Kenali 4 Penyebab Usaha Tidak Berkembang Paling Fatal

Penyebab usaha tidak berkembang – Banyak orang yang memilih banting setir di dunia bisnis. Hal itu dikarenakan dengan menggeluti bisnis ini financial akan menjadi lebih baik lagi, selain itu berbisnis akan membuat seseorang tidak akan terbatas oleh waktu berbeda dengan saat menjadi karyawan dimana dia harus bekerja dari jam sekian sampai dengan jam sekian.

bangkrut

Meski terlihat mudah namun bisnis ini jalannya tidak semulus yang dibayangkan Banyak pebisnis yang harus gulung tikar karena usaha yang digelutinya tidak berkembang. Usaha yang tidak berkembang ini sangat rawan dengan kebangkrutan sehingga penyebabnya harus dianalisis dengan tepat kemudian diatasi atau dihindari. Agar bisa berkembang sesuai dengan harapan, simak beberapa penyebab usaha tidak berkembang yang wajib untuk Anda ketahui berikut ini:

Kurangnya Kemauan

penyebab usaha tidak berkembang pertama kurang kemauan. Untuk menjadi pebisnis yang sukses penting bagi Anda untuk memiliki kemauan yang besar, tanpa adanya kemauan ini akan menyebabkan bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan maksimal.  Bisa dipercaya atau tidak, sebagian pemilik bisnis yang tidak ingin mengembangkan bisnisnya lagi dimana hal ini disebabkan rasa mudah puas dengan hasil yang sudah diberikan oleh bisnisnya sendiri. Keinginan di dalam mengembangkan bisnis pupus seiring dengan rasa puas yang sudah dimiliki.

Rasa puas menjadi penghalang seseorang untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Umumnya pengusaha sukses yang sudah memiliki bisnis besar tidak akan mudah puas dengan hasil keringatnya. Mereka memiliki ambisi yang besar untuk membuat usahanya berkembang dengan pesat. Mereka akan terus berusaha mempraktikkan strategi-strategi bisnis terbaru yang mana bisa membuat bisnisnya berkembang lebih pesat lagi.

Skalabilitas dan Kapabilitas yang Kurang

Kurangnya skalabilitas dan kapabilitas membuat pemilik bisnis takut untuk mengembangkan bisnisnya lebih baik lagi. Ketakutan tersebut akan muncul karena pemilik bisnis tidak tahu bagaimana cara dalam mengelola financial bisnis, takut untuk kehilangan modal jika memperbesar skala bisnis, hingga takut memiliki banyak saingan. Rasa takut itulah yang akan membuat pebisnis takut dalam melangkah dan takut dalam meluaskan jaringan bisnis. Untuk bisa berkembang dengan pesat seorang pebisnis harus memiliki sikap berani dan harus nekat dalam mengambil keputusan di dunia bisnis tersebut. Namun nekat tersebut harus dilakukan dengan dasar ilmu dan perhitungan yang matang.

Fokus Pada Laba yang Besar

Banyak pebisnis yang harus terjebak ke dalam bisnis yaitu ingin memperoleh laba yang besar. Padahal untuk bisa menjalankan bisnis menjadi lebih baik lagi adalah dengan mengetahui bagaimana cara memutar uang dengan baik dan benar. Saat mendapatkan banyak keuntungan ada pebisnis yang menghabiskannya untuk membeli keperluan pribadi atau mencukupi keinginan konsumtifnya padahal hal tersebut salah. Sebaiknya saat mendapatkan banyak keuntungan maka gunakanlah untuk memutar bisnis menjadi lebih baik lagi dengan cara dibelanjakan untuk membangun asset yang mana nantinya bermanfaat dalam pengembangan bisnis. Selama sifat konsumtif masih tinggi maka kondisi finansial bisnis tidak akan pernah baik.

Kurangnya Sumber Daya

Penyebab usaha tidak berkembang yang jarang diketahui adalah kurangnya sumber daya. Saat bisnis sudah mulai merangkak dan berubah menjadi lebih berkembang, dibutuhkan banyak sumber daya yang mendukung. Sumber daya meliputi karyawan yang bisa menjalankan operasional bisnis dengan maksimal, modal yang digunakan untuk memperbesar usaha, teknologi yang digunakan untuk memaksimalkan marketing, dan lain sebagainya.

Contohnya adalah ada sebuah toko yang memiliki modal besar untuk memperbesar toko sayang di daerah tersebut pedagang grosir jauh sehingga barang dagangan sulit untuk didapatkan sehingga barang dagangan yang dijual tidak bertambah. Contoh lainnya adalah perusahaan tidak memiliki karyawan yang potensial untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi.  Hal itu bisa terjadi jika lokasi bisnis yang didirikan tersebut jauh dari fasilitas publik, terpencil, dan lain sebagainya sehingga karyawan ragu untuk mendaftarkan diri. Selain itu kebijakan perusahaan yang kurang pro dengan karyawan membuat calon karyawan lain tidak tertarik untuk mendaftar di perusahaan sehingga akan kehilangan calon SDM yang potensial.

Tips Agar Bisnis Berkembang Pesat

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab usaha tidak berkembang, ada baiknya Anda tahu apa saja yang bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih berkembang. Untuk yang pertama adalah perbaiki mindset dan semangat Anda terlebih dahulu. Daripada sibuk mencari penyebab dari faktor lainnya sebaiknya hal pertama yang harus diubah adalah diri Anda terlebih dahulu. Apakah ada rasa takut, sikap mudah menyerah, bosan, dan lain sebagainya itu masih melekat di diri Anda sebaiknya hilangkanlah sifat tersebut.

Tips kedua yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis adalah buatlah SDM Anda menjadi berkualitas. Dibandingkan dengan mencari SDM baru jika Anda merasa SDM saat ini sudah bisa dan cukup untuk menangani bisnis dengan baik maka Anda bisa melatih dan mengembangkan kualitas SDM tersebut dengan beberapa pelatihan. Yang terakhir adalah Anda harus bisa membaca peluang pasar dengan cepat. Dengan hal tersebut Anda bisa tahu apa yang harus bisnis Anda lakukan untuk memanfaatkan peluang tersebut karena bisnis yang kurang berkembang adalah yang lambat dalam merespons peluang pasar yang ada.

Dengan mengetahui beberapa penyebab usaha tidak berkembang tersebut Anda akan bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih maksimal.

Kenali 4 Penyebab Usaha Tidak Berkembang Paling Fatal | Malik | 4.5
error: Content is protected !!