Peluang Usaha Laundry Sepatu Branded dan Non Branded Potensial

Peluang usaha laundry sepatu – Ternyata tidak hanya baju saja yang bisa di laundry namun sepatu pun juga bisa di laundry kan. Saat ini semua orang sedang suka menggunakan sepatu dibandingkan dengan sandal, karena dengan sepatu penampilan menjadi lebih kece dan trendy. Sayangnya karena pemakaian yang terlalu sering dan digunakan sebagai alas kaki sepatu ini cepat kotor. Menggunakan sepatu yang kotor hanya akan membuat penampilan bukannya kece namun terlihat menggelikan bahkan bisa mengurangi kepercayaan diri. Karena hal inilah laundry sepatu banyak dibutuhkan untuk membuat sepatu tetap bersih dan nyaman ketika digunakan.

Melihat Prospek Bisnis Laundry Sepatu

Bisnis Laundry Sepatu

Bisa dikatakan bahwa peluang usaha laundry sepatu ini sangat potensial dan prospektif. Bahkan selama beberapa tahun terakhir ini bisnis laundry sepatu semakin populer. Selain itu yang membuat bisnis laundry sepatu sangat prospektif adalah pelaku bisnisnya masih sangat sedikit sehingga Anda tidak perlu bersaing ketat dengan kompetitor sehingga bisa memenangkan pasar dengan mudah. Alasan lainnya yang membuat peluang usaha laundry sepatu ini masih sangat prospektif adalah banyak yang berminat dengan sepatu mahal branded dimana satu buahnya di banderol dengan harga jutaan sampai dengan ratusan juta rupiah.

Dengan mengeluarkan budget yang mahal untuk pembelian sepatu tersebut banyak yang kemudian berhati-hati dalam menggunakan barang-barang tersebut. Contoh sepatu branded dan banyak peminat adalah keluaran brand Nike, Adidas, Vans, Asics, Andrew, dan lain sebagainya. Karena masing-masing sepatu ini memiliki karakteristik tersendiri maka banyak yang mempercayakannya kepada jasa laundry untuk melakukan perawatan tersebut.

Modal Awal

Tidak hanya peluang usaha laundry sepatu saja yang wajib untuk Anda ketahui namun analisa usahanya pun juga wajib diketahui. Salah satu analisa usaha yang wajib untuk Anda ketahui adalah modal awal. Modal awal menjadi biaya yang Anda keluarkan untuk pertama kalinya. Untuk laundry sepatu ini modal awal yang harus dikeluarkan tidak sebesar dengan laundry pakaian. Anda tidak harus membeli mesin cuci karena pencucian banyak dilakukan dengan manual. Biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih 3 juta rupiah dimana dengan modal itu Anda bisa membeli peralatan aneka macam sikat dan handuk. Tidak hanya itu saja namun Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk branding seperti spanduk, banner, brosur, dan lainnya.

Operasional

Semakin ramai bisnis laundry yang Anda geluti tersebut maka semakin besar biaya operasional yang haru Anda keluarkan.  Biaya operasional yang harus Anda keluarkan sebulan kurang lebih 5 juta rupiah dimana biaya ini digunakan untuk biaya air dan listrik, pembelian shampoo untuk sepatu, dan bahan perawatan lainnya. Yang terakhir adalah biaya promosi dan juga sewa tempat. Untuk pemula Anda tidak perlu mempekerjakan karyawan terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan tenaga Anda untuk laundry sepatu tersebut.  Jika sudah semakin ramai Anda baru mempekerjakan karyawan karena tidak bisa melakukan berbagai macam pekerjaan sendiri.

Keuntungan

Peluang Bisnis Laundry Sepatu

Hal yang menarik dibahas dari peluang usaha laundry sepatu adalah keuntungan usahanya. Semakin banyak yang laundry sepatu di tempat Anda akan semakin banyak pendapatan yang akan didapatkan. Untuk menawarkan jasa ini Anda harus memberikan harga kompetitif, jangan terlalu mahal dan terlalu murah. Untuk biaya tergantung dengan kesulitannya semakin sulit perawatan dan pembersihannya maka biaya jasa semakin mahal. Untuk biaya jasa laundry ini variatif mulai dari 25 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah per pasang.

Untuk analisa keuntungan usaha laundry sepatu dengan mengalikan jumlah sepatu yang di laundry dengan biaya. Misalnya dalam sehari Anda bisa me laundry sepatu 20 pasang dimana biayanya sebesar 35 ribu rupiah maka dalam sehari penghasilan Anda sebesar 700 ribu rupiah. Dalam sebulan penghasilan Anda sebesar 21 juta rupiah. Kentungan bersihnya adalah 16 juta rupiah.

Memulai Bisnis

Risiko dari bisnis laundry ini sama dengan baju dimana jika terjadi kerusakan Anda harus menanggung sekian persen dari harga barang yang rusak tersebut saat ini. Agar hal itu tidak terjadi Anda harus tahu cara memulai dan menjalankan bisnis laundry sepatu ini seperti berikut ini:

  1. Pengetahuan merawat sepatu

Pemilik laundry sepatu banyak yang memiliki latar belakang sebagai seorang kolektor sepatu. Dengan latar belakang tersebut akan memiliki wawasan yang luas tentang bagaimana merawat sepatu yang baik dan benar. Untuk perawatan sepatu ini juga bisa dipelajari, sehingga jangan pernah ragu dalam mencari informasi atau mengikuti kursus shoe cleaning yang bermanfaat untuk Anda.

  1. Bahan dan alat yang sesuai

Alat dan pembersih yang digunakan tidak boleh sembarangan. Salah dalam memilih bahan dan alat untuk pembersihan sepatu akan berisiko kerusakan dan kecacatan sepatu. Selain itu pembersihan otomatis sebaiknya dihindari karena tidak semua sepatu bisa menggunakan mesin otomatis.

  1. Pemasaran

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Dalam sebuah bisnis pemasaran adalah elemen yang berperan dalam mencapai target komersial seperti yang diharapkan. Hal ini berlaku untuk semua jenis bisnis. Pemasaran bisa dilakukan dengan cara online maupun offline. Hasil bisnis tidak akan maksimal jika tidak tahu bagaimana melakukan pemasaran yang efektif dan efisien.

Demikianlah peluang usaha laundry sepatu dan analisa usahanya yang menarik untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Peluang Usaha Laundry Sepatu Branded dan Non Branded Potensial | Malik | 4.5
error: Content is protected !!