Pengusaha Perlukah Kuliah? Simak Penjelasan Selengkapnya Di Sini!

Pengusaha perlukah kuliah? – Ada sebuah timeline di Twitter dari motivator termuda di Asia bernama Bong Chandra dimana mengatakan bahwa untuk menjadi pengusaha, seseorang tidak perlu kuliah, namun untuk menjadi karyawan, kalian perlu kuliah. Memang jika melihat biografi dari Bong Chandra sendiri dia bukan lulusan kampus terkemuka apalagi lulusan luar negeri. Malah Bong Chandra pernah di DO dari jurusan Desain Grafis Universitas Bina Nusantara atau Binus. Timeline tersebut pun menggelitik banyak orang terlebih lagi orang terkaya di dunia juga bisa sukses tapa kuliah bahkan ada juga yang mengalami DO saat kuliah berlangsung sebut saja Bill Gates yang keluar dari Harvard University, Li Ka-shing pebisnis dari Hongkong yang cabut dari sekolah berusia 12 tahun, dan masih banyak lagi lainnya. Yang menjadi pertanyaan kini adalah pengusaha perlukah kuliah? Simak penjelasannya berikut ini:

Kuliah Membuat Peluang Besar untuk Sukses Semakin Lebar

Pentingkah Kuliah

Pentingkah Kuliah

Saat Anda mencoba mengamati sebagian besar entrepreneur meninggalkan pendidikan formal, Anda bisa mengamati bahwa orang yang memiliki pendapat seperti itu entrepreneur yang menjadi idolanya adalah Bill Gates. Selain itu di dalam negeri pun juga ada entrepreneur sukses meski berhenti kuliah, bisnis yang mereka rintis sukses besar. Hal inilah yang kemudian membuat banyak yang memiliki pertanyaan pengusaha perlukah kuliah?. Tahukah Anda berapa banyak deretan nama entrepreneur yang tanpa pendidikan formal meraih kegagalan? Tentunya jumlah tersebut akan lebih banyak lagi. Entrepreneur luar negeri yang berhenti dari bangku kuliah dan harus gagal pun lebih banyak lagi hanya saja tidak terekspos ke media.

Banyak wawancara dengan beberapa narasumber entrepreneur dimana mereka berharap tidak memutuskan masa studi mereka lebih tepatnya mereka menemukan kesalahan mengapa memutuskan meninggalkan bangku sekolah atau kuliah pada kemudian hari. Selain itu jika mencermati angka yang saat ini ada, sangat sedikit orang yang gagal atau berhenti kuliah kemudian menjadi luar biasa sukses saat menjadi entrepreneur tersebut. Kegagalan tersebut kemudian memunculkan penyesalan dimana mereka akan menyalahkan diri mereka sendiri mengapa tidak tamat kuliah. Hal itu dikarenakan kuliah ini juga menjadi jalan yang tepat untuk meraih kesuksesan dimana banyak pebisnis yang sukses setelah mereka menamatkan pendidikan mereka contohnya adalah Merry Riana.

Penyebab Sukses Meski Putus Kuliah

Tidak semua orang bisa sukses saat memutuskan berhenti di bangku kuliah, namun pasti semuanya setuju jika pendidikan tinggi itu penting bagi pengusaha yang menggeluti bisnis apapun. Lantas mengapa ada beberapa pengusaha yang sukses meski tidak berasal dari pendidikan tinggi?. Dalam kehidupan ini ada dua sudut pandang tentang pendidikan yang terdiri dari dua kutub ekstrem yang pertama adalah orang-orang pintar dan juga orang-orang bodoh.  Orang yang pintar adalah mereka yang bijak dalam menangani masalah, lebih kritis, lebih kreatif, dan juga berorientasi pada solusi.

sukses tanpa kuliah

sukses tanpa kuliah

Namun seiring dengan berjalannya waktu ada orang pintar yang kemudian menjadi bodoh dan ada orang yang bodoh menjadi pintar. Saat orang-orang pintar berhenti belajar saat sudah lulus kemudian mendapatkan gelar dia bisa menjadi orang yang bodoh. Sedangkan orang yang berhenti kuliah dan memiliki niat yang sukses untuk mengejar ketertinggalan dalam hidup akan terus belajar setiap hari dan tanpa henti. Oleh sebab itu benang merah dari kesuksesan seseorang ditentukan oleh bagaimana dia belajar yang terus menerus dan tanpa henti. Jika ada orang yang berkata kuliah dan sekolah tidak penting bagi pengusaha, justru sekolah dan kuliah itu menjadi penting karena dengan sekolah niat untuk benar-benar belajar akan datang. Jika tidak sekolah maka tidak ada hari yang membuat Anda dipaksa untuk belajar.

Saat ini persaingan bisnis semakin ketat, sehingga pengusaha harus memiliki dua bekal untuk mengatasi persaingan bisnis yang ketat ini yaitu berpendidikan dengan baik dan juga berorientasi pada aksi. Berpendidikan baik tanpa aksi adalah omong kosong karena apa yang ada di dalam pikirannya tidak akan pernah dilaksanakan dengan baik. Bukan saatnya pula seorang pengusaha hanya bermodalkan nekat dengan penuh keberanian. Namun diperlukan jiwa dan juga pikiran yang terdidik agar bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Hal yang harus digarisbawahi adalah pendidikan yang tinggi bukan hanya akan menjadikan Anda menjadi seseorang yang terpelajar dan ingin terus belajar namun juga membuat Anda bisa memberikan jaringan yang lebih banyak dan koneksi. Koneksi dan jaringan ini sangat penting sekali untuk membuat bisnis lebih berkembang dengan pesat. Ada banyak cerita bisnis yang kemudian berjalan dengan lancar dan memiliki akselerasi yang luar biasa berkat ikatan alumni dan menjadi bagian dari orang yang terpelajar. Oleh sebab itu untuk menjadi sukses yang sesungguhnya diperlukan belajar yang terus menerus karena sesungguhnya orang yang sukses itu adalah mereka yang menjadi pembelajar tiada henti.

Banyak sekali pertanyaan tentang pengusaha perlukah kuliah?, dikarenakan kegalauan antara terus kuliah atau keluar kuliah untuk menjadi pengusaha, dengan membaca penjelasan di atas semoga semakin banyak orang yang semangat untuk belajar di bangku kuliahnya karena dengan kuliah dia sedang mempersiapkan diri menjadi orang yang lebih sukses di masa depan asal niat dan ingin terus belajar tinggi.

Pengusaha Perlukah Kuliah? Simak Penjelasan Selengkapnya Di Sini! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!