yang dihasilkan adalah sebagai berikut:

  • Modal awal di tahun pertama        : Rp 84.525.000
  • Biaya Operasional Perbulan         : Rp 3.800.000
  • Laba Bersih Perbulan                     : Rp 8.170.000
  • Lama Balik Modal                            : 10 Bulan

Cara Memulai Usaha Game Online

Setelah mengetahui tentang perhitungan keuntungan serta modal, kini saatnya Anda mempelajari cara memulai usaha game online agar dapat berjalan dengan sukses. Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat diaplikasikan dalam usaha game online. Di antaranya adalah:

Memilih Lokasi yang Tepat

lokasi game online

lokasi game online

Pemilihan lokasi adalah cara paling ampuh untuk menentukan apakah usaha game online yang sedang Anda jalankan dapat berkembang dengan baik atau tidak. Untuk itu, Anda juga harus membidik sasaran yang dituju. Sebagai tempat usaha yang diminati oleh sebagian remaja, alangkah baiknya apabila tempat game online tersebut tak jauh dari perumahan atau sekolahan.

Selain itu, dalam pemilihan lokasi, pastikan juga bahwa lokasi tersebut mudah diakses baik oleh motor ataupun mobil. Sediakan juga lahan parkir yang luas dan aman karena jarang ada pemain game online yang hanya bermain selama 1 atau 2 jam saja. Mereka pasti akan rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk menikmati game online.

Koneksi Internet yang Stabil

Sebagai jenis usaha yang mengandalkan koneksi internet, tentu saja Anda juga harus memastikan bahwa koneksi di tempat game online Anda benar-benar bagus dan stabil. Untuk itu, gunakan koneksi ISP sehingga permainan game online tak perlu takut terganggu akan lemot. Usaha game online yang memiliki koneksi internet buruk tentu akan lebih mudah ditinggalkan oleh para pelanggan.

Cari PC dan Perlengkapan Pendukung yang Berkualitas

Cara yang selanjutnya adalah mencari PC serta perlengkapan lain untuk game online yang dibutuhkan oleh para pemain. Hal ini karena selain koneksi yang bagus, kinerja PC juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan. PC yang memiliki dapur pacu untuk gaming tentu akan lebih mampu menjalankan berbagai macam game berat apabila dibandingkan dengan PC standar.

Sediakan Beragam Software Game

Cara yang terakhir adalah menyediakan berbagai software game yang nantinya akan diinstall pada masing-masing PC. Untuk melakukannya, Anda dapat download sendiri atau membeli DVD Game resmi. Dengan banyaknya pilihan game online yang tersedia di tempat Anda, maka para pengunjung pun akan betah berlama-lama menghabiskan waktu untuk bermain game-game seru tersebut.

Setidaknya itulah cara dalam memulai bisnis game online. Dengan prospek yang cukup bagus untuk jangka panjang, maka tak ada salahnya apabila Anda mencoba menggeluti usaha yang satu ini. Demikian sedikit ulasan tentang modal usaha game online dan cara memulainya, semoga bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

Modal main game online -modal untuk maen game online -

Rincian Modal Usaha Game Online dan Cara Memulainya dari Nol Hingga Berhasil | Malik | 4.5
error: Content is protected !!