Intip Peluang Usaha Gorengan dan Keuntungannya

Peluang usaha gorengan – Siapa yang tidak menyukai gorengan, hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan. Rasanya yang gurih sangat pas dimakan selagi hangat, membuat gorengan ini banyak diminati. Sesuai dengan namanya gorengan adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung. Tidak hanya itu saja gorengan juga ditambahkan dengan berbagai macam bahan tergantung jenis gorengan apa yang ingin dibuat. Jika ingin membuat mendoan maka adonan tepung tersebut ditambahkan dengan tempe. Selain tempe mendoan, ada juga bakwan tahu, bakwan biasa, bakwan jagung, nanas goreng, nangka goreng, dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Usaha Gorengan

Usaha Gorengan

Usaha Gorengan

Diperkirakan peluang usaha gorengan akan tetap terbuka dengan lebar dan menjadi bisnis yang prospektif. Yang membuat bisnis gorengan tetap menggiurkan untuk digeluti adalah tersedia berbagai macam jenis yang bisa disesuaikan dengan cita rasa dan selera masing-masing masyarakat Indonesia. Selain itu gorengan ini memiliki harga yang murah sehingga bisa menjangkau semua lapisan masyarakat mulai dari bawah sampai dengan kalangan atas.

Peluang usaha gorengan menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan karena disukai oleh sema usia.  Tidak hanya orang tua yang menyukai gorengan ini namun juga anak-anak. Gorengan juga cocok untuk semua acara sehingga daya jual dari gorengan ini cukup tinggi. Setiap tahunnya peminat dari gorengan meningkat sehingga bisnis ini sangat prospektif dijalani.

Analisa Usaha Gorengan

Mengetahui peluang usaha gorengan tidak akan lengkap jika tidak tahu analisa usahanya. Hal itu dikarenakan di dalam analisa usaha ini Anda akan mengetahui berapa besaran modal yang harus dikeluarkan. Untuk menggeluti bisnis ini Anda tidak memerlukan modal besar sehingga cocok bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis dengan modal kecil. Untuk menggeluti bisnis gorengan ini Anda harus mengeluarkan budget kurang lebih 2,4 juta rupiah, dengan modal itu Anda bisa membeli etalase atau gerobak, wajan penggorengan, peralatan penggorengan, panci, kompor dan gas, wadah, kursi, nampan dan serbet, serta berbagai perlengkapan yang lainnya.

Analisa usaha gorengan

Analisa usaha gorengan

Tidak hanya modal awal saja yang harus diperhatikan namun Anda juga harus memperhatikan biaya operasionalnya. Semakin banyak gorengan yang Anda buat maka semakin banyak biaya operasional yang dikeluarkan. Untuk biaya operasional gorengan ini Anda harus mengeluarkan budget kurang lebih 400 ribu rupiah dimana dengan biaya ini Anda bisa membeli bumbu, gula pasir, telur, minyak, tahu putih, pisang raja, aneka isian sayuran, cabai, gas LPG, sewa tempat, air listrik, dan lain sebagainya.

Pendapatan Per Bulan

Analisa keuntungan usaha gorengan ini sangat menggiurkan karena gorengan tidak hanya cocok di santap saat musim dingin namun saat cuaca panas pun gorengan cocok disantap bersama dengan teman atau keluarga.  Untuk menghitung keuntungan usaha ini Anda bisa mengalikan jumlah gorengan yang terjual dengan harga jual. Misalnya saja adalah satu porsi gorengan Anda jual dengan harga 2 ribu rupiah. Jika dalam sehari Anda bisa menjual 300 porsi gorengan maka dalam sehari Anda bisa mendapatkan bruto 600 ribu rupiah.

Satu porsi gorengan tersebut berisi 3 buah gorengan yang sama atau berbeda, sedangkan untuk pisang goreng, nanas goreng, dan nangka goreng, satu buahnya dijual dengan harga seribu sampai dengan dua ribu rupiah karena bahan baku yang cukup mahal. Untuk penghasilan bersihnya adalah 200 ribu rupiah dimana bruto dikurangi dengan biaya operasional. Untuk satu bulan penghasilan bersih yang didapatkan 200 ribu x 30 = 6 juta rupiah, sangat menggiurkan bukan?

Hambatan

Tidak hanya peluang usaha gorengan yang wajib untuk Anda ketahui namun hambatan dari bisnis ini juga harus diperhatikan dengan baik. Hambatan yang pertama adalah persaingan yang ketat dimana banyak yang menggeluti bisnis gorengan ini, selain itu bahan dari gorengan ini pun mudah basi sehingga hanya sekali pakai saja. Jika sepi pembeli Anda tidak bisa menjual kembali bahan-bahan tersebut sehingga tidak bisa dijadikan rupiah. Hambatan terakhir adalah harga bahan baku yang fluktuatif, saat harga bahan baku naik maka akan berdampak pada penghasilan Anda dan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Cara Memulai Bisnis

Untuk bisa menggeluti bisnis gorengan ini Anda harus menemukan lokasi yang strategis yang mudah dijangkau oleh konsumen Anda. Selain itu Anda harus tahu siapa yang menjadi target konsumen. Tidak sulit untuk menarik konsumen usaha gorengan karena hampir semua orang menyukainya. Meski begitu Anda harus bisa menyesuaikan harga gorengan tersebut dengan konsumen Anda. Jika targetnya pelajar maka gorengan harus di banderol dengan harga terjangkau, sedangkan untuk orang dewasa Anda bisa memberikan harga yang lebih mahal.

Agar banyak konsumen yang puas dengan gorengan Anda penting untuk menjaga kualitas bahan baku dan juga minyak untuk menggoreng gorengan tersebut. Jangan menggunakan minyak yang sudah hitam berkali-kali. Akan lebih baik jika made by order dimana gorengan digoreng ketika ada pesanan atau pembeli, kemudian sedikit produk saja yang dijadikan sebagai sampel.

Demikianlah peluang usaha gorengan dan analisa usahanya terlengkap, semoga informasi ini bermanfaat.

Intip Peluang Usaha Gorengan dan Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!