Peluang Usaha Keripik Singkong yang Potensial dan Analisa Usahanya

Peluang usaha keripik singkong – Singkong merupakan makanan dengan karbohidrat tinggi. Singkong ini banyak ditanam di pegunungan maupun di pedesaan, dulunya singkong hanya dijadikan sebagai pengganti nasi, namun lambat laun banyak yang mengolah singkong menjadi aneka pangan lainnya. Hasil panen dari singkong pun sangat melimpah sehingga bahan baku singkong ini tidak akan pernah habis dan selalu tersedia. Anda bisa menjadikan peluang ini sebagai ide bisnis yang potensial, selain Anda mudah untuk mendapatkan bahan baku, Anda bisa berkreasi dengan membuat berbagai macam masakan seperti singkong Thailand, tela-tela, brownies ketela, donat ketela, dan keripik singkong.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang peluang usaha keripik singkong. Yang dimaksud dengan keripik singkong adalah singkong yang sudah bersih, di iris tipis kemudian direndam bumbu agar lebih gurih, setelah itu digoreng dengan tingkat kematangan tertentu. Setelah itu singkong yang telah di goreng akan dikeringkan dengan mengurangi minyak yang ada pada keripik tersebut sekaligus membuatnya lebih garing.

Analisa Usaha Keripik Singkong

Usaha Keripik Singkong

Usaha Keripik Singkong

Membicarakan peluang usaha keripik singkong ini tidak akan lengkap jika tidak membahas analisa usahanya. Simak analisa usaha keripik singkong yang wajib untuk diketahui berikut ini:

  1. Modal awal

Untuk modal awal menggeluti bisnis keripik singkong ini kurang lebih 5 juta rupiah dimana dengan modal ini Anda bisa membeli pengiris singkong otomatis, kompor, gas, wajan, piring, pisau, etalase, mesin pengering minyak, meja kursi, dan juga peralatan tambahan lainnya. Untuk pengeluaran modal ini cukup sekali saja dimana Anda harus mengeluarkannya lagi jika sudah rusak dan tidak bisa dipakai kembali.

  1. Biaya operasional

Yang namanya bisnis pasti ada biaya operasional. Semakin besar skala bisnis Anda maka biaya operasional yang harus Anda keluarkan juga semakin besar. Dalam sehari Anda bisa mengeluarkan budget kurang lebih 170 ribu untuk produksi keripik singkong. Biaya tersebut digunakan untuk pengemas, pembelian minyak, bumbu, gas, singkong, dan sewa tempat.

  1. Estimasi pendapatan

Membahas tentang peluang usaha keripik singkong tidak akan lengkap jika tidak tahu keuntungan yang didapatkan. Semakin banyak yang menyukai keripik singkong Anda maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Untuk analisa keuntungan usaha keripik singkong ini bisa dengan mengalikan jumlah keripik yang terjual dengan harga jual keripik singkong itu sendiri. Misalnya dalam sehari Anda bisa menjual 40 bungkus dimana per bungkusnya di banderol dengan harga 6 ribu rupiah. Dalam sehari pendapatan Anda adalah 240 ribu rupiah. Keuntungan bersih yang didapatkan 70 ribu rupiah dimana hasil ini didapatkan dari pendapatan dikurangi biaya operasional. Dalam sebulan pendapatan yang akan Anda dapatkan sebesar 2,1 juta rupiah.

Jika biaya operasional lebih besar dibandingkan dengan pendapatan itu tandanya ada yang salah dengan bisnis Anda sehingga perlu diperbaiki dan di evaluasi agar tidak bangkrut. Semakin besar penjualannya maka semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan.  Minimal Anda harus bisa mempertahankan performa penjualan agar keuangan bisnis tetap sehat.

Target Pasar

Target Pasar

Target Pasar

Meski peluang usaha keripik singkong ini masih terbuka dengan lebar, ada baiknya jika Anda mengetahui target pasar. Dengan mengetahui target pasar Anda akan mudah menjalankan bisnis Anda dengan baik terutama dalam hal promosi. Target pasar dari keripik singkong cukup luas mulai dari anak remaja sampai dengan orang tua. Jika target Anda adalah anak remaja maka ada baiknya memberikan harga yang kompetitif karena mereka masih belum bisa menghasilkan uang sendiri dimana masih banyak yang menggantungkan dari pemberian kedua orang tua.  Jika target pasar adalah orang dewasa Anda bisa memberikan harga yang sedikit mahal karena target sudah memiliki penghasilan sendiri.

Memulai Bisnis Keripik Singkong

Untuk bisa menggeluti bisnis ini dengan lancar, Anda harus tahu bagaimana cara memulai bisnis keripik singkong yang baik dan benar seperti berikut ini:

  1. Mengenali jenis singkong

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengenali jenis singkong. Jenis singkong ini bermacam-macam dan tidak semua jenis singkong cocok untuk dijadikan keripik. Tidak hanya itu saja, ada baiknya jika Anda mengenali mana singkong yang kondisinya bagus dan tidak bagus. Untuk singkong yang sudah tidak bagus warnanya akan kecokelatan dan yang masih bagus putih bersih.

  1. Produk

Buat produk menarik misalnya keripik singkong pedas, singkong aneka bumbu, dan original. Setelah itu pelajari bagaimana membuat keripik singkong yang renyah dan memiliki rasa yang lezat.

  1. Branding

Branding ini artinya mengenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas. Semakin gencar branding yang Anda lakukan maka semakin bagus untuk bisnis Anda. Untuk melakukan branding ini Anda harus membuat kemasan yang bagus. Dari kemasan ini masyarakat akan semakin tertarik untuk mencicipi produk Anda. Kemasan ala kadarnya hanya akan membuat citra produk Anda buruk sehingga masyarakat kurang tertarik.

  1. Promosi dan pemasaran

Cara terakhir promosi dan pemasaran.  Untuk melakukan promosi Anda bisa memanfaatkan sosial media, tidak hanya itu saja Anda juga bisa memasarkannya dengan menitipkannya di warung atau kantin sekolahan.

Peluang usaha keripik singkong masih terbuka dengan luas sehingga jika Anda tahu bagaimana cara memulai dan menggeluti bisnis ini dengan benar, kesuksesan akan bisa Anda dapatkan.

Peluang Usaha Keripik Singkong yang Potensial dan Analisa Usahanya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!