Pengertian Industri 4.0 dan Contoh Industrinya

Pengertian industri 4.0 – Saat ini dunia sudah masuk ke dalam era revolusi industri 4.0 dimana mau atau tidak siap atau tidak perkembangan teknologi yang seba canggih akan mengantarkan masyarakat dunia berada di titik ini. Memang revolusi industri dimulai dalam baru-baru ini namun sudah berjalan sejak tahun 2010. Hampir di seluruh negara dunia menyambut dengan gegap gempita namun ada juga yang menyiapkan secara ala kadarnya.

Banyak yang kemudian bersiap menghadapi revolusi industri 4.0 dimana banyak yang dilakukan oleh dunia industri termasuk dengan manufaktur dunia. Berbagai macam forum digelar untuk membahas revolusi industri 4.0 namun apakah Anda sudah tahu pengertian industri 4.0 tersebut?

Pengertian

Pengertian Industri 4.0

Pengertian Industri 4.0

Sebelum membahas tentang hal lain tentang revolusi industri 4.0 ada baiknya jika Anda tahu pengertian industri 4.0 tersebut terlebih dahulu. Revolusi industri 4.0 merupakan perubahan fundamental di dalam bidang industri yang sudah memasuki era baru. Revolusi industri 4.0 ini merupakan generasi keempat dari perjalanan dan juga perkembangan revolusi industri oleh sebab itu dinamakan dengan revolusi industri 4.0.

Sederhananya revolusi industri 4.0 ini adalah perkembangan teknologi pabrik yang mengarah pada otomatisasi dan juga pertukaran data secara terkini dan juga secara mudah dimana mencakup sistem siber-fisik, internet, dan segala internet of things, komputasi awan atau cloud computing, dan juga komputasi kognitif. Otomatisasi sendiri merupakan teknik penggunaan mesin yang disertai dengan teknologi dan juga sistem pengontrolan guna bisa mengoptimalkan produksi dan juga pengiriman suatu barang maupun jasa. Dengan teknik tersebut bisa dikatakan bahwa tenaga kerja manusia tidak akan lagi mendominasi karena sudah ada mesin-mesin robotic yang mana akan mampu bekerja lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik secara kuantitas maupun kualitas.

Tidak mengherankan jika di revolusi industri 4.0 ini akan muncul pabrik-pabrik cerdas yang mana memiliki struktur modular dengan sistem siber fisik yang mana mengawasi proses produksi fisik, menciptakan salinan dunia fisik dengan cara virtual, dan yang terakhir adalah membuat atau mengambil keputusan yang mana tidak tersentralisasi. Hal tersebut bisa dilakukan berkat teknologi internet untuk segala atau yang biasa disebut dengan internet of things yang mana memungkinkan untuk bisa saling berkomunikasi dan juga bekerja sama dengan manusia yang mana bisa menciptakan hubungan yang sinergis. Untuk komputasi awan atau yang biasa disebut dengan cloud computing akan bisa membuat layanan internal dan juga lintas perusahaan tersedia sehingga akan bisa dimanfaatkan oleh berbagai macam pihak yang bersangkutan.

Contoh Revolusi Industri 4.0

contoh Industri 4.0

Tidak hanya pengertian industri 4.0 saja yang wajib Anda ketahui, namun contoh-contohnya harus diketahui.  Terutama bagi Anda pebisnis, dimana jangan hanya fokus pada model transaksional, namun cobalah untuk membangun bisnis ke model hubungan yang dibangun untuk menciptakan hubungan yang lebih baik ke pelanggan. Berikut ini adalah contoh industri yang berubah akibat revolusi industri 4.0 ini:

  1. Transportasi

Industri yang berubah pertama adalah transportasi.  Layanan transportasi berbasis daring saat ini sudah ada di berbagai sektor industri dan menjadi sarana untuk penumpang dan barang. Layanan seperti Go-Jek maupun Grab menjadi transformasi dari industri transportasi yang sifatnya adalah formal. Manusia akan berinteraksi dengan mesin seperti smartphone untuk memesan mobil dan juga membawa ke tujuan tertentu, melacak kendaraan dan rute yang ditujunya, selain itu juga akan mendapatkan informasi tentang kendaraan, pengemudi, dan juga harga perjalanan. Kemajuan dan kecerdasan buatan bisa meningkatkan keselamatan bagi pengemudi tersebut maupun bagi pejalan kaki.

  1. Retail

Bisnis yang akan mengalami perubahan adalah bisnis retail. Dalam retail teknologi akan mengubah segalanya mulai dari penjualan, layanan, dan juga pemasaran. Selain teknologi hal ini di dukung oleh kecerdasan buatan atau AI. Agen layanan pelanggan virtual ini akan bisa menjawab pertanyaan konsumen dan juga melakukan rekomendasi cerdas bagi pelanggan. Algoritma tersebut masih digunakan sebagai menganalisa miliaran sinyal untuk bisa melakukan rekomendasi panggilan layanan ke agen yang paling tepat.  Saat ini sistem perbelanjaan di toko daring adalah Anda akan memesan terlebih dahulu setelah itu barang akan melalui pengemasan, kemudian dikirmkan kepada Anda. Memang untuk saat ini hal itu hebat namun AI dan juga teknologi prediksi ke depan akan lebih mengagumkan dan berkembang lebih menakjubkan.

  1. Keuangan

Lembaga keuangan juga masuk ke dalam jenis usaha yang terkena dampak dari revolusi industri ini. Lembaga keuangan banyak yang menggunakan kecerdasan buatan dimana digunakan untuk mendeteksi penipuan dan ekuitas penelitian.

Bahkan mereka juga banyak yang menggunakan mesin untuk mengelola hubungan dengan klien. Misalnya saja adalah kecerdasan akan bisa digunakan dalam membantu penasihat keuangan perusahaan untuk bisa mengetahui prospek mana yang berharga di dalam siklus penjualan, memutuskan tindakan terbaik yang bisa dilakukan langkah berikutnya. Kecerdasan buatan ini bisa membuat layanan pelanggan  yang sifatnya pribadi berdasarkan dengan sasaran keuangan, peristiwa di dalam kehidupan, dan juga variabel lainnya dimana dibuat khusus untuk masing-masing pelanggan.

Demikianlah pengertian industri 4.0 dan contohnya yang menarik diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Pengertian Industri 4.0 dan Contoh Industrinya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!